Gunakan masa mudamu, sebelum tiba masa tuamu. Gunakan waktu luangmu, sebelum tiba waktu sibukmu

waktu luang

Hai Wovger, sedang apa sekarang? Sedang menanti kelas berikutnya? Sedang menunggu teman? Sedang menunggu diskon 100% dari online shop?

Apapun itu, pasti Wovger sekarang sedang santai dan menikmati waktu luang. Apa yang akan Wovger lakukan jika banyak waktu luang? Facebook-an? Instagram-an? Path-an? Atau kepoin mant-an?

Alangkah lebih baiknya jika waktu luang Wovger digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat. Apa sajakah aktivitas bermanfaat itu? Wovgo akan memberikan ulasan sedalam-dalamnya.

1. Baca buku, selalu sedia buku kemanapun kamu pergi.

Waktu luang bisa datang kapan saja tanpa diduga-duga. Apalagi jika sedang janjian menunggu seseorang. Wovger bisa tiba-tiba punya waktu luang satu jam sembari menunggu.

Nah, sayang banget kan kalau nggak bawa buku? Satu jam pun terbuang begitu saja. Daripada digunakan untuk bermain game COC di smartphone, lebih baik gunakan untuk membaca buku.

Wovger harus selalu siap sedia paling tidak satu buku kemanapun Wovger pergi. Oh iya, satu lagi, nggak usah malu baca buku di tempat umum. Meskipun orang lain akan berpikir kamu aneh, tapi Wovger nggak melakukan kesalahan kok. Jadi ngapain harus malu?

2. Terus kalau nggak bawa buku? Punya waktu luang? Manfaatkan untuk membersihkan berkas-berkas tidak terpakai di smartphone atau laptop kamu.

Banyaknya aplikasi dan aktivitas kita dengan smartphone membuat benda tersebut semakin lambat. Atau kadang sampai nge-restart sendiri alias hang. Berkas-berkas berupa foto dan video yang terunduh secara otomatis, riwayat browser, dan cache aplikasi menyebabkan kinerja smartphone melambat.

Beberapa aplikasi messenger bahkan tidak meminta izin penggunanya apakah ingin mengunduh otomatis atau tidak. Apalagi kalau Wovger punya banyak aplikasi. Bisa-bisa mendadak lemot dan penuh kapasitas memorinya.

Selain membuat ponsel pintarmu menjadi lebih cepat, memberishkan berkas-berkas ponsel akan membuat jiwamu menjadi lebih fresh.

3. Smartphone udah bersih? Gunakan waktu luang untuk membangun jaringan. Caranya bekrenalanlah dengan orang-orang baru di sekitarmu.

berkenalan dengan orang lain

Daripada menunggu antrian sambil diem ga jelas, mending ajak orang di sebelah Wovger untuk berkenalan.

Kalau bermain smartphone membuat manusia semakin apatis. Meme bilang ponsel membuat manusia semakin tidak peka. Nah, tugas kita semua untuk mematahkan anggapan tersebut. Pengaruh ponsel tergantung pada penggunanya.

Berinteraksilah sebisa mungkin dengan mereka di sekitarmu. Tapi saran ini tidak berlaku buat Wovger yang sedang antri bahan bakar di SPBU ya. Terlalu banyak ngobrol sama motor depan/belakang atau sama petugas SPBU bisa berakibat fatal! Nggak percaya? Coba aja.

4. Siapkan pensil dan catatan, latih otak untuk melakukan brainstorming ide.

Apapun status dan profesi Wovger, brainstorming ide itu penting banget untuk dilakukan. Apa itu brainstorming ide? Brainstorming adalah porses berpikir yang dilakukan otak agar menghasilkan ide yang berguna.

Misalnya, sebagai mahasiwa, Wovger bisa melakukan brainstorming tentang cara belajar efektif. Lakukan proses berpikir mengenai belajar efektif dan bagaimana caranya. Catat ide yang muncul agar tidak menguap dari ingatan.

Wovger harus selalu menyediakan catatan kecil dan pena untuk mencatat ide-ide baru hasil brainstorming.

5. Hubungi keluarga dan teman lama. Kalau bukan saat waktu senggang, kapan lagi?

telepon keluarga

Selain membayar pajak, mengingat keluarga dan teman lama adalah hal wajib yang harus diingat semua warga negara Indonesia. Setinggi apapun profesi Wovger, keduanya tak boleh dilupakan.

Kesibukanlah yang menjadi pemisah antara kita dan mereka.

Sebenarnya kurang tepat jika mengkambinghitamkan kesibukan. Apalagi kini komuniaksi sudah semakin canggih dan mudah. Gunakan waktu 5-10 menit yang berharga ini untuk menanyakan kabar mereka.

Meski belum ada waktu bertatap muka, sempatkan sejenak menghubungi keluarga dan teman lama.

6. Isi waktu luang dengan kegiatan super bermanfaat yaitu baca-baca artikel di Wovgo.

Wovger bingung isi waktu luang? Baca-baca Wovgo aja. Ada banyak artikel di Wovgo yang worth banget buat dibaca. Sembari membaca artikel, Wovger bisa sambil melakukan brainstorming dan mencatat ide-ide pentingnya.

***

Nggak bingung isi waktu luang lagi kan Wovger? Kegiatan-kegiatan di atas super bermanfaat untuk dilakukan. gunakan waktu luangmu sebaik-baiknya sebelum datang waktu sibukmu. Jangan sampai waktu luangmu terlewatkan begitu saja tanpa melakukan hal-hal bermanfaat.