Ini dia beberapa pekerjaan paruh waktu untuk menambah uang saku buat kamu yang masih mahasiswa

mahasiswa

Pengangguran berkedok mahasiswa, menjadi sebuah julukan yang kayanya kurang enak didengar. Yups, julukan ini muncul karena semakin banyaknya mahasiswa manja yang masih kuliah, tapi mereka malah foya-foya make duit orang tuanya.

Sebenernya gak semua mahasiswa kaya gini sih. Masih ada kok mahasiswa yang bener-bener bertanggung jawab dengan uang dari orang tua mereka. Mereka kuliah yang bener-bener kuliah, mengejar target lulus tepat waktu biar orang tuanya gak semakin keberatan bayar kuliah.

Tapi gimanapun juga seorang mahasiswa memang sudah memasuki usia kerja. Rata-rata usia mahasiswa adalah 18 tahun keatas, dan diusia segini memang sudah sepantasnya seseorang untuk bekerja.

Sebagai seorang mahasiswa, kewajiban utamanya adalah menimba ilmu di kampus dengan sebaik-baiknya. Masalah kebutuhan pembayaran kuliah dan biaya hidup yah urusan orang tua. Tapi kamu pernah gak berpikir buat sedikit meringankan orang tuamu dengan memiliki penghasilan sendiri. Ya setidaknya kamu memiliki pundi-pundi uang selain dari orang tua, buat menambah uang jajan, menabung, atau modal cari gebetan.

Nah, karena itulah kamu perlu berusaha mencari cara untuk bisa mencari penghasilan tambahan. Jangan khawatir, banyak kok hal yang bisa kamu lakuin yang bisa menghasilkan uang, tapi tidak mengganggu waktumu kuliah atau belajar. Kamu bisa mengerjakan Freelance Job (Pekerjaan Paruh Waktu) atau bisa juga melakukan Bisnis kecil-kecilan.

Jadi inilah beberapa pekerjaan paruh waktu, tapi bukan paruh hati dan bisnis kecil-kecilan yang cukup besar yang bisa Wovger coba untuk menambah uang saku sekaligus ilmu dan pengalamanmu sebagai mahasiswa!

Pekerjaan Yang Tidak Akan Jauh-Jauh Dari Kampus Dengan Penghasilan Dan Pengalaman Yang Menjanjikan, Jadilah Asisten Dosen.

Kalau kamu termasuk mahasiswa berprestasi, daripada cuma menjadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang, kuliah pulang), mending kamu daftar jadi asisten dosen (asdos) dech.

Asdos penghasilannya lumayan lho. Apalagi kalo pas dosen ada proyekan dan kamu dilibatkan didalamnya, lumayan duitnya gaes. Ya kamu juga harus pinter-pinter ajah nego fee sama dosenmu.

Selain kuntungan secara financial, kamu juga akan mendapat pengalaman yang sangat banyak. Pengalaman menjadi asdos ini akan melatih soft skill, kemampuan menyelesaikan masalah, dan pengalaman-pengalaman lain yang tidak akan kamu dapat jika hanya menjadi mahasiswa biasa. Kalo kamu udah pernah jadi asdos, lumayan buat nambah-nambah isi CV mu. Jadi pas kamu udah lulus sebagai fresh graduate kamu bakal dapat poin lebih dimata calon bos kamu.

Tapi menjadi asdos memang gak gampang. Kamu harus siap sedia setiap saat kalo dosen kamu butuh apa-apa dan kamu gak bisa nolak seenaknya.

Menjadi asdos juga bakalan sibuk banget. Kamu harus pinter mengelola waktu buat kuliah, buat bikin tugas, dan juga melakukan pekerjaan asdos ini. Tapi bukannya semua pekerjaan itu ada plus minusnya? Gak ada salahnya kok kamu coba.

Jika Kamu Merasa Pede Dengan Kepintaranmu, Kamu Bisa Menjadi Guru Les Privat.

Mengajar merupakan sebuah pekerjaan yang cukup menyenangkan. Selain kamu bisa mendapat uang kamu juga bakal merasa puas saat kamu bisa membagi ilmumu. Ada sebuah kepuasan batin saat kamu bisa melihat anak didikmu mengalami peningkatan nilai akademik. Disamping itu akan ada kepuasan yang lebih lagi saat anak didikmu merasa dekat denganmu bisa berteman denganmu dan merasa terinspirasi olehmu.

Menjadi guru privat penghasilannya lumayan banget. Kamu bakal dibayar per jam, dan jam kerjanya pun bisa menyesuaikan jadwal kuliah mu.

Jika Kamu Hobby Menulis, Jadikan Hobbymu Ini Bisa Menghasilkan. Jadilah Penulis Freelance.

Kegiatan menulis sekarang ini sedang sangat menjanjikan pundi-pundi penghasilan. Sudah mulai banyak website atau blog-blog yang berani membayar orang-orang untuk bisa menuliskan content buat website atau blog mereka.

Kalau kamu punya bakat menulis, jangan sia-siakan itu. Itu bisa sangat menguntungkan buatmu. Daripada kamu cuma nulis status FB gak jelas atau nulis diary sambil nyilet-nyilet tangan mendingan kamu nulis buat website atau blog-blog yang memerlukan content.

