Wanita-wanita Indonesia dan kesuksesan bisnisnya

Hanifa Ambadar

Hei para wanita yang menanti jodoh atau menanti kerjaan yang nggak kunjung tiba, jangan berpangku tangan. Hargai diri kamu dengan hal-hal yang lebih menantang, yakni dengan jalan berbisnis.

Sembari menunggu jodoh, kamu bisa berbisnis agar hidupmu lebih berguna. Karena dengan berbisnis, seseorang mampu memiliki manajemen diri. Nah, ini juga bisa jadi bekal kamu untuk persiapan mengatur rumah tangga kelak loh.

Nggak usah takut gagal, karena wanita-wanita di bawah ini juga pernah gagal kok. Tapi mereka terus berjuang hingga akhirnya sukses.

Siapa aja mereka?

Yuk, kenali satu per satu beserta dengan kesuksesan bisnisnya:

Aulia Halimatussadiah.

Aulia Halimatussadiah

Wanita ini nggak cuma berbisnis di bidang kuliner atau elektronik aja. Buat kamu yang hobi baca buku, pasti akrab dengan nama Aulia Halimatussadiah.

Kecuali kalau buku yang sering kamu baca adalah, buku nikah.

Lanjut…

Wanita yang gemar disapa ‘Ollie’ ini, merupakan pendiri dari Nulisbuku.com. Self-publishing online pertama di Indonesia. Kini bisnisnya sudah mencapai keberhasilan yang istimewa.

Selain mampu menerbitkan 27 buku, penghargaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI sebagai Kartini Next Generation serta Inpiring Woman pada ICT 2013 telah disandangnya.

Berawal dari pahitnya penolakan oleh penerbit buku major, Ollie justru membuka bisnis sendiri yang lebih kreatif dan membawanya menjadi salah satu wanita dengan bisnis yang sukses.

Diajeng Lestari.

Diajeng Lestari

Foto : mashable.com

Indonesia adalah pasar yang seksi untuk penjual aksesoris dan fashion muslimah, mengingat negara ini memiliki populasi muslim yang cukup besar. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh Diajeng Lestari untuk mendirikan HijUP pada tahun 2011.

Alumnus FISIP UI sekaligus istri dari CEO Bukalapak ini fokus pada e-commerce business to co costumer yang menawarkan produk fashion muslim lokal dengan pilihan yang beraneka ragam.

Saat ini, HijUP memiliki pageviews lebih dari 1,6 juta di setiap bulannya dan telah menggandeng setidaknya 100 desainer muslim lokal, seperti Dian Pelangi dan Ria Miranda.

Nadia Mutia Rahma.

Nadia Mutia Rahma

Memang, hampir semua wanita suka shopping. Termasuk Nadia Mutia Rahma. Selain shopping, wanita yang satu ini juga hobi mendesain sedari kecil.

Berawal dari kesukaannya inilah yang kemudian berubah menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan. Wanita kelahiran 1989 ini memiliki bisnis sepatu kayu yang diberi nama Kloom Clogs.

Ide kreatif ini membawa kesuksesan besar selama hidupnya. Meskipun kesuksesan itu tak selalu dibarengi dengan kelancaran. Modal usaha yang dulunya didapatkan dari bekerja part time selama di Jepang tak membuat nyali Nadia ciut. Justru hal tersebut ia jadikan batu loncatan besar untuk mendalami bisnisnya.

Hal ini bisa menjadi pelajaran penting bagi pebisnis muda seperti kamu juga loh. Yuk, manfaatkan hal kecil disekitar kita untuk dijadikan batu loncatan menuju gerbang kesuksesan.

Dian pelangi.

Dian pelangi

Siapa sih yang nggak kenal sama sosok Srikandi Indonesia ini?

Dian Pelangi, dengan sejuta kesuksesannya di bidang fashion muslimah telah menarik mata dunia. Ia cantik, muda, inovatif dan berprestasi. Komplit lah pokoknya.

