9 tipe entrepreneur yang ada di Asia. Kamu termasuk yang mana?

william tanuwijaya

Helo Wovger …

Kamu entrepreneur?

Tinggal di Indonesia kan? Berarti masuk kawasan Asia.

Nah, kali ini, Wovgo ingin memaparkan tipe-tipe entrepreneur di Asia. Artikel ini bersumber dari TechInAsia, yang katanya, media tersebut telah mewawancari serta mengikuti banyak banget pengusaha di Asia dan mereka mengklasifikasikan pengusaha-pengusaha tersebut berdasarkan karakteristiknya.

Nah, dari 9 karakter atau tipe-tipe berikut ini, Wovger mungkin bisa menemukan tipe yang cocok denganmu. Mungkin akan sedikit membuat Wovger tersinggung dengan deskripsi yang di jabarkan jika Wovger termasuk pengusaha dalam kategori tersebut. Tapi, biarkan produk yang berbicara dan berikut ini ke-sembilan tipe pengusaha di Asia.

1. The Greenhorn : Untuk mereka yang Muda, Bernyali, dan Naif.

The greenhorn

Foto : Kaskus.com

Tipe “The Greenhorn” mungkin bisa di sandingkan pada mereka yang baru saja lulus kuliah dan sangat bersemangat dengan masa depannya. Mereka mungkin akan berpikir bahwa tahu dengan semuanya, sampai-sampai bertemu dengan hambatan.

Dalam perjalanannya, mereka mungkin mengerti bahwa menjadi pengusaha tidaklah cocok untuk semua orang. Beberapa dari mereka akan menyesal karena telah terjun di dunia wirausaha, sementara yang lain akan menganggap bahwa hal yang telah di jalaninya sebagai pengalaman yang berharaga, terlepas dari berhasil menjadi pengusaha atau tidaknya.

2. The Visionaries : Adalah mereka yang Berani, Cerdas, Punya visi yang hebat, dan Blak-blakan.

The visionaries

Foto : Kaskus.com

Ada yang berpikiran ingin mengatasi masalah tersulit yang ada di dunia ini. Mereka orang yang karismatik, cerda, serta terkadang menjadi sangat gila – dalam artian baik.

Orang-orang dengan tipe seperti ini membangun produk yang berarti untuk dunia serta menempatkan pelanggan di atas investor atau bahkan pegawainya sendiri. Perusahaan yang di bangun pun biasanya akan mengusung budaya yang kuat. Selain itu, mereka hadir dengan visi dan tujuan yang hebat, yang terlihat mustahil untuk di capai.

3. The Daredevils : Sebutan buat mereka yang Berani, Cerdas, Tapi terlalu blak-blakan.

The daredevils

Foto : Kaskus.com

The Daredevils memang terlihat mirip visionaries, tapi terkadang mereka begitu sulit buat di mengerti. Mereka cepat sekali bertikai serta menggunakan berbagai macam cara untuk meraih kemenangan. Dan jika kalah, mereka tidak akan mundur. Itu memang sangat baik, sangat bersemangat, tapi orang-orang terkadang membenci mereka yang memiliki tipe The Daredevils. Tipe ini terkadang terlalu sombong, lantang, dan tak jarang jahat ketika menggunakan cara yang salah untuk menang.

4. The Exit-ers : Mereka yang mata duitan.

The exit-ers

Foto : Kaskus.com

Mereka dengan tipe ini hanya peduli pada ‘exit’ atau biasanya disebut akuisisi. Mereka cenderung khawatir terhadap pendapatan dan menghasilkan uang. Investor menjadi yang utama, pelanggan setelahnya. Karena uang menjadi motivasi utama. Dan tipe ini cenderung lupa, bahwa pelanggan tidak peduli dengan uang yang dimiliki oleh perusahaan.

5. The Executors : Mereka yang percaya pada tindakan.

The executors

Foto : Kaskus.com

Tipe seperti ini tidak suka berbicara kepada media, meskipun banyak yang meminta. Tipe-tipe The Executors yakin, bahwa tindakan akan berbicara lebih banyak dibanding dengan kata-kata yang keluar dari mulut. Mereka lebih menghabiskan waktu untuk mengeksekusi visi serta rencana perusahaan. Dalam berbagai aspek, tipe seperti ini hampir seperti visionaries, tapi menutup diri dari media.

6. The posers : Mereka berpikir bahwa menjadi entrepreneur itu keren.

The posers

Foto : Kaskus.com

Tipe seperti ini biasanya orang-orang yang merasa bahwa menjadi seorang pengusaha adalah sesuatu yang cool, sesuatu yang terlihat keren. Padahal, mereka sadar, bahwa mereka tidak mampu menjadi seorang pengusaha, tapi tetap saja ngeyel menjalaninya.

7. The bulshitters : Bayak bicara, tapi sebenarnya kosong.

The bulshitters

Foto : Kaskus.com

Tipe seperti ini bisa juga di sebut sebagai poser tingkat lanjut. Mereka tidak bisa membangun bisnis yang bagus. Mereka juga tidak bisa menjadi seorang pengusaha. Tapi, daripada menghabiskan waktu menjalankan bisnis sendiri, mereka menghabiskan waktunya dengan mengeluarkan pendapat mereka mengenai kewirausahaan, lean startup model, cara menghasilkan uang, seminar, dan yang lainnya. Tipe tipe seperti ini justru membuat rugi tipe greenhorn yang mungkin menanggapi dan percaya dengan apa yang di katakannya.

8. The octopi : Memimpin banyak perusahaan, itu keren.

The octopi

Foto : Kaskus.com

Tipe seperti ini biasanya memiliki banyak startup, memimpin lebih dari satu usaha. Mereka memang bekerja keras untuk usaha yang dijalankannya, tapi mereka memiliki waktu yang terbatas untuk masing-masing usahanya. Mereka suka menjalankan berbagai macam peran serta mencitapkan berbagai macam produk baru. Dan berpikir bahwa seperti itu membuat mereka tetap maju.

9. The Silicon Valley Dudes : Silicon Valley is KING!

The silicon valley dudes

Foto : Kaskus.com

Tipe seperti ini tahu banyak mengenai industri yang ada di negeri paman Sam, Amerika Serikat, dan biasanya adalah kaum ekspatriat. Mereka selalu membanding-bandingkan lembah Silicon dengan yang ada di Asia. Dan hal tersebut justru membuat mereka semakin depresi. Tapi, mereka yang tergolong cerdas bisa mengidentifikasi tren yang ada di Amerika, yang menurut mereka bisa hit di Asia dan kemudian masuk ke tren tersebut untuk di bawa ke Asia. Tapi mereka yang tidak cerdas, akan terus mengeluh kenapa Asia tidak seperti Silicon Valley. Dan mereka tidak memanfaatkan pengetahuan yang telah mereka miliki untuk bergerak.

***

Nah, apakah Wovger termasuk pengusaha dalam 9 daftar tipe pengusaha di Asia? Jika iya, Wovger termasuk yang mana?

Sumber : TechInAsia.com