Paling tidak, sekali seumur hidup kunjungilah tempat-tempat wisata di Balikpapan ini sebelum kamu menyesal!

balikpapan

Bila mendengar kata Balikpapan, apa yang ada di pikiran Wovger? Minyak? Yup! Kota pelabuhan yang terletak di kawasan Kalimantan Timur ini sejak dulu memang terkenal karena sumber daya minyaknya yang kaya. Selain itu, Kota Balikpapan juga disebut-sebut sebagai kota dengan pertumbuhan ekonomi terbaik di Indonesia. Itulah mengapa banyak orang yang menetap di Kota ini.

Adakah yang lebih menarik lagi? Hmmm… tentu saja tempat wisatanya. Balikpapan memiliki berbagai tempat wisata yang tak bisa dianggap remeh. Nuansa alam Balikpapan akan mengajarkan Wovger banyak hal. Mulai dari deretan pantainya sampai luasnya hutan eksotis yang sayang bila Wovger lewatkan. Nah, di bawah ini kami rangkum destinasi wisata Balikpapan yang bisa membantu Wovger saat mengunjungi kota pelabuhan, Balikpapan:

1. Ingin merasakan serunya mengitari pantai dengan andong? Coba cek Pantai Lamaru!

Pantai Lamaru

Pantai Lamaru terletak di Desa Teritip, jaraknya kira-kira 14 km dari Kota Balikpapan. Wovger bisa mengunjunginya dengan jarak tempuh sekitar 30 menit perjalanan. Tiket masuknya sebesar Rp. 10.000/orang. Yang menarik di pantai ini adalah pasir pantainya yang halus dan airnya yang jernih.

Di pantai Lamaru, selain bisa berenang, Wovger juga bisa menjajal permainan flying fox dan banana boat yang menguji andrenalin. Ada juga andong yang disediakan untuk mengitari pantai dengan harga sewa yang terbilang murah. Fasilitas yang ada di Pantai Lamaru terbilang cukup lengkap, mulai dari area parkir, toilet, mushola dan warung makan.

2. Tenangkan diri Wovger diatas pasir putih Pantai Kemala.

Pantai Kemala

Foto : Kaskus

Pantai Kemala bukan cuma jadi tempat wisata favorit warga Balikpapan, tapi juga para pengunjung dari luar daerah.

Pantai Kemala berada di pusat kota, di Jalan Jend. Sudirman, sehingga bisa memudahkan Wovger untuk mengunjunginya, aksesnya pun tak begitu sulit.

Kesan pertama yang akan Wovger rasakan saat berada di pantai ini adalah suasananya yang mirip dengan Pantai Jimbaran, Bali.

Di pantai Kemala, Wovger juga bisa melakukan berbagai kegiatan seperti jetski, flying fox dan juga banana boat.

3. Ingin ganti suasana? Geser sedikit langkah kaki Wovger ke Pantai Melawai.

Letak Pantai Melawai tidak begitu dari Pantai Kemala. Yang menarik adalah, meskipun letaknya tak terlalu jauh, tapi suasana yang ditawarkan sangat berbeda. Bila Pantai Kemala terkesan mewah dengan beberapa restorannya, Pantai Melawi menghadirkan suasana yang lebih merakyat.

Wovger bisa menikmati kuliner dengan harga yang terjangkau. Selain itu, ada banyak penjual makanan di bibir pantai, mulai dari pecel lele, bakso, es kelapa dan lain-lain.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Melawai adalah saat sore hari.

4. Hutan Wanawisata.

Hutan Wanawisata merupakan taman besar yang di dalamnya terdapat berbagai macam tumbuhan pulau Kalimantan yang kabarnya sudah mulai terancam punah. Suasana di sini bisa bikin pikiran adem, karena rindang, dipenuhi oleh pepohonan yang subur dan hijau. Cocok buat wisata keluarga.

5. Bukit Bangkirai.

Bukit Bangkirai terletak di Kec. Samboja, Kab.Kutai Kartanegara. Bukit Bangkirai merupakan hutan hujan tropis yang sampai saat ini masih terjaga keasriannya.

Fasilitas yang ada terbilang lengkap mulai dari restoran, kolam renang, sampai cottage bergaya rumah panggung yang bisa Wovger sewa.

Mengapa disebut Bukit Bangkirai karena di tempat ini banyak sekali pohon bangkirai yang tumbuh secara alami. Bahkan yang menarik ada pohon bangkirai yang selama 150 tahun menjulang gagah dengan tinggi 50 meter dan diameter 2.3 meter.

Ada juga canopy bridge, semacam jembatan yang menghubuungkan lima pohon bangkirai. Jembatan ini merupakan jembatan kanopi pertama yang ada di Indonesia.

6. Jangan langsung pulang, bawalah oleh-oleh khas Balikpapan di Pasar Inpres Kebun Sayur.

Puas mengunjungi Balikpapan, tak lantas membuat Wovger melupakan untuk membawa oleh-oleh. Nah, bila Wovger mencari buah tangan khas Balikpapan, Wovger bisa langsung datang ke Pasar Inpres Kebun Sayur. Pasar ini tak terlalu jauh, hanya memakan waktu satu jam perjalanan dari bandara. Di pasar ini Wovger bisa membeli berbagai macam suvenir khas Kalimantan, mulai dari miniatur rumah adat Dayak, gantungan kunci, gelang dari bambu, hingga mandau.

Ayo ke Balikpapan!