Kuliah adalah masa mencari ilmu. Namun bukan berarti kamu nggak boleh berbisnis ketika jadi mahasiswa

mahasiswa punya bisnis

Wovger masih kuliah? Pernah gak sih ngalamin krisis uang saku gitu pas kuliah. Ada film baru pengen nonton tapi uang jajan kurang. Pengen ngajak jalan pacar tapi jatah bulanan dari orang tua belum turun. Pasti gak asik banget kan yah. Kalo jadi mahasiswa dan masih ngandelin jatah kiriman dari orang tua kayanya bakalan susah banget dech buat seneng-seneng.

Gimana enggak, uang dari orang tua paling cukup buat bayar kuliah sama keperluan harian. Belum lagi kalo pas tugas numpuk dan harus ngeprint banyak, kadang jatah makan harus dipotong. Pokoknya susah dech.

Nah kalo kamu pengen punya sumber pemasukan selain dari kiriman orang tua, bisa kok dengan nyobain bisnis. Banyak bisnis yang bisa dikerjakan sama mahasiswa. Kenapa bisnis, soalnya kalo bisnis, kita bisa ngatur waktu kerjannya sendiri. Jadi gak terlalu terikat dan gak ganggu jadwal kuliah.

Nah Wovgo mau kasih beberapa rekomendasi bisnis yang bisa Wovger kerjakan sebagai mahasiswa.

1. Bisnis Pulsa Elektronik, Karena Sekarang Semua Orang Butuh Pulsa.

bisnis pulsa mahasiswa

Hampir semua orang pasti butuh pulsa, apalagi di lingkungan mahasiswa dengan segudang aktifitas berkomunikasinya. Nah kamu bisa memanfaatkan hal ini dengan berjualan pulsa untuk teman-teman sesama mahasiswa. Nggak butuh modal banyak kok. Cuma modal hp sama sedikit uang buat deposit pulsa.

Tapi kadang yang jadi masalah saat kamu menggeluti bisnis ini adalah seringnya orang-orang yang beli ini ngutang duluan – biasanya teman-temanmu.

Nah manajemen yang rapi tentu sangat dibutuhkan supaya kamu gak rugi. Kalo sudah tiba waktunya buat deposit ulang pulsa, ya mau gak mau kamu harus berani nagih ke mereka si tukang ngutang.

2. Bisnis Kursus Privat, Berbagi Ilmu Dengan Cara Yang Menyenangkan Dan Menguntungkan.

guru les privat

Foto : www.vancouverobserver.com

Kalo Wovger cukup pede dengan kemampuan atau kecerdasan yang kamu miliki, kamu bisa melakukan bisnis ini, memberikan bimbel prifat untuk anak SMA atau memberikan kursus tertentu seperti kursus komputer atau yang lainnya.

Disini kamu bisa berbagi ilmu dan mengeksplorasi kemampuan yang kamu miliki secara lebih lagi. Bisnis ini cukup menguntungkan karena biasanya mereka yang mau menyewa jasa kursus privat atau bimbel privat akan berani membayar mahal.

3. Bisnis Online Shop, Bermain Internet Sembari Mendapat Penghasilan.

online shop

Kamu pasti susah sangat familiar dengan internet. Mulai dari social media dan hal-hal lain didalamnya – seperti baca artikel di Wovgo ini. Daripada Wovger menggunakan internet cuma buat main-main, kamu bisa memanfaatkannya untuk berbisnis jualan online.

Wovger bisa menjual berbagai macam barang ke orang-orang yang aktif di media sosial. Dalam bisnis online, kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper tinggal pilih. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan dan akan bisa terus dikembangkan.

4. Bisnis Jasa Fotografi, Menghasilkan Uang Dari Sekedar Hobby.

Punya hobby fotografi dan punya camera DSLR standar untuk fotografi? Kenapa tidak menggunakannya untuk sebuah hal yang komersil, daripada cuma buat foto-foto gak jelas.

Kebutuhan foto buat berbagai macam event sekarang semakin banyak. Mulai dari foto wisuda, dokumentasi pernikahan atau pre wedding sedang banyak-banyaknya dibutuhkan. Penghasilan sebagai seorang fotografer bisa terbilang lumayan tinggi bagi seorang mahasiswa.

5. Bisnis Jasa Servis Laptop, Menggunakan Sedikit Ilmu Di Kuliah Untuk Menghasilkan Uang.

jasa servis laptop mahasiswa

Foto : Blackpoolpcrepair.co.uk

Jika kamu adalah mahasiswa IT hal ini sangat cocok untuk dilakukan. Banyak mahasiswa diluar IT yang sering memiliki masalah dengan laptopnya dan tidak mampu memperbaikinya.

