Hal-hal yang harus kamu lakukan di usia 20-an, sebelum datang masa-masa sibukmu

dea valencia budiarto Sumber Foto : nikolausharbowo.wordpress.com

Usia 20-an merupakan usia emas dalam tahapan hidup seseorang setelah masa-masa labilnya sebagai seorang remaja. Di usia 20-an, seseorang dianggap telah benar-benar dewasa dan mampu mengambil keputusan sendiri. Nggak ada lagi yang meremehkanmu. Semua orang akan mendengar pendapatmu dengan hormat, apalagi kalau kamu termasuk anak muda yang cerdas, aktif, dan berbakat. Wuih!

Di usia 20-an, kamu jadi manusia yang benar-benar bebas dan utuh. Kamu memiliki semuanya: waktu, penghasilan, semangat, energi, dan kebebasan. Nah, mumpung kamu masih di usia 20-an dan nggak sibuk-sibuk banget, hal-hal berikut ini harus kamu lakukan sebelum datang masa-masa ‘tua’ dan sibukmu.

Traveling kemanapun yang kamu suka. Setidaknya, kunjungilah satu negara di luar negeri selain Indonesia.

traveling ke korea

Cobalah untuk jalan-jalan ke tempat-tempat baru di luar sana, di negari orang. Foto : ceritamata.wordpress.com

Mumpung uang dan waktu masih kamu miliki, sempatkan untuk pergi ke luar negeri. Nggak perlu jauh-jauh, kamu bisa mengunjungi negara tetangga Indonesia seperti Malaysia, Singapura, dan negara Asia Tenggara lainnya.

Ah ngapain jauh-jauh ke luar negeri kalau di Indonesia masih banyak tempat yang bagus?

Hmmm, dengan keluar negeri, kamu akan dapat banyak pengalaman yang jauh lebih berharga. Kamu akan tahu gimana cara bikin paspor, gimana rasanya jadi ‘bule’ di negeri orang, gimana rasanya berhadapan dengan kantor imigrasi di negara asing, belajar bahasa serta makanan baru, dan lain sebagainya.

Menjalin hubungan asmara dengan siapapun yang kamu inginkan.

Gunakan masa single-mu sebaik-baiknya sebelum datang masa menikahmu. Mumpung masih di usia 20-an, gunakan waktu untuk berpacaran dengan siapapun yang kamu inginkan. Selama masih dalam batas kewajaran aja sih. Pokoknya jangan malu untuk mengungkapkan perasaan suka pada orang yang kamu sayang.

Belajar memainkan alat musik, setidaknya satu alat musik.

bermain gitar

Cobalah untuk belajar alat musik. Foto : www.1mobile.co.id

Mumpung masih muda, gunakan waktumu untuk belajar alat musik. Nggak perlu yang berat-berat. Kamu bisa belajar gimana cara memainkan flute, gitar, piano, pianika, atau harmonika. Banyak keuntungan yang kamu dapat kalau bisa bermain instrument. Selain jadi lebih keren, juga bisa membuatmu lebih cerdas, lebih banyak teman, menambah hoby baru, serta melatih konsentrasi.

Ikuti berbagai macam kegiatan dan bertemu orang baru.

mahasiswa volunteer

Menjalin relasi dengan orang-orang baru. Foto : uny.ac.id

Sebelum datang masa-masa sibukmu, ikuti berbagai kegiatan yang kamu sukai. Jangan sibukkan diri dengan terus bekerja. Kamu butuh merelaksasi otak biar nggak melulu mikirin pekerjaan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan bergabung di organisasi, kepanitiaan, relawan, komunitas, atau apapun itu. Kamu juga bisa ketemu jodoh dari situ loh.

Cari pekerjaan yang sesuai dengan passion kamu.

penampilan kekinian

Dengan passion, kerjamu akan lebih totalitas. Foto : ibcfm.com

Orang bilang, pekerjaan yang sesuai passion dan pekerjaan yang bergaji tinggi tidak akan pernah bertemu. Pekerjaan bergaji tinggi biasanya tidak sesuai dengan passion. Sebaliknya, pekerjaan yang sesuai passion biasanya bergaji rendah.

Nyebelin nggak sih, kenapa antara gaji dan passion nggak pernah bertemu.

Terlepas dari seberapa besar gaji, setidaknya kamu harus menggeluti pekerjaan yang sesuai dengan passion selama satu tahun. Setelah itu, terserah kamu gimana kelanjutannya.

Makan-makanan apapun yang kamu suka, sesekali pergilah ke restoran yang supermahal.

restoran

Biar tahu gimana rasanya makan di tempat mewah. Foto : arunirestoran.com

Manfaatkan sehatmu sebelum datang sakitmu. Agaknya kutipan tersebut cocok untuk kamu lakukan di usia 20-an. Makan-makanan apapun yang disukai. Kalau perlu, sesekali datanglah ke restoran super mahal. Manjakan perutmu dengan mencicipi makanan super lezat. Lakukan sesekali aja biar nggak bangkrut atau berlebihan dan nggak jadi gaya hidup.

Beli sesuatu yang mahal untuk diri sendiri.

louis vuitton bags

Membeli barang yang sudah kamu idamkan sejak lama. Foto : fashioncheer.com

Penghasilan yang kamu miliki, jadi hak kamu seutuhnya. Sesekali belilah barang yang mahal untuk diri sendiri. Beli tas bermerek atau sepatu bermerek, misalnya. Atau beli supercar impian kamu. Rasakan kemewahan dan prestise dari barang tersebut. Tapi ingat ya, sesekali aja.

Bacalah buku berkualitas, sebanyak-banyaknya.

membaca buku

Dengan membaca buku, kamu akan meng-upgrade pengetahuanmu. Foto : news.okezone.com

Di usia 20-an, selain kegiatan bersenang-senang, kamu harus mengimbangi dengan kegiatan berpengetahuan. Bacalah buku-buku berkualitas yang bisa menambah pengetahuan. Kalau perlu, bacalah buku dari tokoh-tokoh dunia klasik di abad 18-19.

Menabung.

menabung

Menabung untuk masa depanmu. Foto : cuperduki.com

Ya, satu kata, tapi memang itu salah satu yang harus kamu lakukan di masa-masa produktifmu di usia 20-an. Kamu nantinya akan butuh banyak biaya untuk kehidupanmu selanjutnya. Kamu akan menikah, hidup dengan keluarga baru, memiliki berbagai macam kebutuhan-kebutuhan baru yang harus di penuhi, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, menabung dari awal adalah jalan terbaik, daripada keteteran nantinya.

Nikmati indahnya matahari terbit dan matahari terbenam.

Apa menariknya nonton matahari terbit dan matahari terbenam? Buat kamu yang belum terbiasa atau nggak pernah menikmati matahari, nggak ada jalan lain selain mencobanya. Duduk di bawah langit merah dan memandang matahari bisa menambah rasa syukurmu, karena telah diizinkan Sang Pencipta untuk menikmati keindahannya.

###

Nah Wovger, sebelum menyesal, manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. Gunakan sehatmu sebelum sakitmu. Gunakan single-mu sebelum menikahmu. Bahagiakan dirimu sebahagia-bahagianya. Jangan tenggelamkan dengan beban kerja yang terlalu tinggi. Tapi ingat, setiap kegiatan bersenang-senang harus diimbangi juga dengan kegiatan positif lainnya. Selamat melakukan hal-hal di atas Wovger!