Ladies, coba trik ini, biar kamu nggak “sakit-sakitan” saat pakai high heels

high heels

Kalo bicara soal high heels, wanitalah ratunya. Ya iya lhah, yang pakai high heels cuma wanita. Selain wanita ya pria feminin.

Beragam jenis sepatu hak tinggi yang di pajang di sebuah toko bikin mata kamu berbinar-binar dan ada rasa untuk memiliki. Ada Stiletto, Block, Kitten heel, Wedges, Pointed toe, Peep toe, Mary Jane dan masih banyak lagi jenisnya.

Dalam hati kecil kamu udah timbul rasa ingin memiliki, namun sayangnya dia udah ijab duluan, eh bukan…. ketika pelayan toko datang dan berkata “Boleh di coba mbak sepatunya”, kamu langsung dengan sigap merasa minder karena kamu tau kalo pake heels tinggi, kaki kamu bakalan sakit dan lecet. Sakit dan lecet seperti hati kamu, yang tersakiti oleh… ah sudahlah.

Hmmmm…yang merasakan hal ini jangan menderita dulu ya. Ada baiknya kamu baca tips menarik ini, untuk kamu yang sering sakit waktu menggunakan high heels.

1. Pilihlah heels dengan lekukan yang pas sama kaki kamu.

Ini penting bagi kamu yang suka koleksi heels termasuk bagi kamu yang pemula juga.

Pada dasarnya sepatu hak tinggi itu memiliki pola untuk pijakan kaki kita. Dia berbentuk lekukan yang nantinya bikin kaki kamu nyaman. Senyaman pelukan mantan.

Maka dari itu pilihlah heels yang lekukannya benar-benar nempel di kaki kamu. Jangan ada rongga sedikitpun karena itu bisa bikin kaki kamu cepet banget capek.

Fungsi lekukan itu sendiri membuat pijakan kita serasa memijak lantai yang datar loh. Jangan kepengaruh ukuran yang pas, terkadang ukuran yang udah pas nggak menjamin lekukan sepatu kamu juga pas sama bentuk kaki kamu.

2. Kamu yang nggak tawar sama bahan terlalu kaku. Pilihlah heels dengan bahan yang lentur.

High heels itu ibaratnya udah kayak harta karun bagi wanita. Dia berhasil mengangkat rasa percaya diri kamu melambung tinggi hanya dengan sekali pijakan.

Itu kenapa banyak tercipta jenis-jenis sepatu hak tinggi dengan beragam manfaat, warna dan bahan. Ada yang terbuat dari kulit asli yang kaku hingga bahan beludru yang lebih lembut untuk kaki, selembut belaian darinya.

Nah, bagi kaki kamu yang sering lecet karena heels, nggak ada salahnya untuk cek ulang bahan dari heels kamu. Kamu bisa pilih heels dengan bahan yang lebih lembut seperti bahan Nubuck.
Bahan ini lebih lembut dan lebih elastis, tampilannya sekilas mirip dengan bludru tapi lebih nyaman buat kaki kamu.

3. Bagi pemula, cobalah gunakan wedges untuk latihan.

Menggunakan hak tinggi juga butuh latihan loh. Bagi yang terbiasa mungkin udah mahir tapi bagi kamu yang pemula, coba untuk tahap awal latih kaki kamu dengan menggunakan wedges biar nggak gampang sakit…….. hati.

Wedges ini memiliki hak yang lebar sepanjang kaki kamu. Dengan memakai wedges, kamu merasa seolah-olah nggak memakai hak tinggi sehingga membuat kamu lebih aman dan nyaman saat berjalan di sepanjang jalan kenangan. Zzzz ….

Wedges juga nggak akan mengurangi daya tarik kamu kok, karena sekarang udah banyak model wedges yang bikin kamu makin tampil seksi dan memikat. Awwww …

4. Pastikan alas heels kamu memiliki tekstur yang kasar.

Sol sepatu, wajib hukumnya memiliki tekstur yang kasar. Hal ini dipengaruhi oleh banyaknya insiden terpeleset hanya karena sol sepatu kamu yang terlalu mulus. Meski nggak semulus paha Girls Generation.

Mungkin saat kamu memakai heels favorit kamu, kamu nggak gampang capek tapi kalo solnya nggak aman, kamu bisa bayangkan sendiri betapa malunya waktu jatuh, terus tertimpa tangga. Nggak cuma kaki kamu yang sakit tapi semua badan kamu juga dibikin pegel karena sudah tertimpa tangga.

5. Gunakan plester di bagian tumit kaki kamu.

Kebanyakan wanita yang menggunakan heels sering kali bermasalah sama lecet di bagian tumit. Hal ini didasari oleh pergerakan kaki kamu yang memicu gesekan antara tumit kaki dan heels itu sendiri. Jadi kulit kamu akan merah-merah kemudian timbul rasa perih. Seperti perih di lambung, dan perih di hati.

Jika ini sampai terjadi, tipsnya simpel kok. Cukup kenakan plester dan tempelkan di bagian yang lecet. Dengan begitu, gesekan yang ditimbulkan nggak langsung kena bagian kaki yang luka.

Usahakan tempelan plester nggak muncul sampe batas sepatu kamu, biar nggak kelihatan dari luar. Tapi selama kamu menggunakan heels yang bagian belakangnya tertutup seperti stiletto atau pointed toe aman kok Wovger buat penampilan kamu.

6. Berjalanlah dengan postur tubuh yang tegap serta sempatkanlah duduk di waktu-waktu tertentu.

Memang nggak semua wanita ditakdirkan lulus uji high heels dan dapat dengan bagus berjalan lenggak-lenggok layaknya model yang ada di tipi-tipi. Akan tetapi, tips ini juga mempengaruhi tingkat kelelahan kamu saat menggunakan high heels. Karena nggak cuma hubungan saja yang bisa bikin lelah.

Berjalan membungkuk saat menggunakan hak tinggi, bikin tekanan kaki kamu semakin berat dan pijakan jadi kurang mantap.

Selain bikin kamu cepat lelah, jalan kamu juga tampak seperti bebek. Penampilan kamu jadi kurang OK. Berjalanlah dengan postur tubuh tegap, tapakkan kaki kamu dari tumit dulu baru bagian depan dengan satu kali pijakan kuat.

Hindari langkah kaki dengan jangkauan jauh, perlahan saja dengan jarak pendek-pendek tapi konstan.

Menggunakan heels memang membuat jangkauan langkah kamu pendek tapi dengan pergerakan yang stabil, kaki kamu jadi nggak gampang capek.

Selain itu, cobalah untuk duduk minimal 30 menit sekali. Pilihlah tempat duduk yang sekiranya tidak telalu mengesankan kamu capek banget menggunakan heels. Kamu cukup duduk dan mulailah mengayun-ayunkan kakimu agar aliran darah kembali lancar.

7. Harga menentukan kenyamanan kaki kamu.

Barang KW memang sekarang berani bersaing untuk model dan warnanya sampai kamu nggak bisa milih mana yang bagus buat koleksi kamu. Harganya juga dipotong habis-habisan.

Tapi coba tanya lagi sama kebutuhan kaki kamu, lebih memilih harga yang murah tapi kaki kamu lecet atau mending cari yang lebih mahal dengan kualitas yang baik.

Ingat, jangan segan-segan membeli heels dengan harga yang lebih mahal untuk kenyamanan kaki kamu. Wovger bisa menjamin kualitas barang terletak sama harganya. So pilih yang pasti pasti aja lah… Buat anak kok coba-coba, eh bukan, buat kaki kok coba-coba.

Kalau ada tips lain tentang high-heels, share di komentar ya.