Ayo nabung! Inilah surga-surga di Manado yang harus kamu kunjungi!

manado

Wovger sedang merencanakan liburan? Jika wovger sudah bosan dengan wisata yang itu-itu saja di pulau Jawa, Bali atau Lombok, gak ada salahnya mencoba sesutu yang baru dengan melakukan perjalanan liburan ke Sulawesi, tepatnya di Manado, Sulawesi Utara.

Disini ada begitu banyak surga-surga yang tersembuyi yang tentu saja akan memanjakan mata dan memuaskan batin Wovger semua. Maka pantas jika Tempat wisata di Manado menjadi salah satu yang populer di kawasan Asia Tenggara dan Pasifik.

Untuk memberikan gambaran buat para Wovger yang akan melakukan perjalanan. Wovgo akan merekomendasikan beberapa tempat indah yang pantas dikunjungi Wovger untuk berwisata.

Taman Laut Bunaken

Bunaken menjadi pilihan utama jika Wovger ingin berkunjung ke tanah minahasa ini. Alam bawah laut di Bunaken telah dinobatkan sebagai salah satu yang terindah di dunia. Terumbu karang yang masih terjaga kealamiannya dan terlihat begitu cantik menjadikan Manado ditetapkan sebagai ibukota terumbu karang dunia oleh World Coral Reef Conference (WCRC). Selain itu Pada tahun 2005, UNESCO menetapkan taman laut ini sebagai salah satu situs warisan dunia.

Biota laut yang ada di Bunaken memang luar biasa kaya. Disini adalah surga buat para penyelam atau mereka yang hobby dengan dengan kegiatan bawah laut. Disini Wovger bisa melakukan snorkling, sembari mengambil foto keindahan bawah laut. Disini Wovger akan menemukan beragam bentuk terumbu karang dan ikan dengan warna dan bentuk yang tak biasa Wovger temui.

Jika Wovger gak bisa berenang, tenang saja, disini ada tempat wisata bawah laut dengan menggunakan kapal selam yang didesain secara khusus sehingga Wovger bisa melihat pemandangan bawah laut.

Pulau Siladen

Pulau Siladen masih berada di dalam kawasan Taman Nasional Bunaken. Pulau ini punya Pantai pasir putih dengan ditumbuhi pepohonan disekitarnya. Pulau Siladen memiliki daya tarik seperti Bunaken. Keindahan bawah laut menjadi surga buat para pecinta kegiatan bawah laut. Disini wovger bisa menikmati wisata laut dengan ketenangan dan keindahan yang memikat.

Pantai Malalayang

Pantai Malalayang menjadi tempat yang sering dikunjungi warga Manado untuk berlibur. Hal ini dikarenakan aksesnya cukup mudah dan termasuk dekat dengan Pusat Kota Manado. Dari pusat kota dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor kurang dari setengah jam.

Pantai ini dipenuhi dengan bebatuan berwarna hitam. Di pantai Malalayang, Wovger juga bisa menikmati mandi dipantai sembari menikmati pemandangan pulau Manado Tua dan Pulau Bunaken. Saat sore Wovger bisa menikmati sunset ditemani berbagai kuliner khas Manado. Disini banyak ditemui warung-warung yang berjejer rapi menjajakan berbagai makanan khas Manado.

Danau Tondano

Danau Tondano ternyata seperti danau Toba. Danau ini merupakan danau vulkanik yang dihasilkan dari letusan gunung purba. Danau Tondano menjadi salah satu pilihan tempat destinasi wisata menarik. Suasana di danau begitu sejuk, karena berada di kawasan pegunungan.

Disini Wovger bisa menyewa perahu motor sembari melintasi danau ini dan menikmati pesona keindahannya. Selain itu Wovger juga bisa mencicipi olahan ikan betutu yang adalah ikan khas di danau ini. Banyak juga olahan ikan air tawar yang menjadi menu di deretan warung yang ada di sekitar danau.

Arung Jeram Sawangan

Di Manado memang banyak sekali wisata air. Salah satu tempat wisata yang masih berhubungan dengan air adalah arung jeram Sawangan. Disini Wovger bisa meningkatkan adrenalin bertarung dengan jeram-jeram dan arus yang cukup deras.

Panjang lintasan sungai yang ditempuh kurang lebih 9 km. Perjalanan bisa ditempuh hingga 2 jam. Jangan khawatir, selama di atas perahu karet, Wovger bisa menikmati pemandangan yang memanjakan mata. Rimbunnya pepohonan di tepi sungai menjadi penghias tepian sungai ini.