Dengan sedikit kemampuan dan ilmu yang Wovger dapat dari perkuliahan bisa kamu manfaatkan untuk kebutuhan bisnis dan ini cukup menghasilkan.

6. Bisnis Jasa Desain Atau Gambar, Bermain-main Dengan Desain Tapi tetap Menghasilan.

jasa desain logo perusahaan

Foto : Jasalogounik.com

Kemampuan desain atau menggambar yang Wovger punya, agaknya sangat sayang jika cuma digunakan untuk kesenangan pribadi. Wovger bisa menghasilakan banyak uang dari situ.

Tak banyak orang yang bisa membuat desain atau membuat sketch gambar manual. Kamu bisa manfaatkan skill ini untuk bisa menghasilkan uang.

7. Bisnis Barang Bekas, Mengolah Kembali Barang Yang Tidak Terpakai Menjadi Bisnis Menjanjikan.

bisnis barang bekas mahasiswa

Foto : YouTube

Kalo Wovger punya tangan yang cukup terampil dalam membuat kerajinan, kamu bisa mencoba membuat kerajinan tangan dengan barang-barang bekas. Yang tentu saja hasil kerajinan ini bisa kamu jual.

Selain mendapatkan benefit secara bisnis, Wovger juga bisa ikut membantu kampanye menjaga lingkungan hidup karena pemanfaatan barang bekas.

Kalo kamu tidak terlalu terampil dalam mengolah barang-barang bekas ini, kamu masih bisa menjalankan bisnis barang bekas ini kok, tinggal mengumpulkan barang-barang bekas dan menjualnya ke pengepul.

Tapi emang agak gak keren sih jika dibanding dengan yang mengolahnya kembali menjadi kerajinan tangan. Tapi setidaknya ini sama-sama halal dan memberi untung lah.

8. Bisnis Cemilan, Bisnis Makanan Ringan Yang Simple Dan Menguntungkan.

Pernah gak sih liat temen-temen atau ngalamin sendiri sehabis pergantian jam kuliah males ke kantin karena jauh, padahal perut udah butuh diganjel.

Nah kondisi ini bisa Wovger manfaatkan dengan membawa snack atau cemilan dan menjualnya ke teman-teman. Hasilnya lumayan pasti tuh.

Kalo kamu pengen untung yang lebih banyak, kamu juga bisa melebarkan market. Kamu bisa beli cemilan terus dikemas sendiri dan dititipin di kantin kampus.

Sedikit agak ribet dan butuh modal sedikit lebih banyak tapi untungnya pasti lebih besar karena ada kesempatan lebih banyak orang yang akan beli.

9. Bisnis Clothing, Kebutuhan Fashion Yang Jadi Ladang Bisnis Empuk.

Fashion bagi mahasiswa sudah jadi sebuah kebutuhan. Berbeda dengan anak sekolah yang masih pake seragam, Mahasiswa saat kuliah memakai pakaian bebas.

Nah tentu saja mahasiswa butuh banyak stok baju buat ganti. Disinilah kesempatan Wovger untuk bisa memenuhi kebutuhan mahasiswa lain ini. Wovger bisa menjual pakaian entah itu kemeja, kaos, jeans dll.

Disini kamu harus mencari supplier yang sudah mempunyai produk yang ready stock, nah kamu tinggal menjualnya ke teman-teman dengan bantuan katalog sehingga kamu tidak terlalu keluar modal banyak.

Jika Wovger cukup kreatif untuk melakukan desain, Wovger bisa membuat desain kaos sendiri. Menjual kaos dengan hasil desain tangan sendiri akan terasa lebih memuaskan tentu saja.

Wovger tinggal melihat kira-kira desain seperti apa yang digemari calon konsumennya. Soalnya terkadang kaos yang dikenakan seseorang itu menginterpretasikan kepribadian orang tersebut, sehingga hal ini akan menjadi sangat  personal.

Kalo Wovger bisa memenuhi celah ini, mungkin kedepan bisnis ini akan semakin berkembang dan kamu akan bisa memiliki brand kaos sendiri.

***

Bagaimana? Apakah Wovger sudah mulai terinspirasi untuk melakukan bisnis sambil berkuliah?

Sangat menyenangkan jika bisa menghasilkan uang sendiri saat menjadi mahasiswa. Kita bisa meringankan beban orang tua dan bisa membeli hal-hal yang kita inginkan tanpa menunggu uang dari orang tua.

Tapi ingat belajar jangan sampai dilupakan. Semua harus seimbang antara kuliah dan bisnis ini.

Selamat berbisnis.