Ladies, apakah kamu termasuk pengguna make up berlebihan? Singgah sebentar yuk di artikel yang akan mengubah kehidupanmu ini

cewek pake make up

Kebutuhan primer manusia ada tiga macam: papan, sandang, pangan. Papan mewakili kebutuhan tempat tinggal. Sandang mewakili kebutuhan pakaian. Pangan mewakili kebutuhan makanan.

Seiring dengan berkembangnya misi penjelajahan NASA ke Mars dan Pluto, pengertian istilah ‘sandang’ juga semakin meluas. Terutama bagi kaum hawa.

Sandang tak lagi sebatas pakaian, tapi juga fashion. Di dalam fashion juga termasuk make up. Ya, make up sudah bermetamorfosis menjadi kebutuhan primer bagi kaum hawa, hampir di seluruh jagat raya.

BACA JUGA : Dari 17 style ini, manakah yang paling cocok dan sesuai dengan karaktermu?

Agar tak menjadi semakin primer, sudah saatnya ladies mengembalikan kedudukan make up bukan lagi sebagai kebutuhan primer, tapi sebagai kebutuhan tersier. Mengapa demikian? Inilah dia alasannya:

1. Tahukah kamu ladies? Make up itu aslinya menurunkan rasa percaya diri.

cewek pemalu

Make up menurunkan rasa percaya diri? Kok bisa? Bukannya malah nambah rasa percaya diri ya?

Iya, rasa percaya diri akan meningkat setelah menggunakan make up. Tapi tanpa make up? Emang bisa tetep percaya diri?

BACA JUGA : Ikuti 6 tips berikut ini untuk membunuh rasa minder dan menghidupkan percaya dirimu

Udah deh, akui aja. Tapi menurut Wovgo, kayaknya sih enggak.

Make up digunakan untuk menutupi kekurangan fisik kita. Tanpa di sadari, make up menutupi inner beauty yang sesungguhnya.

Salah satu sumber kecantikan utama adalah percaya diri. Agar aura kecantikan benar-benar terpancar, syarat pertama haruslah percaya diri. Percaya diri tanpa menggunakan make up dan yakin bahwa kecantikan terbesar berasal dari diri sendiri.

2. Kalau dibeli semua, bukan lagi boros, sudah pasti jebol kantong itu namanya!

harga make up mahal

Minggu lalu sedang musim meme “Kenapa cewek harus kerja keras? Karena cowok nggak tahu bedanya lipstick 15 ribu sama lipstick 150 ribu,” atau semacamnya.

Meme itu bener banget. Kalau dibeli semuanya, harga make up tergolong sangat mahal loh. Satu lipstick aja harganya bisa mencapai 50 ribu. Dan biasanya, cewek cenderung punya lipstick lebih dari satu!

BACA JUGA : Kamu boleh mengabaikan cintaku, tapi perhatikan pengeluaranmu

Itu baru lipstick! Belum alat make up lainnya! Nih ya, Wovgo coba sebutkan satu per satu. Untuk mata ada pensil alis, eye liner, maskara, bulu mata palsu, dan eye shadow. Untuk wajah ada pelembab, pembersih, krim pagi, krim malam, krim sore, krim siang, foundation, bedak, dan blush on. Untuk bibir ada lipbalm, lipgloss, hydrogloss, dan lipstick.

DAN NGGAK CUMA ITU! Make up di atas yang cukup banyak ternyata masih bercabang lagi. Ada jutaan warna bedak dan lipstick yang memusingkan kepala. Dan mustahil bagi wanita kalau cuma punya satu bedak dan satu lipstick!

Belum lagi alat-alatnya ada kapas, rautan pensil, silet, sisir alis, pemotong maskara, kuas blush on, kuas eye shadow, kuas lipstick, penjepit bulu mata, duhh banyak deh.

Jebol sudah kantong awak kalau dibeli semua.

3. Selain membuat kantong bolong, menggunakan banyak make up juga menyita banyak waktu.

Wanita sangat terkenal dengan proses berdandannya yang lama banget. Cuma pakai bedak dan lipstick aja, kelarnya bisa pas Presiden selanjutnya dilantik.

Apalagi kalau semua alat make up di atas digunakan, duh, kapan selesainya itu?!

Bisa-bisa, bersamaan dengan lebaran kucing!

BACA JUGA : Girls, jurus make up kurang dari 10 menit ini cocok buat kamu yang super sibuk

Daripada waktu berjam-jam habis untuk memakai make up, memilih lipstick, memilih bedak, memilih ketika membeli keduanya, atau memilih pasangan, lebih baik gunakan untuk hal yang lebih bermanfaat deh. Kayak jualan make up di toko online, misalnya.

Kamu jadi bisa bereksperimen sambil dapat uang, kan?

4. Ketergantungan pada make up berarti berbohong pada diri sendiri. Sebenarnya kita sadar, apa yang terlihat di depan cermin bukanlah yang sebenarnya.

makeup no makeup

Fungsi make up pada awalnya untuk memperindah dan memoles wajah. Bukan untuk merubah keseluruhan tampilan wajah.

BACA JUGA : Ini dia tips merawat wajah secara alami agar terlihat awet muda

Kecanggihan teknologi ternyata sudah menjalar pada kecanggihan make up. Seseorang bisa terlihat sangat-sangat berbeda hanya dengan membubuhkan make up di wajahya.

Namun aslinya, hati kecil berkata lain ketika memandang wajah di cermin yang tampak cantik. Tak ada kata terlambat untuk mengurangi penggunaan make up. Kurangi dari sekarang dan stop berbohong pada diri sendiri.

5. Rasanya tidak adil bagi pria jika wanita tidak menyajikan yang sebenarnya.

Tidak adil? Apa ini maksudnya tidak adil?

Iya, tidak adil.

Pria menampilkan pesona wajah yang apa adanya. Tanpa bedak, tanpa lipstick, tanpa blush on, tanpa pensil alis, tanpa maskara, tanpa eye shadow.

Sebaliknya, wanita justru menutupi semua pesona yang ada pada wajahnya.

BACA JUGA : Ladies, buat pasanganmu semakin jatuh hati dengan 5 gaya busana berikut ini

Biarkan semuanya sama-sama tahu keunikan wajah masing-masing dengan segala tekstur halus-kasarnya.

Salah satu keuntungan tidak menggunakan make up berlebihan adalah mampu menemukan calon pendamping yang sebenarnya, yang rela menerima apa adanya.

Sampai di sini, Wovgo berharap tak ada ladies yang kecanduan make up. Jikapun ada, masih belum terlambat untuk menguranginya.

Siap memulai hari baru dengan make up minimalis atau bahkan no make up?

Yuk, mulai dicoba.