Terlambat menerima uang bulanan? Sementara harus ‘survive’ dengan isi dompet yang terbatas? Beberapa tips berikut mungkin bisa membantu

Uang bulanan

Siapa pun tahu, menjadi pelajar yang hidup di perantauan adalah hal yang mengharuskan tiap individu untuk mengamalkan konsep berdikari. Selain harus sudah bisa mencuci baju sendiri, Wovger juga harus pandai-pandai menghemat pengeluaran uang bulanan.

Agar hidup bisa terus berlanjut, uang kirimian yang Wovger terima di awal bulan haruslah digunakan dengan bijak dan tepat sasaran. Selain itu, Wovger juga harus cerdik memanfaatkan tiap barang yang ada agar uang tidak cepat habis atau berakhir sia-sia.

Nah, atas nama “Sistem Penghematan” yang sudah dicanangkan ibu/bapak di rumah, Wovger yang sekarang lagi nge-kost – yang sekarang hidup sebagai anak kost – bisa melakukan beberapa tips dari Wovgo di bawah ini. Apa saja itu? Ini dia …

Segera pergi ke kamar mandi, dan letakkan botol shampoo atau sabun cair dengan posisi terbalik.

botol shampoo terbalik

Setelah posisi botol shampoo dibalik, rata-rata pemakaian masih bisa sampai 2-3 kali, lumayan kan? (Foto : kalam-cinta-linda.blogspot.co.uk)

Kok gitu? Dengan menerapkan hukum gravitasi, hal tersebut bisa membantu mengeluarkan seluruh isi botol yang masih ada di bagain dasar.

Tips ini bisa dilakukan saat Woger menyadari bahwa barang-barang tersebut sudah mulai habis.

Dijamin, semua isi yang ada di dalamnya akan keluar secara tuntas dan tak harus buru-buru ke warung atau minimarket untuk membelinya lagi. Jadi, uang belanja Wovger bisa lebih hemat, kan?

Sudah membalik botol shampoo atau sabun cair, tapi isinya nggak mau keluar lagi? Lakukan tips kecil ini!

Biasanya, peralatan mandi seperti sikat gigi, shampoo atau sabun yang terlihat sudah habis atau mengecil langsung dibuang. Eiitss, jangan dulu.

Misalnya shampoo, nggak ada salahnya juga kan Wovger isi ulang dengan air. Yup, diisi pakai air biasa, ambil aja dari bak mandi. Tapi jangan penuh-penuh, ya. Cukup 10 ml aja – dikira-kira aja, yang penting jangan banyak-banyak.

Setelah itu, kocok dan siram ke rambut. Jika Wovger beruntung, wanginya masih ada, kok. Terus, masih bisa ngeluarin busa.

pasta gigi habis

(Foto : pixabay.com)

Atau sikat gigi yang terlihat tipis atau gepeng juga masih bisa digunakan. Wovger  tinggal melipat bagian ujung pasta gigi, dan dengan sendirinya, isi pasta gigi akan keluar. Dengan cara ini Wovger bisa sedikit lebih hemat deh.

Rol deodorant sudah kering? Eits, jangan langsung di buang!

Kian maraknya kebutuhan hidup menuntut Wovger harus pandai-pandai berhemat supaya biaya pengeluaran tidak melambung. Salah satunya penggunaan deodorant. Nah, biar belanja deodorant tidak terlalu sering, Wovger bisa lebih meng-explore barang ini dengan semaksimal mungkin.

Bagaimana caranya?

Cobalah untuk mencongkel bagian rol di atas deodorant, setelah itu ambil cairan yang ada di dalamnya. Oleskan di bagian tubuh Wovger yang memang membutuhkan, yaitu … tahu sendiri kan, yang jelas bukan hidung.

Jangan pakai sabun cair, pilihlah yang batangan aja.

sabun batang

Sabun batang lebih hemat, dibanding sabun cair. (Foto : nationalgeographic.co.id)

Agnes Monica pun tahu, mandi  merupakan kebutuhkan primer bagi umat manusia di seluruh penjuru bumi, maka memilih sabun adalah hal yang harus Wovger lakukan.

Jangan terbawa iklan-iklan sabun cair di televisi yang harganya selangit itu, sebab memakai sabun batangan sebenarnya jauh lebih menguntungkan bagi anak kost macam Wovger.

Percaya deh, sabun batang nggak kalah ampuh dalam membasmi bakteri merugikan di tubuh Wovger, kok. Selain itu, wanginya juga bervariasi dan tentu saja… ya murah!

Jangan langsung panik ketika perut Wovger keroncongan sementara dompet lagi goyang ngap-ngapan. Masak ini aja …

Wovger bisa menyiasati hal tersebut dengan mencampur tepung terigu bersama beberapa butir telur. Nah, Wovger dapat deh tuh satu porsi jumbo omelet yang akan bertahan satu hari.

Kok gitu? Bukannya malah tambah mahal ya? Nggak, kok. Kan bukan hanya soal alat-alat pribadi yang bisa diirit, makanan pun bisa. Caranya adalah dengan mengolah beberapa butir telur dan mencampurnya bersama tepung terigu.

Ini resep anak kost banget!

Prinsip dasar pembuatannya sama seperti Wovger membuat omelet.

Nah, Wovger juga bisa menambahkan irisan sayur atau apa pun saja yang dirasa cocok sebagai teman satu piring.

Setelah itu, goreng deh.

Ingat, tunggu warnanya sampai berubah kecoklataan ya.

Kenapa harus cokelat?

Ya, emang gitu resep dari sananya.

Nah, telur yang disiasati dengan cara ini memiliki ukuran yang lebih besar dari telur dadar biasa. Selain itu, Wovger juga bisa membaginya untuk beberapa kali makan. Toh, sampai malam pun, resep andalan anak kost ini masih enak menggoyang lidah, kok. – Jauh lebih baik daripada beli yang sachetan terus di seduh dengan air hangat, mie yang dimasukkan ke dalam gelas, atau obat maag.

Dengan menjalani hidup di tanah rantau memang memerlukan level survive tinggi. Keterbatasan uang bulanan yang diterima Wovger jangan sampai membuat Wovger pusing tujuh keliling.

Beberapa tips yang Wovgo uraikan di atas, bisa segera diterapkan.

Credit foto utama : muhalfi.wordpress.com