8 destinasi wisata di Pacitan yang membuatmu sadar kalau Kota 1001 Goa itu keren!

pantai klayar

Pacitan merupakan salah satu kabupaten yang berada di Jawa Timur, letaknya kira-kira 270 Km dari  Surabaya. Banyak hal menarik yang bisa Wovger jumpai di Pacitan, apalagi kalau bukan objek wisatanya.

Bagi Wovger yang gemar jalan-jalan dan berpetualang, Kabupaten yang mendapat julukan Kota 1001 Goa ini harus masuk dalam urutan destinasi wisata saat liburan.  Nah, berikut ini deretan wisata di Pacitan yang sudah tak sabar menunggu untuk dikunjungi.

1. Mendengarkan alunan gamelan di Goa Tabuhan.

Goa Tabuhan

Foto : heditia.wordpress.com

Goa yang sarat akan susana magis ini terletak di Tabuhan, Wereng, Pacitan. Nama Goa Tabuhan diambil dari kata tabuh (membunyikan) dan memiliki stalagmit dan stalatit yang begitu eksotis. Di Goa Tabuhan, kamu  bisa menikmati alunan musik gamelan di dalam goa yang dihasilkan oleh stalagmit dan stalatit di goa ini.

BACA JUGA : Ayo nabung! Inilah surga-surga di Manado yang harus kamu kunjungi!

2. Menelusuri dalamnya Goa Gong yang eksotis.

Goa Gong Pacitan

Foto : flikr

Goa yang begitu populer di Pacitan ini berlokasi di Desa Bomo, Pacitan. Diantara goa-goa lainnya, Goa Gong menjadi goa yang memiliki ukuran cukup luas. Ada hal unik yang bisa Wovger jumpai di Goa Gong ini, yaitu adanya sebuah batu yang jika dipukul akan mengelaurkan bebunyian seperti bunyi gong. Menarik sekali bukan? Berkunjung ke tempat ini bisa menjadi pengalaman yang tak bisa di dapat di Kota lain.

3. Menjelajahi panorama alam khas Pacitan di Pantai Klayar.

Pantai Klayar Pacitan

Foto : initempatwisata.com

Pantai yang terletak di Kec. Donorojo, Pacitan ini merupakan pantai pasir putih yang layak sekali di sambangi saat Wovger berkunjung ke Pacitan. Selain hamparan pasir putihnya, di sini Wovger akan dijamu dengan pemandangan yang begitu indah, mulai dari air mancur setinggi 10m, sampai berbagai macam batu karang seperti sphinx, karang bolong, dan seruling laut.

BACA JUGA : Hey pasangan yang baru menikah, masukkan tempat-tempat indah ini dalam daftar destinasi bulan madumu

4. Ingin surfing di Pacitan? Pantai Watu Karung adalah tempat yang tepat untuk melakukannya.

Pantai watu karung Pacitan

Foto : beritadaerah.co.id

Pantai Watu Karung merupakan pantai yang populer dengan ombaknya yang menantang. Bagi Wovger yang gemar dengan olahraga surfing, Pantai Watu Karung ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Di pantai ini, beberapa tahun lalu pernah dijadikan kejuaraan surfing tingkat dunia lho Wovger… keren kan? Berkunjung ke sini, tak akan membuat perjalananmu sia-sia.

Pantai Watu Karung

Foto : detik.com

5. Pantai Srau, pantai tersembunyi di Pacitan.

Pantai Srau Pacitan

Foto : unrevealerror.wordpress.com

Pantai yang terletak 25 km dari Kota Pacitan ini terbagi menjadi 3 bagian dengan karakter yang berbeda-beda. Lokasinya yang tersembunyi membuat akses menuju pantai itu cukup menantang, meski demikian, perjuangan Wovger akan terbayar selepas sampai di tempat tujuan.

BACA JUGA : Paling tidak, sekali seumur hidup kunjungilah tempat-tempat wisata di Balikpapan ini sebelum kamu menyesal!

Oh iya, saran dari Wovgo, untuk berkunjung ke pantai ini sebaiknya cek terlabih dahulu performa kendaraan, sekedar antisipasi saja takutnya kendaraan Wovger mogok ditengah jalan karena dibawa untuk melewati jalanan yang penuh tantangan.

6. Bila datang ke Pacitan bersama keluarga, mungkin Pantai Teleng Ria bisa Wovger kunjungi.

Pantai Teleng Ria Pacitan

Foto : pewartayogya.com

Selain Pantai Klayar, di Pacitan juga ada Pantai Teleng Ria. Pantai yang selalu ramai saat weekend ini hanya memakan waktu perjalanan sekitar 5-15 menit saja dari Pacitan. Ombaknya yang relatif tenang  menjadikan pantai aman untuk dijadikan tempat bermain air maupun  berenang. Hamparan pasirnya dan gulungan ombaknya yang tenang menjadikan pantai ini cocok untuk dijadikan destinasi wisata kelaurga.

BACA JUGA : Jomblo-jomblo kesepian, cobalah berwisata ke kota sejuta bunga: Magelang. Siapa tahu dapet bunga

7. Remajakan kulit di Pemandian Banyu Anget.

Pemandian Banyu Anget Pacitan

Foto : tourpacitan.weebly.com

Pemandian Banyu Anget ini berlokasi kurang lebih 15 Km dari kota Pacitan. Mata air yang bersumber dari air panas Tirto Husodo Pacitan ini memiliki fasilitas 4 kolam renang (2 kolam renang untuk dewasa, 2 kolam renang untuk anak-anak).

Bagi Wovger yang sedang diserang pegal-pegal, pemanduan banyu anget ini adalah pilihannya. Disamping menyenangkan, mandi di tempat ini juga bisa meremajakan kulit lho Wovger…

BACA JUGA : Saat stress melanda, dijamin hilang setelah berkunjung ke 8 tempat wisata di kota Malang ini

8. Sungai Maron, surga alamnya Pacitan.

Sungai Maron Pacitan

Foto : www.initempatwisata.com

Sungai yang memiliki julukan Green Canyon-nya Pacitan ini terletak di Ds. Maron, Pacitan. Pesonanya yang menawan menjadikan sungai ini begitu disukai warga Pacitan maupun asing. Di sini, Wovger bisa menaiki perahu untuk berkeliling sungai sepanjang 4,5.  Keeksotisan tempat ini sangat sayang sekali bila dilewati. So, sungai Maron ini harus Wovger kunjungi ya…

BACA JUGA : Jawa Tengah emang punya banyak tempat wisata keren. Tapi jangan melewatkan pengalaman berwisata ke Cilacap

***

Bagaimana, apakah Wovger mulai tertarik untuk mengeksplorasi wisata-wisata indah yang ada di Kota 1001 Goa tersebut? Ayo segera ambil ranselmu, ajak keluara, sahabat, atau teman untuk jalan-jalan ke Pacitan.

Oh iya, masih ada banyak destinasi wisata yang tersembunyi dan belum banyak di jamah yang terdapat di Pacitan. Jika Wovger ada yang tahu dan mau memberikan rekomendasi, silakan share di kolom komentar ya.

Ingat, selalu jaga kebersihan dan keaslian tempat yang kalian kunjungi.