10 hal yang enak di awal saja tapi nggak enak di akhir

enak di awal

Wovger, yang namanya kehidupan pasti ada kalanya merasakan enak, dan ada kalanya pula datanglah yang namanya “nggak enak.” Nggak mungkin kan, kehidupan itu enak terus – kecuali kamu keturunan ningrat.

Orang bilang sih, kehidupan itu seperti roda sepeda ontel. Kadang anginnya penuh dan bisa enak di pakai gowes, kadang harus bocor dan bikin kamu capek ‘nyeret’ sepeda.

Dan di kehidupan ini ada yang enak di awal, dan gak enak sesudahnya. Apa saja itu?

1. Merokok.

Yup. Merokok itu emang enak pas pertama doang. Ketika mereka (yang merokok) mencoba untuk memenuhi hasrat buat menghilangkan ‘asem’ yang katanya ada di mulut. Udah gitu, ada yang bilang kalau merokok bisa bikin makin kece. Ya, tapi sayang, sayang, saaayyyaannngg,.. itu cuma di awal doang. Sesudahnya, pasti kamu akan lebih boros karena kamu harus beli rokok yang sebenarnya tidak bisa bikin kamu kenyang. Selain itu, kesehatan kamu juga bakal terganggu karena rokok.

2. Jadi pengangguran / nganggur.

Iya, santai banget karena nggak punya pekerjaan alias nganggur. Bisa leyeh-leyeh, ndusel-ndusel kayak kucing birahi, dan bebas mau bangun tidur atau berangkat tidur jam berapapun. Ya emang gitu enaknya jadi pengangguran. Seolah-olah hidup nggak punya beban.

Nganggur, kalau cuma sehari-dua hari atau maksimal seminggu sih emang enak. Tapi coba rasakan kalau sebulan, dua bulan, tiga bulan, empat bulan,….. Kamu bakal bosan dengan kehidupan yang seperti itu, yang nggak ada kegiatan dan tantangan sama sekali. Belum lagi kamu bakal menanggung kemaluan, eh bukan, malu – karena di cap sebagai pengangguran.

3. Bolos Kuliah.

bolos kuliah

Foto : brilio.net

Kamu pernah bolos kuliah? Enak? Bahagia? Ya iya lhah. Bolos kuliah kamu manfaatkan buat tiduran di kos atau kencan sama gebetan kamu yang anak ibuk kos. Bolos kuliah emang enak, tapi di awal doang. Habis itu, pasti kamu nyesel, karena absen kamu ada yang bolong. Belum lagi kalau bolongnya lebih dari 75 persen, bisa-bisa gak di bolehin ikut ujian deh.

4. Ikut MLM.

Biasanya maba-miba yang maen ginian. Kegiatan yang iming-imingnya kapal pesiar, punya apa apa ganda, keuntungan berlipat-lipat, pemasukan besar, kerja nggak capek, nggak butuh banyak modal. Tapi yang seperti itu emang bikin kamu semangat dan enak di awal doang. Lama-lama kamu bakalan mules karena harus nanggung beban buat ngajak orang-orang buat jadi anggota baru. Dan pada akhirnya, kamu ninggalin itu, karena males juga cari orang baru terus.

5. Makan sambel.

Makan sambel yang pedes banget emang enak. Nambah nafsu makan. Bikin makan nggak berhenti-berhenti. Tapi, kamu nggak sadar, dan akhirnya benar-benar berlebihan dengan sambel yang kamu makan. Emang enak di awal, tapi ujungnya, kamu bakal mules, perut gonjang-ganjing kayak di tinju in orang satu batalyon, dan aaaaakkkkhiiirrrnnyyyaaa,,,……. taaarrraa….. mencret.

6. Punya pacar.

Masa-masa PDKT emang manis banget. Masa awal pacaran juga nggak kalah manis. Dan yang manis-manis cuma berjalan satu hingga empat bulanan. Lama-lama jadi biasa aja, lalu tiba-tiba…. hambar. Meskipun nggak menghilangkan rasa cinta kepada pasanganmu, tapi pasti beda banget sama ketika masih awal dekat dengan si dia.

7. Selingkuh.

Selingkuh

Foto : Wovgo.com

Ketika kamu mulai merasakan bosan atau hambar dengan hubunganmu, kamu mencoba buat lirik kanan kiri. Emang enak sih awalnya. Kamu menjalin hubungan dengan seseorang yang kembali membuat hidupmu lebih greget. Tapi, apa jadinya kalau pasanganmu tahu dengan yang kamu lakukan? Bisa jadi kamu di tampar, di marah-marah, dan paling nyesek di putusin.

8. Minum-minuman keras / alkohol.

Tahu lagunya bang Rhoma Irama yang judulnya Mirasantika? ”

Dulu aku suka padamu dulu aku memang suka … (Ya-ya-ya)
Dulu aku gila padamu dulu aku memang gila … (Ya-ya-ya)
….. ….
Sekarang tak-tak-tak-tak
‘Ku tak mau tak mau tak-tak-tak-tak-tak
‘Ku tak mau tak mau tak (‘ku tak mau tak)
Sekarang tak-tak-tak-tak
‘Ku tak sudi tak sudi tak-tak-tak-tak-tak
‘Ku tak sudi tak sudi tak (‘ku tak sudi tak)
….
…..
Gara-gara kamu orang bisa menjadi gila
Gara-gara kamu orang bisa putus sekolah
Gara-gara kamu orang bisa menjadi edan
Gara-gara kamu orang kehilangan masa depan

Nah, di lirik itu sudah di jelasin, kalau awalnya suka dan enak, tapi endingnya. Adduuuhhh,, jangan coba-coba deh.

9. Berhutang.

Ngutang – bukan kutang – atau berhutang emang enak di awal. Kamu dapet uang secara tiba-tiba dari orang yang kamu utangin. Tapi kalau kamu gitu terus, terus pada akhirnya numpuk, kamu bakal bingung buat ngelunasinnya. Jadi sebaiknya, kalau nggak benar-benar mendesak dan perlu-perlu amat, hindari ngutang.

10. Mas+urbasi.

mas+urbasi

Foto : Wovgo.com

Kegiatan ini emang bikin enak. Biasanya dilakukan oleh para jones dan yang lagi LDR. Milih maen sendiri, karena udah kepengen banget. Tapi mau bagaimana lagi, mereka kagak bisa nahan diri, daripada merenung di jendela sambil mandangin halaman rumah, ujung-ujungnya ya gitu deh. Jadi pelampiasan. Emang enak, tapi cuma awal. Nah kalau keterusan, justru merugikan. Baiknya kamu bijak dan berpikir dua kali sebelum melakukan kegiatan gila ini.

***

Nah, itu dia Wovger, 10 hal yang enak di awalnya saja. Jika Wovger punya hal lain yang enak di awal dan nggak enak sesudahnya atau di akhir, silakan share di komentar.