Mantan boleh kamu acuhkan. Tapi melewatkan tempat wisata di Probolinggo? Jangaaaaan

bromo Sumber Foto : chairankata.blogspot.co.id

Probolinggo, merupakan sebuah daerah di Jawa Timur yang mempunyai banyak sekali tempat wisata dengan pemandangan yang sangat indah. Wilayah Probolinggo dikelilingi oleh beberapa gunung antara lain Gunung Argopuro, Gunung Semeru dan Pegunungan Tengger.

Probolinggo juga punya garis pantai dibagian utara yang juga berbatasan langsung dengan Selat Madura. Maka dari itu Probolinggo mempunyai wisata gunung dan pantai yang menawan.

BACA JUGA :

Sebuah kewajiban bagi Wovger untuk merencanakan liburan kesini – mumpung lagi weekend. Ada banyak spot wisata alam yang bisa Wovger kunjungi.

Dan berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata di Probolinggo sebagai panduan Wovger untuk merencanakan liburan di akhir pekan ini.

1. Gunung Bromo, Mempesona Dengan Lautan Pasir Dan Keindahan Pemandangannya.

Gunung Bromo

Foto : www.triptrus.com

Siapa sih yang tidak kenal dengan gunung ini. Gunung Bromo sudah mempesona banyak turis, baik itu lokal maupun mancanegara. Gunung ini bahkan menjadi gunung yang paling terkenal di Jawa Timur, dengan kunjungan yang paling ramai setiap tahunnya.

Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.392 Mdpl dan berada di empat kabupaten, yaitu Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Kabupaten Malang.

BACA JUGA : Ayo nabung! Inilah surga-surga di Manado yang harus kamu kunjungi!

Keadaan alam gunung Bromo sangatlah indah. Gunung ini bertautan dengan lembah, ngarai, lautan pasir dengan luas sekitar 10 Km. Sungguh sangat mempesona setiap pengunjung yang mendatangi tempat ini.

Selain keindahan alamnya, Bromo juga mampu menarik banyak pengunjung dengan Yadna Kasada atau Upacara Kasodo. Upacara Kasodo digelar setiap tahun saat bulan purnama di bulan Desember atau Januari. Upacara Kasodo ini delakukan dengan melemparkan hasil bumi ke dalam kawah Bromo sebagai ucapan syukur atas panen yang diterima dan sebagai permohonan untuk panen yang lebih melimpah di musim selanjutnya.

2. Gunung Argopuro, Memberikan Pesona Keindahan Khas Puncak Gunung Dan Peninggalan Purbakalanya.

Gunung Argopuro Probolinggo [2]

Foto : tigatitik.wordpress.com

Keadaan geografis Kabupaten Probolinggo memang menjanjikan keindahan khas alam pegunungan karena adanya berbagai gunung yang mengapit kabupaten ini. Gunung Argopuro adalah salah satunya. Gunung Argopuro ini adalah bagian dari pegunungan Hyang, memiliki ketinggian 3.088 Mdpl dan merupakan bekas gunung berapi aktif.

 

BACA JUGA : Hey pasangan yang baru menikah, masukkan tempat-tempat indah ini dalam daftar destinasi bulan madumu

Gunung Argopuro mempunyai beberapa puncak, salah satu puncak yang menjadi tujuan pendaki adalah puncak Rengganis. Di Puncak Rengganis inilah Wovger akan menemukan situs peninggalan zaman purbakala yaitu teras berundak yang terdiri 3 komplek area dengan 5 bekas bangunan yang terdapat di dalamanya.

3. Ranu Segaran, Danau Dengan Keindahan Alam Yang Masih Alami.

ranu segaran

Foto : Chairankata.blogspot.co.id

Ranu atau Danau segaran menjadi salah satu tempat wisata di probolinggo yang wajib Wovger kunjungi. Ranu Segaran ini memiliki keindahan alam yang benar-benar masih sangat asri dan alami. Apalagi Air danaunya yang masih sangat jernih. Menunjukan bahwa alam disekitar Ranu Segaran begitu terawat keasriannya.

BACA JUGA : Paling tidak, sekali seumur hidup kunjungilah tempat-tempat wisata di Balikpapan ini sebelum kamu menyesal!

Ranu segaran berasal dari aktivitas gunung berapi. Untuk menuju kesini Wovger hanya butuh 30 menit dari pusat Probolinggo. Disepanjang jalan Wovger akan disuguhi rindangnya pohon dan pemandangan rentetan pegunungan yang menakjubkan.

4. Air Panas Desa Tiris, Yang Menyatukan Tubuh Langsung Dengan Alam.

Air Panas Desa Tiris

Foto : klikhotel.com

Tempat ini berada di lokasi yang sama dengan Ranu Segaran hanya sekitar 200 meter dari Ranu Segaran. Wisata Air Panas Desa Tiris ini masih sangat alami.

