Ssstt, ternyata kita bisa lho membuat Indonesia menjadi lebih baik dengan cara berikut ini!

Membuat Indonesia Lebih Baik

Rasanya tak akan ada habisnya jika membahas kisruh di negeri ini. Ada-ada saja headline menghebohkan di media. Indonesia seperti tak pernah kehabisan kasus untuk ditampilkan. Gemas rasanya melihat berita yang berseliweran di layar kaca.

Sebagai anak muda, kamu tentu merasakan keprihatinan yang mendalam. Sebagai generasi yang berbakti pada nusa dan bangsa, kamu tentunya ingin membantu mengatasi masalah negeri ini. Di sisi lain, kamu berkecil hati karena Indonesia terlalu besar dan terlalu kompleks untuk diperbaiki. Kabar baiknya, ternyata kita bisa membuat Indonesia menjadi lebih haik dengan hal-hal sederhana berikut ini.

Tidak mengeluh dan harus bersyukur setiap harinya.

Bersyukur untuk hidup lebih baik

Sumber : Vemale.com

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ialah tidak mengeluh dan harus selalu bersyukur setiap harinya. Bersyukur masih bisa bangun dan melihat mentari. Bersyukur Senin harus masuk kerja. Bersyukur karena masih bisa mendengarkan teguran dari atasan. Bersyukur karena tahu rasanya gaji menipis di akhir bulan. Bersyukur karena mendapatkan banyak tugas dari dosen.

Nasihat ini sebenarnya nasihat klasik. Namun pada praktiknya susah untuk dilakukan. Keluhan secara spontan muncul ketika keadaan yang ada tidak sesuai dengan harapan. Bayangkan jika setiap individu di Indonesia terus mengeluh. Indonesia menjadi tempat tinggal sekumpulan manusia yang berkeluh-kesah. Mengerikan bukan?

Nah jika ingin Indonesia lebih maju, ganti keluhan dengan energi positif lainnya seperti bersyukur dan optimisme. Niscaya Indonesia akan dipenuhi orang-orang yang percaya akan perubahan yang lebih baik.

Hindari menyebarkan berita hoax yang menimbulkan kontroversi.

Hoax berasal dari bahasa Inggris yang artinya berita palsu. Tidak semua informasi yang kita terima merupakan informasi yang benar. Beberapa di antaranya sengaja dibuat oleh oknum tidak bertanggungjawab untuk memecah belah persatuan bangsa. Untuk kepentingan pribadi atau golongan tertentu.

Agar lebih amannya, usahakan untuk tidak menyebarkan informasi apapun yang bersifat negatif. Informasi positif jauh lebih baik dibanding informasi yang belum jelas kebenarannya.

Belilah kebutuhan sehari-hari dari warung kelontong di dekat rumah untuk membantu memajukan perekonomian Indonesia.

Indonesia merupakan negara dengan tingkat pendapatan menengah-rendah di dunia. Kita kalah jauh dibanding negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Malaysia dan Singapura tergolong sebagai negara berpendapatan menengah-tinggi. Tingkat kemiskinan dan pengangguran di Indonesia juga tergolong tinggi.

Kita sering menyalahkan Pemerintah karena kebijakan yang salah dan korupsi. Tapi tak sadarkah bahwa pola konsumsi masyarakat ternyata berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia? Kebiasaan masyarakat Indonesia yang lebih senang belanja di supermarket ketimbang di pasar tradisional ialah salah satunya.

Langkah kecil tapi berdampak luar biasa yang bisa dilakukan yaitu mengurangi belanja di supermarket. Mulailah membeli kebutuhan sehari-hari di pasar tradisional atau di warung kelontong dekat rumah.

Ingin rupiah menguat? Gunakan produk-produk dalam negeri.

Kerajinan Songket - Batik Indonesia

Sumber : Asliunik.com

Bukan rahasia lagi mata uang Indonesia termasuk mata uang yang lemah di dunia. Posisinya terhadap mata uang lain rentan sekali mengalami penurunan nilai. Seperti yang terjadi akhir-akhir ini, diberitakan bahwa mata uang rupiah hampir menembus angka Rp15.000 per satu dolar AS.