Jadi seorang penulis lepas gak menyita banyak waktu kuliah dan belajarmu kok. Malahan ini bisa meningkatkan skill dan pengalamanmu. Dengan banyak menulis sebagai penulis lepas, kemampuanmu dalam menulis akan semakin terasah dan kamu bakalan bisa menjadi seorang penulis profesional.

Selain itu seorang penulis lepas juga harus melakukan riset-riset kecil, nah dari riset-riset inilah kamu akan mendapat pengetahuan diluar ekspektasimu.

Kamu bisa cari-cari info tentang loker penulis lepas di internet. Semakin banyaknya media online, semakin banyak juga kesempatan kamu untuk bisa diterima menjadi penulis lepas. Kamu bisa mencobanya, penghasilannya lumayan juga lho.

Kamu Jago Fotografi, Manfaatkan Buat menambah Pundi-Pundi Penghasilan.

Kita bisa sama-sama lihat sekarang, sudah banyak orang yang banci tampil difoto. Mengingat hal ini, tentu saja skill fotografi kamu sangat bisa dimanfaatkan. Kebutuhan foto buat berbagai macam event juga semakin mendesak orang-orang untuk memakai jasa fotografer.

Jasa foto wisuda, dokumentasi pernikahan atau pre-wedding sedang banyak-banyaknya dibutuhkan.

Baca Juga : Travelling sekaligus pre wedding? Kenapa tidak! 7 Destinasi ini bisa kamu dan pasanganmu jadikan tempat untuk menjalani keduanya

Kamu bisa mulai dulu dengan menawarkan jasa buat teman-teman atau orang-orang sekitarmu. Nah nanti hasil jepretanmu, kamu jadiin portofolio buat menjangkau pasar yang lebih luas. Penghasilan sebagai seorang fotografer bisa terbilang lumayan tinggi bagi seorang mahasiswa.

Kamu Pengen Bisnis Tapi Gak Punya Modal? Cobalah Berjualan Pulsa.

Jualan pulsa dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Tidak butuh modal banyak. Cuma modal hp sama sedikit uang buat deposit pulsa.

Bisnis ini sangat cocok dijalankan oleh mahasiswa. Bisa dibilang lingkungan mahasiswa adalah lingkungan yang berisi para penyembah pulsa, dimana pulsa udah jadi kebutuhan utama.

Tapi memang bisnis ini kurang begitu menjanjikan keuntungan besar. Apalagi kalo kamu sering diutangin temen. Bukannya untung bisa jadi malah buntung.

Tapi kalo kamu ulet mengerjakannya, pasti hasilnya lumayan kok. Apalagi kebutuhan pulsa sekarang gak cuma buat ponsel, tapi buat listrik juga. Jadi kamu pinter-pinter ajah mengembangkan bisnis ini.

Biasanya kalo kamu sudah deposit pulsa gitu, kamu juga bisa melayani pembayaran-pembayaran tagihan gitu dech. Tapi jarang banget orang yang mau mengembangkan segmen ini. Nah kamu bisa coba tuh untuk melayani pembayaran tagihan ini.

Akses Internet Melimpah Dikosan, Kenapa Gak Dimanfaatin Buat Jualan Online.

bisnis online

Foto : it.avatar-nusantara.com

Bisnis jualan online sudah hits sejak beberapa waktu yang lalu. Bahkan sampai sekarang bisnis ini dirasa belum surut, bahkan semakin berkembang. Kalo kamu punya waktu dan fasilitas yang cukup buat mengakses internet, kamu bisa manfaatkan itu buat jualan online.

Nah, kalo kamu gak punya produk sendiri buat dijual, kamu bisa jadi reseller produk orang lain. Jadi kamu bisa beli grosiran sebuah produk, kamu stok sendiri, terus kamu jual sendiri. Hampir sama sih kaya orang jualan di warung klontong, cuma bedanya ini kamu jualan di warung online. Kamu harus pinter-pinter milih produk buat dijual. Jangan sampe kamu sudah belanja grosiran, eh produknya susah laku dipasaran.

Kadang yang jadi kendala buat bisnis adalah modal. Jangan takut, kalo kamu udah punya niat buat jualan online tapi gak punya modal, kamu bisa menggunakan sistem dropship.

Sistem dropship itu jadi kita membuat kesepakatan dengan suplier, lalu kita mencari customer dan memesarkan produk mereka. Suplier itulah yang bakal mengurus masalah pengiriman produk kepada customer kita dengan mencantumkan nama kita dalam paket kiriman. Lalu kita dapat mengambil keuntungan dengan menjadi member dari supplier tersebut ataupun menaikkan harga.

***

Siapa bilang jadi mahasiswa gak bisa ngehasilin uang sendiri. Kalo Wovger bisa melihat berbagai macam kesempatan yang ada, Wovger bisa kok mendapat penghasilan tambahan. Intinya adalah mau mencari informasi yang luas, memiliki tekad yang badass dan tentu saja ketekunan dalam mengerjakan segala pekerjaan atau bisnis yang kamu pilih.

Salam sukses buat mahasiswa!!!

Ohiya, kalau ada tips lain buat mahasiswa yang ingin uang sakunya bertambah, silakan share di komentar ya.