Dengan mengaplikasikan 6 langkah ini, pecayalah, kecerdasan otakmu akan meningkat tajam

Melatih Kecerdasan Otak

Siapa sih yang nggak ingin memiliki otak cerdas, semua orang pasti menginginkannya. Dengan otak yang cerdas, setiap masalah yang ada pasti mampu diselesaikan dengan baik, efektif, dan efisien.

Tapi, untuk memperoleh otak cerdas, memang butuh usaha dan proses yang susah-susah gampang. Nah, berikut ini adalah hal-hal sederhana yang bisa Wovger lakukan untuk melatih otak agar lebih cerdas. Silakan baca sambal duduk manis dulu. Dan, tetap fokus ya..

1. Membaca dan Menulis.

Dengan membaca setiap hari mampu membantu Wovger lebih peka dengan keadaan sekitar, dan juga membantu dalam berbicara mengenai banyak hal  dengan berbagai macam topik yang diminati orang kebanyakan.

Membaca  membantu otak untuk lebih terbuka dan membaca juga menambah wawasan. Disamping membaca, Wovger juga harus mulai melatih otak agar lebih cerdas  dengan terus menulis.

Menulis merupakan aktivitas konkrit yang membuat kamu berpikir, dengan demikian kecerdasan otak pun menjadi meningkat. Membaca dan menulis itu ibarat sepasang sepasang kekasih yang tak bisa dilepaskan, sama-sama saling terikat.

2. Mengonsumsi Makanan yang Sehat.

Mengkonsumsi makanan sehat bukan hanya baik untuk tubuh tapi juga baik untuk kecerdasan otak. Antioksidan, Omega-3, oksigen, vitamin E, dan nutrisi lainnya merupakan makanan yang sangat dibutuhkan otak.

Otak tidak akan berfungsi secara optimal kalau kamu tidak mengkonsumsi makanan-makanan bernutrisi tersebut secara maksimal. Dengan kata lain, salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan otak adalah dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat bagi otak.

3. Selalu Ingin Tahu Dan Berpikir Kreatif.

ingin tahu

Foto : harnas.co

Tumbuhkanlah selalu rasa ingin tahu, dengan hal tersebut, tentunya kamu akan selalu bertanya-tanya, sampai akhirnya terpicu untuk berpikir dan mencaritahu jawabannya.

Dengan tersebut, kamu berpeluang menemukan sesuatu yang baru.

Contohnya para ilmuan-ilmuan terdahulu, tentunya mereka menjadi “seorang penemu” karena berawal dari rasa ingin tahu. Disamping rasa ingin tahu, kamu juga harus berpikir kreatif.

4. Olahraga dan Berpikir positif.

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa olahraga memang baik untuk kesehatan tubuh juga otak. Dengan berolahraga, seluruh tubuh akan bergerak termasuk juga otak.

Olahraga akan membuat oksigen makin terpompa sehingga proses neurogenesis menjadi lebih optimal dan lahirlah sel-sel otak baru. Dengan demikian, jalan untuk meningkatkan kecerdasan pun makin terbuka lebar. Bukan hanya berolahraga, berpikir positif pun mampu meningkatkan kecerdasan. Yang harus Wovger tahu adalah bahwa stress dan rasa was-was ampuh sekali dalam menghacurkan neuoran otak.

Stress menghalangi proses produksi neuron dalam otak. Oleh karena itu, berpikir positif sangat membantu sekali dengan meningkatkan kecerdasan otak. Berolahraga bisa membantu menghilangkan pikiran negatif. Jadi jangan selalu merasa stress ya, Wovger…

5. Mencoba Hal-hal Baru dan Rajin Menebar Kasih Sayang.

Tahukah Wovger? Otak sangat menyenangi hal-hal yang baru, contohnya; ketika kamu mencoba untuk memakan makanan yang sebelumnya  tak pernah kamu makan, melewati jalanan yang sebelumnya tak pernah dilewati, dan hal-hal baru lainnya.

Dengan mengetahui informasi  baru serta pengalaman baru tersebutlah, neuron Wovger akan semakin baik dalam bekerja, tentunya hal tersebut sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan otak.

Bukan hanya mencoba hal-hal baru, ternyata menebar kasih sayang juga mampu meningkatkan kecerdasan otak.

Kok bisa?

Dengan menebar kasih sayang, otak dengan seketika menjadi segar. Berbeda dengan orang yang tengah bermasalah dan malas menebar kasih sayang, orang tersebut pasti mudah panik dan cenderung pemarah.

Dengan otak yang segar, Wovger akan lebih mudah memperoroleh kecerdasan.

6. Fokus pada satu tujuan dan tidurlah yang cukup.

fokus

Foto : ytimg.com

Otak akan mudah lelah jika terus dipaksa berpikir, apalagi jika memikirkan banyak hal. Otak juga memiliki batas lelah, maka sebaiknya fokuslah pada satu hal terlebih dahulu. Jangan terus memaksa otak untuk berpikir mengenai banyak hal.

Otak yang lelah mampu menurunkan kinerja otak, yang tentunya berakibat kecerdasan otak pun menurun.

Belajarlah untuk fokus pada satu hal terlebih dahulu, selesaikan, selanjutnya baru berpikir untuk hal lainnya.

Selain itu, tidurlah yang cukup. Seperti yang tadi sudah disebutkan, otak juga punya titik lelah dan tentunya butuh istirahat.  Saat tidur terjadi regenerasi atau pergantian sel-sel dan memusnahkan  racun-racun yang timbul ketika siang harinya.

***

Nah, nggak sulit kan? Dengan beberapa tips di atas, Wovger akan memiliki otak yang cemerlang, tidak gampang lupa, serta menjadi lebih kreatif. Dengan otak yang cerdas, akan membuatmu lebih baik.

Selamat mencoba.