Rambut rontok lalu beranjak botak? Jangan sampai lah. Coba cara ini untuk mengatasinya

rambut rontok

Meskipun nggak punya fungsi yang sangat penting kayak jantung dan paru-paru, rambut ternyata bisa menduduki posisi yang sangat penting bagi kehidupan manusia loh. Ini karena posisinya yang terletak di bagian luar tubuh manusia. Tepat di atas wajah. Coba kalau di depan wajah. Wah, ketutup semua itu mukanya.

Keberadaan rambut itu ternyata ikut mempengaruhi bentuk wajah seseorang. Itulah mengapa posisi rambut sangat vital bagi manusia. Saking vitalnya, rontok satu helai aja berasa kalau sebentar lagi botak.

Kamu sering mengalami rambut rontok? Seberapa sering? Kalau Wovger hobi mengoleksi rambut rontok, Wovgo punya tips ampuh untuk mengatasinya nih:

 1. Gunakan hair tonic untuk perawatan rambut paling praktis.

hair tonic

Perawatan untuk mengatasi rambut rontok paling mudah adalah dengan menggunakan hair tonic. Cara menggunakannya gampang banget. Tinggal olesin ke akar rambut secara rutin dan tunggu hasilnya.

Buat kamu yang nggak suka ribet, lebih memilih sesuatu yang praktis serta nggak masalah dengan penggunaan bahan kimia, maka hair tonic ini cocok kamu gunakan.

Dalam hair tonic, hampir semua gizi yang dibutuhkan rambut terkandung di dalamnya. Kamu bisa menyesuaikan hair tonic mana yang cocok untuk rambutmu. Kelemahan cara ini ialah menggunakan bahan kimia dan nggak semua orang cocok dengan hair tonic.

2. Jangan sisir saat basah atau rambutmu akan semakin rontok.

jangan menyisir rambut basah

Foto : www.rancahpost.co.id

Kebiasaan satu ini tampaknya sukar dihindari. Apalagi bagi kita yang punya intensitas kesibukan yang cukup tinggi. Hampir mustahil rasanya, nunggu rambut kering baru memakai sisir.

Ditambah lagi, keadaan rambut kering dan rambut basah cukup berbeda. Saat rambut basah, kemungkinan rontoknya lebih besar dibandingkan rambut kering.

Mengapa rambut basah rontoknya jadi lebih banyak? Karena ketika keramas, akar rambut terkena bahan-bahan kimia sehingga membuatnya rapuh.

Kerapuhan itu masih ditambah lagi sentuhan tangan kita ketika meratakan shampo ke kepala. Nah, ketika rambut di sisir, akarnya udah nggak sanggup menahan karena saking rapuhnya.

Solusinya, jika kamu buru-buru, jangan gunakan shampo terlalu banyak dan pijat kepala dengan lembut.

3. Biarkan rambut kering alami, jangan paksa ia untuk mengering.

jangan menggunakan hair dryer

Foto : nisrina.co.id

Kalau kamu terbiasa menggunakan pengering rambut atau hair dryer, kurangi kebiasaan itu mulai dari sekarang.

Hair dryer emang bikin rambutmu kering lebih cepet, tapi ia juga akan bikin rambutmu rontok semakin cepat.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, rambut basah rontok karena efek shampo yang digunakan. Apalagi jika disisir dan dikeringkan secara paksa.

Bahkan mengeringkan handuk dengan rambut dengan cara digosok-gosok pun tidak dianjurkan demi menjaga akar-akar rambut.

4. Gunakan madu dan lidah buaya. Campurkan keduanya agar rambutmu semakin kuat.

lidah buaya

Foto : Keepo

Lidah buaya dan madu sering banget disebutkan dalam berbagai tips kesehatan. Mulai dari memutihkan kulit, mengencangkan wajah, menguatkan rambut, dan lain sebagainya.

Enzim, berbagai mineral dan vitamin, asam amino dan polisakarida bisa dijumpai di lidah buaya. Sedangkan madu mengandung protein, kalsium dan banyak vitamin. Jika keduanya dicampurkan, semua gizi rambut akan terpenuhi.

Cara penggunaanya: potong lidah buaya, pisahkan antara getah dan kulit. Gunakan cairan mirip gel dari hasil pemotongan. Tambahkan madu secukupnya. Oleskan secara merata di kulit kepala. Tunggu selama 20 menit. Lalu bilas dengan sampo.

5. Tidak hanya untuk kecantikan wajah, minyak zaitun juga cocok untuk mengatasi rambut rontok.

minyak zaitun

Foto : disehat.com

Minyak yang satu ini nggak perlu diragukan manfaatnya. Banyak banget kalau harus disebutkan satu per satu. Bisa sih kelar, tapi mungkin sampai Raisa berubah jadi Isyana.

Cara pemakaiannya pun cukup gampang. Oleskan minyak ini ke rambut sebelum tidur. Terutama ke akar dan kulit kepala. Paginya, bilas dengan sampo.

Untuk penggunaan terbaik, gunakan tiga sampai empat kali seminggu. Bukan tiga sampai empat kali dalam setahun. Keburu gembel nanti. Oh ya, dan jangan gunakan tiap hari juga, karena nggak baik buat rambut kalau sering-sering keramas pakai sampo.

***

Yuk, praktikkan tips-tips di atas. Beberapa tips di atas memang membutuhkan waktu yang lebih banyak. Tapi perjuangan yang kamu kerahkan kalau mempraktikkan tips-tips di atas, akan cukup sepadan untuk menghasilkan rambut yang bagus sih.

Apalgi biasanya perawatan rambut rontok itu nggak hanya membuat rambut jadi kuat. Sebagai bonus, kamu bisa memiliki rambut yang lebih berkilau, lebih rapi, lebih halus, dan lebih mudah diatur.

Selamat mencoba!