Belajar Bahasa Inggris tanpa les atau kursus? Bisa banget! Kamu harus coba tips-tips berikut ini!

belajar bahasa inggris

Bertahun-tahun lamanya kita belajar Bahasa Inggris, dari duduk di bangku SD hingga SMA, atau mungkin sampai di bangku perkuliahan. Bertahun-tahun berkutat dengan Bahasa Inggris masih membuat kita tidak cukup percaya diri. Akibatnya, banyak orang yang harus mengambil kursus tambahan di luar sekolah.

Bagi Wovger yang tidak ingin mengambil kursus tambahan, bisa kok belajar sendiri di rumah. Keuntungan belajar di rumah tanpa harus mengikuti kurus di luar seperti tidak perlu mengeluarkan biaya besar, menghemat biaya transportasi, dan lebih fleksibel.

Nah bagaimana caranya belajar bahasa Inggris tanpa harus ikut les atau kursus di luar? Berikut ini tipsnya agar kemampuan Bahasa Inggris Wovger meningkat drastis.

Zaman sudah canggih, manfaatkan smartphone untuk belajar bahasa Inggris.

Belajar Bahasa Inggris bisa diawali dari smartphone. Ganti pengaturan bahasa di ponsel kamu menjadi Bahasa Inggris. Setelah itu, unduh aplikasi yang memudahkan kamu belajar Bahasa Inggris. Berhubung ada banyak aplikasi untuk belajar Bahasa inggris via smartphone, cari informasi terlebih dahulu dan sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Tentukan skill yang akan kamu fokuskan terlebih dahulu: speaking, writng, listening atau reading. Setelah itu carilah aplikasi yang cocok. Beberapa aplikasi yang bisa diunduh antara lain PvP, Busuu, English Conversation dan MyWordBook.

Tinggalkan kamus buku, ganti dengan kamus elektronik.

belajar bahasa inggris dengan google translate

Foto : Wovgo.com

Kamu bisa menggunakan kamus elektronik atau kamus online seperti Google Translate untuk membantu memahami kosakata baru. Kelebihannya dibanding kamus buku, kamu bisa mendengar pengucapan kata tersebut secara langsung dari penutur asli. Contoh kamus yang bisa diunduh untuk ponsel pintar misalnya Kamusku dan Kamus Offline.

Tonton film Bahasa Inggris dan tirukan ucapannya.

Metode belajar Bahasa Inggris sambil nonton film selalu populer disebutkan sebagai metode yang cukup efektif. Selain menambah kosakata dan membiasakan telinga, Belajar bahasa Inggris melalui film juga bisa membantumu meningkatkan keahlian speaking.

Caranya pilih salah satu aksen yang ingin kamu pelajari. Bahasa Inggris memiliki banyak aksen karena banyak negara menggunakannya sebagai bahasa utama. Aksen yang populer ada empat yaitu British, American, Australian, dan Canadian. Pilih salah satu aksen yang ingin kampu pelajari, tirukan dialog-dialog dalam film.

Cari partner yang sama-sama ingin belajar.

Akan lebih mudah untuk belajar jika menemukan partner yang sama-sama tertarik. Menemukan partner untuk belajar Bahasa Inggris cukup mudah. Tidak sesukar menemukan partner untuk belajar matematika. Sebelum melangkah lebih jauh, cari partner-mu dan buat komitmen sederhana. Kalian bisa saling mengoreksi, saling membantu, dan yang paling penting saling mempraktikkan ilmu yang sudah didiapat.

Belajar menerjemahkan dan menulis satu halaman per hari.

translate bahasa inggris

Foto : msktc.org

Ada saatnya kamu tidak lagi menghafalkan kosakata. Entah karena jenuh atau karena sudah mahir. Kamu perlu mencoba menerjemahkan satu teks halaman dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia. Pemahamanmu mengenai satu teks secara berkaitan akan bertambah. Sebaliknya, cobalah menerjemahkan atau menulis teks dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris. Metode ini sangat berguna untuk menambah kosakata.

Pelajari frasa dan slang, dengan demikian kamu akan lebih cepat mengerti satu kata dengan konteks yang berbeda.

Frasa ialah gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna baru yang berbeda dengan makna asal. Contohnya have to. Have artinya mempunyai. Namun jika digabung dengan to, maka have to artinya harus. Slang ialah bahasa informal yang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Contohnya whats up atau what’s going on untuk menggantikan how are you.

Ikuti akun-akun berbahasa Inggris di jejaring sosialmu.

akun media sosial bahasa inggris

Foto : Wovgo.com

Daripada kepoin akun teman sendiri, atau kepoin akun sosmed gebetan, lebih baik kepoin akun-akun berbahasa Inggris. Di Facebook, kamu bisa menyukai halaman berbahasa Inggris. Di Instagram kamu bisa follow akun berbahasa Inggris. Begitu juga di jejaring sosial lainnya. Waktumu tidak akan habis sia-sia dan banyak ilmu yang bisa didapat.

Harus berani malu dan salah.

optimis bisa belajar bahasa inggris

Foto : pixabay.com

Tinggalkan gengsi, malu, dan minder. Buang perasaan tersebut jauh-jauh. Terutama untuk mengembangkan skill writing dan speaking. Kesalahan justru harus terjadi untuk mengukur seberapa besar kemampuanmu. Semakin sering kamu salah, semakin sering kamu belajar hal yang benar. Kuncinya jangan pernah malu dengan mereka yang sudah jago.

Bagaimana Wovger? Sudah siap untuk belajar Bahasa Inggris? Tips-tips di atas sangat aplikatif dan tidak mengeluarkan biaya besar jika dibandingkan dengan mengikuti kursus di luar. Singkirkan semua rasa takut, malu, dan minder. Tanamkan rasa berani, optimis, dan percaya diri.

Nah, jika Wovger punya tips lainnya untuk mudah belajar Bahasa Inggris tanpa harus ikut les atau kursus, silakan share di kolom komentar.

Selamat belajar Bahasa Inggris Wovger!