Suka tidur terlalu lama? Hati-hati, 6 resiko fatal ini akan Kamu rasakan!

Tidur Sumber Foto : Selasar.com

Berbicara mengenai tidur, semua manusia pasti butuh tidur. Namun masalah terpenting adalah bagaimana kamu mengontrol tidur agar tidak kebablasan.

Eits, bukan berarti mati lho, tapi waktu ideal yang dibutuhkan untuk tidur dan tidak menggunakan tidur sebagai hobi sampingan dikala liburan.

Pakar ahli kesehatan mengatakan bahwa tidur adalah metode paling dianjurkan untuk mengembalikan stamina dan kondisi tubuh yang kelelahan.

Bukan hanya fisik kita yang dapat kelelahan, namun pikiran dapat dihinggapi dengan kepala pusing terkadang berat karena memikirkan skripsi, tugas kuliah atau kantor.

Rata-rata orang dewasa tidur berdurasi 7-9 jam. Namun, lebih dari 9 jam, kemungkinan berdampak kerusakan pada sel-sel tubuh sehingga dapat mengurangi harapan hidup sekitar 17%, mengerikan bukan?

Nah, jika Wovger masih menggandrungi hobi tidur berlama-lama, ayo segera diubah!

1. Tidur 8 jam dapat menghilangkan rasa lelah, namun jika terlalu banyak tidur nyeri punggung akan Wovger rasakan!

Saat tubuh dirasa pegal dan lelah karena menghadapi pelbagai kerasnya pekerjaan, Wovger bisa memilih tidur sebagai opsi pemulihan diri agar tubuh kembali bugar. Pilihan itu benar, namun porsi tidur yang kamu lakukan harus sesuai karena terbiasa dengan tidur terlalu lama atau sekedar berguling-guling akan mengakibatkan punggungmu nyeri.

2. Tidur Lama=Sulit Hamil. Duhhhh….

susah hamil

Tim peneliti dari Korea pada tahun 2013 meneliti kebiasaan tidur sekitar 650 wanita yang tengah mengikuti proses bayi tabung. Hasil dari penelitian tersebut ternyata mengejutkan! Wanita yang tidurnya normal 7-8 jam setiap harinya memiliki tingkat kehamilan tertinggi dibanding dengan wanita yang tidurnya 9-11 jam per harinya.

“Kebiasan tidur akan mempengaruhi ritme sirkadian, siklus menstruasi, dan kondisi hormon. Namun, kaitan antara waktu tidur dan ketidaksuburan seseorang masih perlu penelitian mendalam.” – ujar seorang dokter – Dr. Evan Rosenbluth.

3. Kebanyakan tidur bisa mengakibatkan resiko terkena penyakit diabetes, lhoo…

Dalam hal ini, para peneliti melibatkan kurang lebih 9 ribu orang yang memiliki keterkaitan kebiasaan tidur dengan kepemilikan diabetes.

Menurut pakar peneliti, orang yang tidur lebih dari 9 jam setiap malam memiliki resiko diabetes lebih besar daripada yang hanya tidur 7-8 jam saja.

Sedangkan yang tidur kurang dari lima jam rupanya tak dapat mengelak dari resiko terserang penyakit diabetes.

Hasil tersebut ternyata hampir sama dengan penelitian di Quebec, bahwa tidur lebih dari 8 jam dapat mengidap diabetes tipe 2.

4. Akibat tidur terlalu lama, resiko mati muda!

Di 16 penelitian berbeda pada tahun 2010, diambil salah satu kesimpulan yaitu resiko mati muda dapat menyerang mereka yang tidur kurang dari 7 jam atau lebih dari 8 jam.

Para pakar peneliti menambahkan, depresi dan status sosial atau ekonomi yang rendah adalah salah satu penyebab kebiasaan tidur lama yang mengakibatkan mati dalam umur muda!

5. Pikun di usia muda! Serem juga ya, Wovger… Hmmmm…

Bagi kamu yang tidak mau percepatan penuaan ingatan, ubahlah pola tidur sekarang juga! Sebab, terlalu lama kamu tidur resiko perlambatan dan kerusakan fungsi otak akan kamu rasakan sehingga muncul tanda-tanda kepikunan.

Para peneliti di tahun 2012 meneliti beberapa wanita lansia, hasilnya mereka yang tidur lebih dari 9 jam ternyata lebih cepat pikun 2 tahun dari yang tidurnya normal.

6. Tidur siang memang ampuh meningkatkan produktivitas kerja, tapi kalau terlalu lama? Kegiatan ini dapat menjadi penyebab utama sakit kepala. Dan mengganggu aktivitasmu!

Insomnia atau susah tidur memang bisa menimbulkan ‘bencana’, tapi kebanyakan tidur pun juga akan berakibat sama. Mungkin Wovger sudah terbiasa menambah jam tidur setiap harinya, di waktu siang. Dan sebuah penelitian mengatakan, bahwa tidur siang dapat memberikan nilai positif terhadap kesehatan sera produktivitas dalam pekerjaan.

Akan tetapi, jika terlalu lama tidur siang, tidak terkontrol, tentu dapat menimbulkan gangguan tidur di malam harinya. Hal tersebut tentu berakibat sakit kepala ketika kamu bangun pagi di keesokan harinya. Tentu akan mengganggu aktivitasmu.

Sebaiknya, cukupkan tidur siang dengan porsi waktu 20 menit dan tidur malam 7 jam.

Nah, gimana Wovger? Apakan masih mau menambah jam tidur dan bermalas-malasan di kasur? Ayo ubah pola tidur agar akibat kebanyakan tidur di atas tidak menghantui Wovger!