BACA JUGA : Jomblo-jomblo kesepian, cobalah berwisata ke kota sejuta bunga: Magelang. Siapa tahu dapet bunga

Pemandian air panas ini seolah-olah membawa Wovger benar-benar menyatu dengan alam. Pemandian ini berbatasan langsung dengan sungai dan hanya dibatasi dengan tembok pemisah yang sederhana. Sangat menyenangkan setelah capek berkeliling kemudian berendam disini sambil menikmati luar biasanya keasrian alam disekitarnya.

5. Air Terjun Madakaripura, Mempesona Dengan Tebing-Tebing Yang Mengelilinginya.

Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Foto : www.bromotourpaket.com

Air terjun Madakaripura berada di Kecamatan Lumbang. Air terjun ini masih termasuk di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun Madakaripura ini berbentuk sangat unik. Air terjun ini dikelilingi tebing. Berbentuk ceruk dengan perbukitan yang mengelilinginya, pada seluruh bidang tebingnya meneteskan air.

Keunikan tempat ini yang menjadikannya sangat wajib dikunjungi oleh Wovger.

6. Arung Jeram Sungai Pekalen, Menantang Adrenalin Dengan Jeram-Jeram Menakjubkan.

Arung Jeram Sungai Pekalen Probolinggo

Foto : jakartabromotour.com

Sungai ini terkenal memiliki jeram yang sangat menantang dan pemandangan sekitar yang sangat indah. Jeram  di sungai ini sangat menantang dengan belokannya yang bertebing dan juga batu-batu yang lumayan besar.

BACA JUGA : Saat stress melanda, dijamin hilang setelah berkunjung ke 8 tempat wisata di kota Malang ini

Lokasi untuk rafting disungai ini memanjang sejauh 29 km dan terbagi menjadi tiga zona yaitu sungai Pekalen Atas sejauh 12 km, sungai Pekalen Tengah sejauh 7 km, dan sungai Pekalen Bawah sejauh 10 km. Setiap masing-masing zona memiliki keistimewaan tersendiri. Di Pekalen Bawah mempunyai 32 jeram yang menantang, sementara Pekalen Atas memiliki 10 air terjun yang menguras adrenalin. Disini juga ada goa-goa kelelawar dan satwa liar di sepanjang perjalanan.

Jika Wovger adalah penggemar olahraga ekstrim yang ingin menantang adrenalin, sangat wajib mengunjungi tempat ini.

7. Pantai Bentar, Pesona Laut Dengan Penampakan Hiu Tutul.

Pantai Bentar Probolinggo

Foto : wikimedia.org

Pantai ini termasuk pantai yang popular di Probolinggo. Pemandangan dipantai ini sangat indah dengan dermaga yang panjang kearah tengah laut yang aman untuk Wovger susuri untuk menikmati pesona lautnya.

BACA JUGA : Jawa Tengah emang punya banyak tempat wisata keren. Tapi jangan melewatkan pengalaman berwisata ke Cilacap

Uniknya lagi, jika Wovger mengunjungi pantai ini dibulan Januari sampai dengan Maret, Wovger bisa menjumpai hiu tutul yang menampakkan diri. Konon si hiu sedang bermigrasi dari Laut Australia karena kalender cuaca.

Oia kabarnya juga di pantai ini akan di bangun hotel terapung dengan fasilitas wisata seperti swimming pool, play ground, water sport, sea aquarium, fish pond, dan hutan bakau (mangroves forest). Jika benar, tempat ini akan semakin wajib dikunjungi oleh Wovger.

8. Gili Ketapang, Pulau Yang Menampilkan Pesona Selat Madura.

Gili Ketapang Probolinggo

Foto : intaninchan.wordpress.com

Pulau Gili Ketapang berada di Selat Madura, jaraknya delapan kilometer dari bibir pantai Probolinggo, dan dihuni oleh mayoritas Suku Madura. Gili Ketapang mempunyai luas 68 hektar, dan bisa diakses melalui Pelabuhan Tanjung Tembaga.

BACA JUGA : Nggak cuma debus yang bisa bikin kamu tercengang. Banten juga memiliki beragam tempat wisata yang luar biasa

Disini Wovger bisa menikmati keindahan Gili Ketapang sembari snorkeling, menikmati indahnya bawah laut disini dengan terumbu karang yang cantik.

9. Candi Jabung, Tampat Berwisata Sekaligus Menapaki Sejarah Majapahit.

Candi Jabung Probolinggo

Foto : panoramio.com

Candi Jabung  merupakan candi bersejarah peninggalan kerajaan Majapahit. Candi Jabung terbuat dari batu merah dan berdiri di sebidang tanah berukuran 35 X 40 M, dengan panjang 13,13 M, lebar 9,60 M dan tinggi 16, 20 M. Aritektur Candi Jabung ini hampir serupa dengan Candi Bahal, Sumatra Utara.

BACA JUGA : 8 destinasi wisata di Pacitan yang membuatmu sadar kalau Kota 1001 Goa itu keren!

***

Sepertinya sudah saatnya Wovger memasukan Probolinggo sebagai tujuan traveling. Ada berbagai keindahan yang patut untuk Wovger nikmati di Probolinggo ini. Ayo segera rencanakan perjalanan kesini. Jika Wovger punya tempat-tempat lain yang layak untuk dikunjungi, bisa menambahkan dikolom komentar ya.