Jika kamu mengalami masalah dalam belajar, cobalah metode-metode sederhana berikut ini

Susah belajar

Wovger pernah nggak sih merasa terheran-heran dengan teman sekelas yang super pintar?

Penasaran dengan mereka bagaimana bisa sepintar itu?

Setiap ada pertanyaan dari dosen, respon menjawabnya supercepat. Ketika kuliah sedang berlangsung di kelas, mereka aktif bertanya dan pertanyaannya terdengar super cerdas. 

Sebaliknya, kamu pasti merasa minder dengan teman-teman seperti itu. Jika kamu mahasiswa yang mengalami masalah dalam belajar, cobalah metode-metode sederhana di bawah ini. Dijamin cukup membantu.

Pilih waktu dan tempat yang tepat untuk belajar.

waktu untuk belajar

Belajar cukup menguras konsentrasi dan energi. Distraksi mudah terjadi jika tempat yang kamu pilih tidak sesuai.

Jangan memilih tempat yang banyak orang kalau kamu sedang benar-benar butuh konsentrasi tinggi.

Tempat dengan nuansa tenang dan damai membantumu cepat berkonsentrasi dengan pelajaran. Tempat-tempat yang tenang untuk belajar misalnya di dalam kamar atau di perpustakaan.

Waktu-waktu terbaik untuk belajar yaitu di sore hari, malam hari, serta dini hari/menjelang subuh. Setelah pulang dari kampus tidak disarankan untuk langsung belajar karena otak sedang dalam kondisi lelah.

Berikan waktu baginya untuk istirahat.

Kamu bisa mulai belajar setelah tidur siang di sore hari.

Buat catatan dan kesimpulan agar ingatanmu menjadi lebih baik.

catatan

Jangan malas mencatat dan membuat kesimpulan. Mencatat akan melatih otak bekerja lebih keras dan membantu mengingat lebih lama. Dengan mencatat, otak telah bekerja dua kali yaitu membaca dan mencatat. Materi yang masuk bertahan lebih lama dibanding hanya dengan membaca saja.

Buat catatan-catatan kecil dan rangkuman keseluruhan informasi. Biasakan menulis dengan rapi agar catatan bisa digunakan di kemudian hari. Keuntungan lain dengan memiliki catatan ialah kamu hanya perlu mencari informasi yang kamu butuhkan pada satu buku atau file yang tersusun rapi.

Lakukan langkah demi langkah.

langkah demi langkah

Belajar juga butuh proses. Jangan melakukan semuanya dalam satu waktu. Lakukan langkah demi langkah. Pelajari dulu mulai dari bab 1 lalu lanjut ke bab 2 dan seterusnya. Tidak dianjurkan langsung meloncat ke bab selanjutnya yang tidak sesuai urutan.

Jangan terlalu memaksakan diri untuk belajar.

jangan terlalu memaksa belajar

Jangan dipaksa jika memang sedang tidak ingin belajar. Pemaksaan membuat kinerja otak menjadi lambat. Akibatnya, bukan pengetahuan yang didapat tapi distraksi terus-menerus selama belajar. Alih-alih menambah ilmu, kamu justru akan melamun di tengah-tengah belajar atau sibuk dengan hal lain yang tidak penting.

Otak juga butuh istirahat. Beri dia istirhat yang cukup. Istirahat fisik misalnya tidur sejenak. Istirahat mental misalnya jangan terus-terusan berpikir berat dan serius. Selingi dengan informasi-informasi yang sifatnya menghibur.

Konsumsi makanan yang menutrisi otak.

makanan yang menutrisi otak

Seiring kamu memperbaiki kebiasaan belajarmu, perbaiki pula gizi dan nutrisi otak. Dengan menyeimbangkan keduanya, kemampuan otakmu akan meningkat. Beberapa makanan yang bisa meningkatkan kecerdasan otak yaitu brokoli, kenari, teh hijau, ikan salmon, minyak ikan, kacang, tomat, bayam, dan blueberry.

Pastikan kamu memahami materi dengan baik, bukan hanya menghafal.

memahami materi bukan menghafal

Kebanyakan orang salah mengartikan belajar dengan menghafal. Mereka tidak tertarik untuk belajar karena tidak sanggup menghafal. Pandangan ini perlu diluruskan. Belajar sama sekali bukan menghafal namun menambah pengetahuan.

Materi yang diperoleh dengan menghafal justru seringkali cepat hilang dan menguap begitu saja. Buktinya, setelah ujian selesai dan besoknya kita ditanya soal yang sama, belum tentu kita bisa menjawab dengan jawaban yang sama.

Belajar bersama teman-teman atau kelompok.

belajar bareng

Mungkin beberapa akan beranggapan kalau belajar kelompok akan lebih banyak bercandanya daripada belajar. Tapi jika hal ini benar-benar dilakukan dengan serius, justru akan lebih membuat kamu mudah menerima materi yang sebelumnya susah kamu terima.

Terkadang apa yang di terangkan oleh teman lebih mudah di tangkap daripada apa yang di sampaikan oleh dosen.

Jadi, jangan ragu untuk belajar bareng-bareng dengan teman-temanmu.

Konsistensi, komitmen, dan kesabaran.

Terakhir, proses belajarmu harus konsisten.

Kesuksesan tidak lain merupakan akibat dari konsistensi dan kegigihan.

konsisten

Mereka yang pandai di kelas bukan karena semata-mata cerdas atau memiliki IQ yang tinggi sejak lahir. Mereka bisa karena konsisten melakukannya berulang-ulang.

Kamu tidak mungkin menjadi pintar dalam semalam. Dibutuhkan konsistensi, ketekunan, dan komitmen. Setelah ketiganya terpenuhi, bersabarlah menunggu hasil panen. Jika saatnya tiba, kamu akan menjadi pribadi yang berbeda dan jauh lebih pintar dari sebelumnya.

###

Semua anak dilahirkan dengan kemampuan yang sama. Memiliki bekal yang sama. Tidak ada yang pandai atau yang bodoh, yang ada ialah yang rajin dan yang malas.

Selamat belajar, Wovger!