Selain memiliki 14 butik di seluruh Indonesia, Dian juga aktif dalam Jakarta Fashion Week dan pernah memamerkan karyanya di New York Couture Fashion Week. Nggak puas sampai di situ aja, pencapaian terbesarnya adalah ketika desain busananya merambah hingga mancanegara.

Dian selalu rutin menggelar peragaan busana di Negara-negara pemerhati fashion seperti di Yordania, Inggris, Jerman, Belanda, Prancis, Australia, Mesir, Dubai dan Kuwait.

Kesuksesannya ini bukan tanpa jerih payah. Dian dulu kerap mengalami hambatan yang untungnya sedikitpun tak membuat dia jatuh. Ketelatenan Dian dalam mendesain, hingga melakukan promosi, mampu ia atasi sendiri. Itu bukan halangan besar baginya, hingga pada akhirnya membuahkan hasil seperti sekarang.

Eh, tahu nggak sih kamu, baru-baru ini Dian Pelangi berhasil masuk ke dalam daftar 500 pelaku mode paling berpengaruh di dunia lho, keren khaann..

Grace Tahir.

Grace Tahir

Nggak kalah sama Dian Pelangi nih, wanita sukses berikutnya ialah Grace Tahir. Ia adalah seorang direktur rumah Sakit Mayapada yang mendirikan situs tentang dokter dan pasien, dokter.id. Situs ini menjadi wadah untuk menghubungkan pasien-pasien atau masyarakat dengan para dokter berkualitas.

Karyanya ini, selain menjadikan Grace sebagai salah satu pebisnis yang sukses, juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat yang kurang memahami makna kesehatan. Jadi kamu bisa meminta solusi atas masalah kesehatan kamu melalui dokter-dokter berkualitas secara online.

Hanifa Ambadar.

Hanifa Ambadar

Menemui wanita yang hobi menulis mungkin sudah biasa. Namun yang tidak biasa adalah ketika bertemu sosok pemegang prinsip melakukan sesuatu berdasarkan hal yang disukai – tidak tahu kapan akan berhenti dan mendapat banyak keuntungan dari kesukaannya itu.

Berawal sebagai seorang blogger sejak 1999, Hanifa Ambadar menjelma menjadi pebisnis di ranah maya yang sukses. Adalah Female Daily Network (FDN), jaringan media digital dan komunitas khusus tentang perempuan yang dibesutnya bersama Affi Assegaf. Dan saat ini FDN merupakan salah satu komunitas perempuan online terbesar di Indonesia.

Merry Riana.

merry riana

Pasti Wovger udah mengenal sosok yang satu ini dong. Atau mungkin malah udah ada yang nonton filmnya?

Nggak perlu panjang lebar deh kalau gitu.

Merry Riana merupakan contoh wanita sukses yang membangun karirnya mulai dari bawah banget.

Dari yang nyebar-nyebar brosur, menawarkan produk asuransi, hingga mainan saham sampai rugi besar. Sakarang, apa yang terjadi? Dia yang kenyang dengan segala penolakan dan kegagalan kini mampu membuktikan dirinya menjadi seorang milyader.

Dari usahanya, dia menjadi agen terbaik di perusahaan. Kemudian diangkat menjadi manager, dan sekarang dia menjadi motivator serta dikenal sebagai pengusaha sukses.

Nabilah Alsagoff.

Nabilah Alsagoff

Adalah pendiri dan chief operating officer dari Doku, sebuah perusahaan pembayaran online di Indonesia.

Nabilah Alsagoff mendapat ide startup ini setelah bekerja pada sebuah website pariwisata untuk membantu Bali pulih dari serangan teroris pada tahun 2002. Pelayanan pembayaran di website tersebut dilakukan oleh salah satu perusahaan Malaysia. Sehingga Alsagoff mencetuskan konsep serupa untuk Indonesia.

Doku membantu penggunanya untuk berbagai pembayaran secara online yang bisa dipakai pada mobile. Perusahaan ini bekerja sama dengan brand besar seperti AirAsia dan Sinar Mas Land.

Kamu yang cewek-cewek, yuk sukses seperti mereka melalui bidang kamu masing-masing.