Bagaimana cara meningkatkan rasa percaya diri? Berikut ini beberapa poin yang wajib kamu ketahui

percaya diri Sumber Foto : Oxfamindonesia.wordpress.com

“Aku nggak bisa melakukan itu, aku nggak mampu…aku minder nih…”

“Dia punya ini, itu….aku pasti kalah”

“Duh, bener nggak ya..jangan-jangan aku salah”

Pernah nggak sebagai manusia kamu merasakan hal seperti itu? Kamu merasa tidak nyaman dengan diri kamu.

Ada rasa pesimis yang membuat kamu takut untuk menghadapi sesuatu. Sering gugup, grogi merasa pekerjaan kamu kurang sempurna. Kamu seringkali menilai diri kamu selalu kurang di mata orang lain.

Itu artinya kamu kurang percaya diri.

Ada banyak solusi untuk mengatasi rasa minder yang bergejolak dalam diri kamu. Kamu hanya perlu melakukan beberapa cara instan berikut ini – lakukanlah ketika rasa percaya diri kamu mulai hilang :

Segala Sesuatu Harus Dimulai Dengan Doa.

Berdoa

Percayalah hanya dengan bantuan Tuhan semua bisa terkabul. Begitu pula dengan rasa percaya diri kamu. Jika dengan berdoa dapat menjauhkan kamu dari kesan minder maka mulailah dengan berdoa. Merenung sejenak atas apa yang terjadi. Berdoalah sesuai dengan keyakinan yang kamu anut.

Berdoalah setiap akan memulai aktivitas.

Berbisiklah dalam doamu “Tuhan bantu aku untuk terhidar dari perasaan-perasaan takut, takut untuk memulai sesuatu yang diriku anggap tak mampu. Hanya engkau satu-satunya yang dapat membolak balik hati manusia. Amin”.

Sampaikan doa terdalammu pada NYA. Sekejab kamu akan mulai menapaki hari dengan rasa semangat.

Tersenyum dan Berjalanlah dengan tegap penuh semangat.

senyum

Setelah berdoa, cobalah untuk tersenyum dalam memulai sesuatu.

Bercermin dan tersenyumlah pada diri kamu sendiri kemudian terseyum pada orang lain.

Dengan tersenyum tubuh kamu akan mengeluarkan hormone endorphin yang membuat diri kamu jauh lebih rileks.

Lakukan hal ini setiap kamu menghadapi orang-orang yang membuat kamu minder. Hal ini secara otomatis akan meningkatkan rasa percaya diri kamu.

Perhatikan pula cara orang lain membalas senyuman kamu. Kamu akan merasakan betapa orang disekeliling menghargai kehadiranmu.

Dan berjalanlah dengan tegap. Tegakkan pundakmu dengan penuh semangat. Akan ada energi positif yang berdatangan ketika kamu tampak tegar dan siap menghapus rasa minder kamu.

Lakukan Kontak Mata Dengan Lawan Bicara.

kontak mata dengan lawan bicara

Foto : keepo.me

Hal ini yang sering dilupakan ketika kamu sudah dirundung rasa gugup dan grogi ketika bicara. Terutama berbicara di depan umum.

Sikap menunduk dan tak mau melihat ke depan akan menambah rasa ketakutan kamu.

Sehingga cara yang tepat adalah cobalah langsung mentatap mata lawan bicara kamu.

Banyak keuntungan dalam melakukan ini salah satunya menimbulkan keintiman pada lawan bicara sekaligus memfokuskan kamu untuk menjelaskan sesuatu sehingga membuat kamu merasa lebih percaya diri.

Selain itu, kontak mata dapat mengurangi rasa takut ketika berbicara di depan umum. Contohnya ketika kamu melakukan presentasi di kantor atau interview kerja. Dengan kontak mata, lawan bicara kamu juga akan merasa lebih dihargai loh..

Ubah Penampilan Menjadi Kekinian.

penampilan kekinian

Foto : ibcfm.com

Penampilan seseorang memiliki peranan penting dalam membangun rasa percaya diri karena penampilan fisik menentukan persepsi orang terhadap diri.” (Building Blocks to Self-Confidence, Complete Wellbeing)
Intinya kesan pertama dilihat dari penampilan.

Ketika penampilan kamu rapi, menggunakan setelan kemeja dengan rambut kelimis, orang akan dengan cepat menilai kamu sebagai orang yang memiliki kehidupan lebih baik.

Hal tersebut dapat membuat perasaan kamu lebih bangkit daripada membuat diri kamu jatuh di lubang keminderan.

Ada baiknya segera merawat diri kamu menjadi lebih hidup, nggak ada salahnya sekedar bersolek, menyisir rambut dan perbanyak olahraga agar terlihat lebih fresh.

Positif Thinking Dan Selalu Bersyukur Dengan Keadaan.

berpikir positif

Foto : bicarasales.com

Tidak ada salahnya selalu berpikir positif atas apa yang kamu lakukan saat ini. Segala sesuatu mempunyai hikmah tersendiri. Mungkin saat ini kamu nggak mampu tapi jangan memvonis bahwa itu adalah harga mati, pasti ada jalan.

Belajarlah untuk selalu bersyukur.

Bersyukur atas keadaan kamu saat ini.

Dengan mengakui bahwa yang kamu miliki sekarang sudah cukup untuk kehidupanmu maka kamu telah menaikkan level kepedean kamu satu tingkat lebih tinggi. Hindari bisikan-bisikan setan yang selalu memberi pikiran negatif.

Pelajari Apa Yang Membuatmu Minder.

Dengan mempelajari apa penyebab kamu minder kamu bisa lebih fokus untuk mengatasinya.

Hal ini berkaitan dengan ketidaknyamanan yang kamu rasakan.

Kamu bisa saja minder di tengah-tengah keramaian, atau kamu minder terhadap penampilan kamu, apakah kamu memiliki tubuh gendut, berjerawat atau memiliki tubuh pendek. Hal ini penyebab kamu minder jika bertemu teman-teman sebaya kamu.

Tapi dengan memahami hal tersebut kamu bisa segera mencari solusi untuk memanipulasi kekurangan kamu agar lebih berani dan percaya diri untuk tampil di depan umum. Kamu bisa bercerita dengan teman terdekat kamu atau orang yang kamu sayang agar lebih lega dalam menghadapi keminderan.

Persiapkan rencana cadangan untuk melangkah ke depan.

percaya diri di depan publik

Foto : berita-shinju.blogspot.com

Kamu tidak bisa mengelak ketika ada kejadian diluar prediksi dan hal itu bisa menggoyakan rasa percaya diri kamu. Tiba-tiba kamu salah bicara waktu wawancara atau sekedar membuat kegaduhan dengan menumpahkan minuman ke meja. Sontak semua perhatian tertuju padamu dan membuatmu mati gaya.

Coba buat rencana cadangan, paling tidak persiapkan satu solusi yang mambuat kamu “nggak salah tingkah”.

Seperti, tersenyum kemudian melambaikan tangan pertanda bahwa kamu baik-baik saja atau meminta maaf dengan cara yang sopan karena hal tersebut di luar kendalimu. Mempersiapkan segala sesuatu merupakan cara terbaik untuk membantumu lebih mantap menjalani ketakutanmu.