Seberapa kepo-kah kamu dengan pasanganmu? Yakin sudah kepoin akun-akun ini?

Kepo

Kepo berasal dari ‘knowing every particular object’ yang artinya mengetahui semua hal kecil-besar dari seseorang atau sesuatu. Nah biasanya, ketika masih zaman-zaman PDKT, kita terbiasa kepo maksimal terhadap si (calon) gebetan. Kita dengan sukarela menjadi satpam dari akun media sosial mereka. Langsung sigap jika ada update terbaru.

“Wah, penulisnya hapal banget ya?”

“Iya dong. Kan, pengalaman.”

Namun semuanya tak lagi sama jika status gebetan berubah jadi pacaran. Kegiatan kepo terhadap pasangan jadi berkurang karena sudah saling percaya satu sama lain. Orang yang dikepoin pun berubah. Selanjutnya jadi lebih sering kepoin akun ‘Mario Teguh’ agar hari-hari menjadi indah dan lebih berwarna penuh semangat.

Meskipun intensitas ngepoin pasangan berkurang, namun ada yang tetap perlu diantisipasi loh. Bukannya bermaksud curiga, hanya waspada. Dan waspada itu perlu. Selain SMS dan aplikasi messenger, hal-hal di bawah ini perlu juga sesekali kamu cek. Delapan akun rahasia ini bisa membawamu menuju mutiara informasi yang sangat berharga!

1. History browser.

History Browser

Urutan pertama dari kesemuanya. History browser memuat keseluruhan aktivitas browsing seseorang di dunia maya. Apapun yang ia cari, baca, dan lakukan, terekam semua di sini. Penasaran nggak sih hal-hal apa aja yang di-browsing oleh pasanganmu? Dari sini, kamu bisa tahu apa saja yang ia lakukan jika kamu tidak di sampingnya.

Bagaimana caranya? Caranya gampang banget. Buka menu Setting (Pengaturan) di browser lalu pilih menu history (riwayat). Atau untuk beberapa browser, biasanya menyediakan menu history secara langsung. Atau gunakan CTRL+H.

2. Google Drive.

Google Drive

Pernah denger tentang Google Drive? Google Drive memiliki fungsi sebagai disk dari komputer namun sifatnya online. Pengguna bisa menyimpan file di Google Drive secara online ini hingga 15 GB.

Jika pasanganmu memiliki akun Google, patut diintip pula apa sih kira-kira file-file yang disimpan di Google Drive-nya?

Bagaimana cara mengeceknya? Cukup log in di akun Google, lalu ke Gmail seperti biasa. Setelah log in, ketik drive.google.com. Tadaaaa! Temukan kejutannya.

3. Instagram Direct.

Instagram direct.

Pasti dia berkirim pesan lewat sini!

Fungsi Instagram tidak hanya sebagai jejaring sosial berbasis foto. Ia juga bisa berfungsi sebagai media untuk berkirim pesan layaknya aplikasi chat dan messenger pada umumnya. Nama fitur chat di Instagram disebut Instagram Direct. Melalui Insagram Direct, sesama pengguna bisa saling berkirim pesan.

Baca Juga : Sama seperti hidup bersosial, menggunakan Instagram juga ada etikanya lho

Cara mengeceknya, buka akun Instagram. Di menu Home, tekan icon berbentuk persegi di sudut kanan atas. Voila, kamu sudah menuju Instagram Direct.

4. Facebook arsip.

Facebook arsip

Jika kepo Facebook messenger pasangan sudah terlalu biasa, sesekali coba kepo Facebook messenger arsipnya. Pesan yang ditandai sebagai arsip tidak akan muncul di jendela utama Facebook messenger. Pesan yang diarsipkan hanya bisa dibuka via Facebook chat di jendela browser.

5. Foto yang disukai di Instagram.

Instagram like

Untuk mengetahui foto apa saja yang sudah di-love.

Tidak ada makhluk yang sangat sensitif dibandingkan wanita. Wahai para pria yang sudah mempunyai pasangan, jangan sembarangan menyukai foto atau posting wanita lain jika tidak ingin hidupmu terancam. Wahai para wanita, kurang-kuranginlah cemburuannya, para pria itu tidak macam-macam kok.

Tapi ya memang perlu diwaspadai sih. Cek juga berbagai foto yang ia sukai di Instagram. Caranya pilih menu profile lalu klik tanda titik tiga di sudut kanan atas. Geser ke bawah dan klik ‘Kiriman yang Anda Sukai’.

6. Whatsapp Call.

Telpon mantan

Telpon mantan pakai WA.

Whatsapp kini semakin menggantikan peran telepon genggam. Selain bisa digunakan berkirim pesan, bisa juga digunakan untuk melakukan dan menerima panggilan. Fitur ini dinamakan Whatsapp Call. Coba buka aplikasi Whatsaapp, geser ke kiri untuk membuka ringkasan panggilan dari Whatsapp Call. Kalau ternyata dia sering telpon-telponan sama mantan, ajak duel aja sih.

7. Whatsapp arsip.

Arsip chat WA.

Ada apa aja di sana?

Seperti Facebook Messenger, aplikasi Whatsapp juga memiliki fitur arsip yang mengizinkan penggunanya untuk menyimpan pesan-pesan penting. Pesan yang diarsipkan letaknya di bagian paling bawah.

8. Bookmark browser.

Bookmark Google Chrome

Apa aja yang di bookmarknya?

Bookmark digunakan untuk memudahkan pencarian situs yang dituju. Situs yang di bookmark atau ditandai akan muncul di bagian bawah tab browser. Jika kamu pengguna Chrome, kamu bisa membuka chrome://bookmarks/ untuk mengetahui situs-situs apa saja yang di bookmark.

Itulah tadi delapan hal yang wajib dikepo selain SMS dan riwayat panggilan di telepon genggam. Kepo itu baik asal tidak berlebihan. Jika menemukan sesuatu yang mencurigakan, sebaiknya tanyakan dan konfirmasi lebih dulu. Jangan langsung menuduh dan mengutamakan pendapat pribadi. Salah cara penyampaian bisa fatal akibatnya.

Sumber foto utama : oshigita.wordpress.com