Pantai Boulevard

Pantai Boulevard Manado

Foto : drwox.com

Pantai Boulevard berada di kawasan bisnis Boulevard, dimana Mall, Toko dan Ruko berjejer di Pantai ini. Sebenarnya Boulevard bukanlah nama asli tempat ini. Nama benar adalah jalan Pierre Tendean, namun kalangan masyarakat lokal Manado lebih dikenal dengan nama Boulevard.

Kawasan ini menjadi sebuah tempat terbaik untuk menikmati ragam kuliner khas Manado. Di Boulevard terdapat banyak sekali cafe, resto, dan tempat-tempat makan dengan sajian utama adalah makanan khas Manado. Boulevard menjadi destinasi favorit bagi para pecinta kuliner. Kawasan ini adalah salah satu spot terbaik wisata kuliner Manado.

Selain wisata kuliner yang memikat, keindahan kawasan ini juga tak kalah mempesonanya. Disini Wovger bisa menikmati sunset yang begitu menawan, yang tentu saja akan sangat susah dilupakan.

Bukit Kasih

Bukit Kasih terletak sekitar 55 km dari kota Manado. Tempat ini merupakan simbol keharmonisan antar umat beragama yang ada di Manado. Disini Wovger harus Menaiki 2.435 anak tangga untuk bisa sampai kepuncak bukit. Tapi tenang saja, capeknya perjalanan tidak akan terasa karena sepanjang perjalanan ke puncak bukit Wovger bisa menikmati pemandangan kawah belerang dan pemandangan lain yang memanjakan mata.

Tak jauh dari pintu masuk, Wovger akan langsung disambut dengan sebuah monumen setinggi 22 meter yang disebut dengan Tugu Toleransi. Monumen ini berbentuk segi lima dengan setiap sisinya terdapat simbol masing-masing agama dengan kutipan ayat dari kitab suci agama tersebut.

Jika naik ke atas, Wovger akan menemui rumah ibadah yang masing-masing dihubungkan dengan anak tangga berliku. Selain Tugu Toleransi, disini juga ada sebuah menara salib berwarna putih dengan tinggi mencapai 53 meter.

Gunung Tumpa

Gunung Tumpa menjadi salah satu tempat wisata alam Manado yang menarik untuk dikunjungi. Gunung Tumpa ini memiliki spot fotografi yang keren banget. Dari puncak sini Wovger bisa mengambil gambar seluruh kota Manado. Panorama matahari terbit dan tenggelam menjadi daya pikat tersendiri dari gunung Tumpa.

Taman Laut Tumbak

Wisata Tumbak memiliki pesona terumbu karang menakjubkan yang tak kalah dengan keindahan Taman Laut Bunaken. Namun, Tumbak masih belum banyak dikenal publik. Ada 20 spot diving dan snorkel di Tumbak yang akan memanjakan kegiatan menyelam atau snorkling kalian.

Pulau Lembeh

Pulau Lembeh adalah tempat lain di Manado yang menjanjikan pesona keindahan bawah laut. Tempat ini menjadi salah satu tempat yang paling dicari para pecinta diving dan snorkling. Di sana, ada sekitar 88 spot penyelaman. Sayangnya pulau ini memang kalah terkenal dibandingkan dengan Bunaken. Tapi keanekaragaman hayatinya tetap sangat memikat, yang menjadikan tempat ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Selain diving dan snorkeling, Wovger juga bisa menjelajah pantai. Disekitar sini juga banyak resor yang bisa menjadi alternatif tempat menginap buat Wovger.

***

Manado memang selalu memesona banyak orang. Bukan hanya turis lokal, tapi juga manca negara. Mungkin spot-spot yang Wovgo sebutkan belum semuanya yang ada di Manado, kalau Wovger ada rekomendasi destinasi menarik lainnya, share di kolom komentar ya.

Kayanya udah ngiler nih pengen kesana. Atau sudah ke sana semua? Buat yang belum, saatnya nabung biar bisa mengunjungi pesona keindahan tempat-tempat wisata di Manado. Memang sekali-sekali kita perlu melakukan perjalanan wisata biar bisa fresh. Kamu bisa mengajak keluarga, pasangan, atau bahkan melakukan solo travelling.

Ditunggu cerita dari kalian setelah melakukan perjalanan kesana ya.

*Tetap jaga kebersihan dan keaslian tempat yang kalian kunjungi.