Nggak cuma dapat uang, bisnis kecil-kecilan ini bisa hilangin kejenuhanmu terhadap skripsi

jenuh skripsi

Sesekali Wovger perlu coba hal-hal kecil yang mampu memberi dampak besar. Segala sesuatunya patut di coba untuk mencapai tujuan besar. Salah satunya ‘ingin cepet lulus kuliah‘.

Kamu pasti ingin skripsi kelar, maka usaha kamu harus bener-bener dari segala sudut, jangan yang itu-itu aja.

Ngetik – Kumpulin – Konsul – Revisi – terus Mentok – terus Marah-marah – terus Nyalahin dosen – terus Mogok skripsi.

Pliss deh…dosen nggak salah, kitanya aja yang nggak mau pake cara lain buat usaha.

Nah, agar cita-citamu untuk lulus kuliah bisa segera terwujud, dan kamu juga bisa memperoleh beberapa hal baru, nggak muter-muter terus sama yang namanya skripsi, beberapa bisnis kecil berikut ini bisa dicoba.

Coba bisnis catering sempro.

Ketika kita lihat satu-persatu temen kita sudah melakukan ujian seminar proposal alias sempro kita masih tetep di situ-situ aja. Bergelut dengan Bab satu. Nyeseknya minta ampun.

Tapi seiring berjalannya waktu, mata kita semakin terbuka bahwa ketika ikut nongkrong sempro ada peluang bisnis di dalamnya.

Yuupp! Peluang catering.

Seminar proposal pasti dilihat banyak mahasiswa kan?

Butuh banyak nasi kotak atau kue kan?

Sembari mencari inspirasi buat skripsi, kamu bisa membuka jasa catering kampus delivery, untuk melayani mahasiswa tingkat akhir yang mau sempro atau kompre.

Benefit yang bisa diperoleh banyak banget! Sistem kerja fleksibel, kamu bergerak kalo ada orderan aja.

Bisa jadi catering kamu lebih terkenal dibanding skripsi kamu.

Kalau kamu malas ikutan proses sempronya karena ngebosenin, bisnis catering kampus ini bisa jadi motivasi kamu karena kamu tau, selain dapet ilmu kamu juga dapet duit.

Dan tidak menutup kemungkinan, pergaulan kamu lebih luas hingga ke dosen-dosen karena dosen tau kalau kamu bukan sekedar mahasiswa tingkat akhir, kamu memiliki daya juang tinggi. Sehingga dosenmu jadi salut dan cepet di ACC. Dan siapa tau juga ketika ada rapat dosen nasi kotak kamu di order.

Entrepreneur sejati!

Buka bisnis ojek online atau ojek kecil-kecilan di kampus.

ojek online

(Foto : liputan6.com)

Walaupun tak sebesar layanan ojek jaket ijo yang lagi hit banget itu, tapi kamu bisa bikin jasa ojek ini dengan geng skripsi galau kamu, untuk sekedar menghilangkan penat terhadap skripsi, dapet fresh money lagi.

Gerakin media sosial – seperti BBM atau WA – motor kamu dan tak lupa kegantengan atau kecantikan kamu biar maba-maba pada baper naik ojekmu.

Cukup skala kampus aja pasti banyak orderan, yakinlah beberapa fakultas memiliki titik terlemah untuk kaki berjalan.

Ya!

Jarak antar fakultas yang lumayan jauh bikin kaki gempor.

Apalagi momen ospek! Akan ada peraturan ‘maba dilarang bawa motor masuk kampus’.

Jadi, manfaatkan peluang ini.

Selain ngilangin penat bisa dijadikan ajang modus dengan membuka link pertemanan antar mahasiswa beda fakultas yang bisa memunculkan inspirasi skripsi kamu. Seru kan!

Bantuin teman yang sudah lulus untuk jual prabotan bekas kost-nya.

Nah, teman-teman kamu yang sudah lulus duluan pasti punya beberapa prabotan kost yang nggak bakal di bawa balik lagi ke kampung halaman. Misalnya saja seperti lemari, meja besar, atau kursi – atau seperti AC, Lemari Es, Mesin Cuci, atau Kompor.

Nah, daripada di buang sayang, mending di tawarin aja ke maba-maba atau di jual via online. Kamu sebagai perantaranya, nanti hasilnya bisa di bagi sesuai dengan perjanjian.

Lumayan kan, cuma modal omong doang bisa dapet untung.

Skrispsi memang susah, tapi bukan penghalang kita untuk berbisnis dan berkembang. Semoga bermanfaat!

Credit foto utama : careernews.id