Banyak rakyat protes dan marah. Banyak yang belum memahami ternyata kebijakan kurs tidak hanya dikendalikan pemerintah saja. Kita juga bisa menjadi penentu menguat dan melemahnya rupiah.

Wow? Bagaimana mungkin?

Tahukah kamu salah satu faktor yang mempengaruhi melemah dan menguatnya rupiah ialah kegiatan ekspor dan impor? Semakin banyak impor, rupiah semakin lemah. Semakin banyak ekspor, rupiah semakin kuat.

Ingin rupiah menguat? Kurangi penggunaan produk-produk impor, ganti dengan produk dalam negeri. Bayangkan jika 240 juta orang Indonesia menggunakan produk dalam negeri, betapa kuatnya rupiah kita.

Tetap optimis dan percaya pada Pemerintah bahwa mereka sedang bekerja sebaik mungkin.

Selalu Berpikiran Positif

Sumber : Pixabay

Salah satu tugas warga negara yang baik ialah memberikan kepercayaan pada pemerintah untuk menjalankan tugas-tugasnya. Lebih baik lagi, jika membantu meringankan tugas mereka untuk menciptakan Indonesia yang lebih baik. Seperti kasus kurs di atas, tidak semuanya kok salah pemerintah. Jangan malah merongrong dan menebarkan fitnah. Pemerintah itu juga bagian dari kita lho.

Mewujudkan negara yang maju bukanlah hal yang mudah. negara-negara seperti Amerika Serikat dan Inggris membutuhkan waktu ratusan tahun untuk bisa semaju sekarang. Jadi, tetap optimis mereka sedang berusaha melakukan yang terbaik untuk negeri ini.

Demonstrasi boleh saja asal tidak ikut-ikutan dan dilakukan dengan cara yang sehat.

Demo BBM Naik

Sumber : Tempo

Demonstrasi ialah salah satu bentuk kegiatan menyuarakan pendapat. Statusnya legal di Indonesia. Sebagai salah satu negara demokrasi, Indonesia mengizinkan demonstrasi. Namun hendaknya, izin yang diberikan tidak disalah-kaprahkan dengan seenaknya.

Demonstrasi yang dilakukan harus berlangsung secara sehat dan sesuai aturan yang berlaku. Fungsinya ialah sebagai sarana rakyat menyampaikan aspirasi kepada Pemerintah. Sayangnya makna demonstrasi di Indonesia menjadi negatif karena ulah beberapa oknum. Ritual suci ini menjadi ternoda dan identik dengan kekerasan.

Tugas yang berat ada di pundak kita, untuk mengembalikan makna demokrasi menjadi suci seperti sediakala. Jika demonstrasi dilakukan dengan cara yang sehat dan kreatif, pemerintah tentu senang mendengar aspirasi dari rakyatnya.

Memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan belajar dan belajar.

Belajar Untuk Indonesia Lebih Baik

Sumber : Pixabay.com

Mumpung dianugerahi kesehatan yang tak terkira, gunakan kesempatan yang ada untuk belajar. Belajar apapun yang disukai dan yang positif tentunya. Belajar nggak ada ruginya kok. Bahkan katanya, investasi terbaik ialah investasi pendidikan pada diri sendiri.

Negara merupakan sekumpulan keluarga-keluarga kecil yang tergabung menjadi satu. Semuanya bisa dimulai dari diri sendiri dan keluarga. Semakin banyak keluarga yang bahagia, semakin cepat Indonesia maju. Jika keluarga Wovger sudah maju, perhatikan lingkungan sekitar, mungkin ada tetangga yang membutuhkan uluran tangan.

Jadi, tetap optimis dan percaya bahwa Indonesia bisa lebih baik pada waktunya nanti.

Credit foto utama : www.escunited.com