Ikuti 6 tips berikut ini untuk membunuh rasa minder dan menghidupkan percaya dirimu

agar percaya diri

Sedari kecil, kita diajarkan untuk percaya diri. Dilatih agar berani mengemukakan pendapat melalui diskusi. Dilatih untuk berani maju ke depan mengerjakan soal meskipun salah. Dilatih untuk mengenal satu sama lain melalui belajar kelompok, dan lain-lain.

Pelatihan bertahun-tahun tersebut ternyata nggak cukup mampu bikin kita tumbuh jadi manusia yang percaya diri. Semakin dewasa, justru rasa minder semakin besar. Agar nggak berlarut-larut tenggelam dalam rasa minder, yuk baca tips berikut ini supaya Wovger lebih percaya diri.

1. Kenali kelebihan dan kekurangan diri sendiri.

Tiap orang diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Keduanya pasti selalu ada dalam diri semua manusia. Nggak mungkin dong, seseorang cuma punya kelebihan aja. Sebaliknya, nggak mungkin dong, seseorang diciptakan cuma punya kekurangan aja.

Kenali dirimu lebih dalam. Temukan kelebihan dan kekuranganmu. Fokus pada kelebihan dan jangan biarkan kekurangan menghambat kemajuanmu dan membatasi kepercayaan dirimu. Tanya ke orang-orang terdekat untuk membantu mengenali kelebihan dan kekuranganmu.

2. Sayangi diri sendiri dengan berhenti membandingkan diri sendiri dan orang lain.

Seperti yang udah Wovgo jelaskan di atas, seseorang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Salah satu penyebab minder, mungkin karena kamu terlalu sibuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Kamu minder karena mereka lebih kaya, lebih pandai, lebih cerdas, lebih baik, lebih pintar, lebih beruntung, lebih banyak teman, lebih banyak jumlah berat badannya dan lain-lain. Sementara kamu enggak. Kamu ngerasa gitu ya? Sadarilah wahai Wovger tercinta, mereka juga punya kekurangan. Cuma, mungkin mereka nggak mau nunjukin kekurangan-kekurangannya di depan umum.

Mereka fokus pada kelebihan-kelebihan dan terus mengasahnya. Bagi mereka, kekurangan bukanlah sesuatu yang harus dipermasalahkan. Dan perlu disadari, siapa sih yang mau ngebuka kekurangan di hadapan umum?

3. Ketahui apa yang bikin kamu nggak percaya diri.

Kenali mindermu, dan cari solusi atas masalah tersebut. Mampu mengenali penyebab munculnya rasa minder akan bikin kamu lebih cepat mengatasinya.

Sebenarnya apa sih yang bikin kamu minder? Penampilan fisik? Finansial? Kemampuan berkomunikasi? Ngerasa nggak punya kelebihan, kecuali berat badan? Semuanya? Ayolah, banyak orang juga ngalamin hal itu kali. Kamu patut bersyukur kalau sampai bisa ngerasain. Itu tandanya manusiawi dan wajar. Tapi jangan biarkan hal-hal di atas mengganggumu terus-menerus ya. Nanti kedepannya bisa menghambat banyak hal loh.

4. Melatih keterampilan berkomunikasi.

Selain mengasah kelebihan, jangan lupa melatih skill penting yang satu ini. Komunikasi! Kecuali kalau kamu Limbad. Keahlian menjalin komunikasi merupakan salah satu keahlian dasar yang harus dimiliki manusia. Sebagai makhluk sosial, manusia nggak bisa hidup tanpa manusia lainnya.

Komunikasi diperlukan untuk mempermudah hubungan sesama manusia. Komunikasi meliputi kemampuan berbicara, kemampuan mengolah bahasa tubuh, dan kemampuan membaca bahasa tubuh.

Cara terbaik dalam melatih komunikasi ialah dengan praktik secara langsung dan terus-menerus. Bertemu banyak orang, memperhatikan bahasa tubuh mereka, memperhatikan bagaimana mereka bicara, dan perhatikan bagaimana kamu merespon mereka.

5. Hindari pola pikir negatif dan tanamkan pola pikir positif.

Udah banyak pembahasan yang bilang kalau pola pikir negatif nggak baik untuk kamu miliki. Pola pikir negatif bisa kamu ubah dengan memperluas wawasan, banyak-banyakin senyum, berada di sekeliling orang-orang positif, banyak membantu orang lain, dan masih banyak lagi.

6. Perluas pergaulan dengan aktif di berbagai kegiatan.

Dari mana kamu bisa memulai menghilangkan rasa minder? Caranya dengan aktif di berbagai kegiatan. Temukan organisasi atau komunitas yang sesuai dengan passion kamu. Mereka adalah orang-orang yang punya ketertarikan yang sama denganmu loh. Jadi kamu nggak akan kesusahan buat ngebuka topik pembicaraan untuk mengakrabkan diri.

Aktif berarti kamu benar-benar aktif di kegiatan tersebut. Nggak cuma sekedar jadi anggota pasif doang. Kasih saran dan masukan, kemukakan pendapat yang kamu miliki. Jangan takut untuk memulainya. Mereka bakal lebih seneng kalau kamu terlibat sebagai peserta aktif dibanding peserta yang cuma sekedar datang-duduk-pulang aja.

Percaya diri serta dikenal dan mengenal orang lain itu gampang kok. Nggak semenyeramkan yang kamu bayangkan. Buka dirimu perlahan-lahan. Jangan takut dan jangan bayangkan hal-hal yang mengerikan. Mereka nggak akan memperlakukan kamu macam-macam kok, cuma pengen menjalin pertemanan.

Nah, jika Wovger punya tips lainnya buat menghilangkan rasa minder, share di komentar ya.