Banyuwangi, ujung timur Pulau Jawa yang menyimpan segudang surga

pulau merah

Tak terelak, Indonesia adalah negeri dengan banyak pesona yang nggak ada habis-habisnya. Dari sekian banyak potensi wisata seperti Bandung, Jogja, Aceh, dan Bali, kali ini Wovgo bakal ngajak kamu mengintip apa aja destinasi wisata di Banyuwangi, Jawa Timur.

Meski belum setenar kota-kota besar, Banyuwangi menyimpan surga yang nggak kalah memesona dengan tempat lainnya loh. Penasaran dengan berbagai tempat wisata yang ada di Banyuwangi?

Yuk, kita bahas satu satu.

1. Ingin lihat tarian api biru? Wovger bisa ke Kawah Ijen.

kawah ijen banyuwangi

Foto : telusurindonesia.com

Banyak pelancong yang datang jauh-jauh ke Banyuwangi hanya untuk melihat eksotisnya Kawah Ijen. Ya, alasan yang paling masuk akal adalah, mereka ingin melihat dengan mata kepala sendiri keindahan dari fenomena api biru yang hanya satu-satunya di dunia.

wisata kawah ijen banyuwangi

Foto : thependi.blogspot.com

Bila ingin melihatnya, kamu harus udah ada di Kawah Ijen saat dini hari. Dan ketika pagi menjelang, pemandangan seketika akan berubah jadi sunrise yang memukau.

2. Pantai Sukamade. Tempat di mana Wovger bisa melihat lucunya penyu-penyu laut.

Pantai Sukamade banyuwangi

Foto : www.triptrus.com

Nggak cuma Komeng doang yang bisa lucu. Tapi penyu-penyu laut juga bisa. Namun sayang, mereka malah nggak ikutan audisi Stand Up Comedy Indonesia. Padahal, mereka penyu-penyu itu lucu loh.

Lanjut…

Pantai Sukamade merupakan bagian dari Taman Nasional Meru Betiri. Yang istimewa, pantai ini menjadi salah satu titik dari megahnya Segitiga Berlian di Banyuwangi.

Selain itu, Pantai Sukamade menjadi zona pemanfaatan intensif bagi telur penyu dan pelepasan tukik. Saat malam hari, Wovger bisa melihat banyak penyu-penyu imut nan lucu menghampiri bibir pantai untuk bertelur. Keren kan?

Memang, melihat penyu bertelur selalu lebih menarik ketimbang melihat manusia bertelur.

3. Banyuwangi punya pulau Hawaii loh, namanya Pantai Plengkung.

G-Land Pantai Plengkung Banyuwangi

Foto : www.kaskus.co.id

Pantai Plengkung atau lebih akrab dengan nama G-Land menjadi bagian dari Taman Nasional Alas Purwo. Bagi Wovger yang doyan berselancar, G-Land adalah tempat yang harus dikunjungi. Oh ya, Pantai Plengkung ini juga menjadi salah satu tempat selancar terbaik di dunia loh. Duh… bangganya jadi orang Indonesia.

4. Green Bay, pantai teluk hijau yang bisa di adu dengan Maya Bay di Thailand.

Green Bay Banyuwangi

Foto : backpackerindonesia.com

Banyuwangi memiliki teluk yang pesonanya tak kalah dengan Maya Bay, Thailand. Letaknya tersembunyi diantara tebing-tebing karang yang semakin sip untuk melakukan kegiatan keluarga. Ingat, tersembunyi diantara tebing-tebing karang ya, bukan tersembunyi diantara selipan-selipan kenangan masa lalu.

Percaya deh, Green Bay ini akan menghipnotismu dengan pemandangannya yang menakjubkan. Pantai berpasir putih ini jadi makin keren saat dipadu dengan air lautnya yang terlihat berwarna kehijauan.

Masih kurang? Wovger juga bisa melihat pemandangan air terjun yang begitu menawan di Green Bay loh.

5. Banyuwangi juga punya kolam alami, namanya Jatisrono.

Air terjun Wonorejo Banyuwangi

Foto : telusurindonesia.com

60 kilometer dari pusat kota Banyuwangi, kamu akan menemui sejuknya kolam renang alami Jatisrono yang dikelilingi panorama hijau nan asri. Kolam alami ini berada di Kajarharjo, Kalibaru.

Jika sudah puas bermain air di Jatisrono, kamu bisa langsung menilik air terjun Wonorejo yang memiliki jarak tak jauh dari sana, yakni di Kalibaru Wetan.

6. Suka senorkling? Wajib hukumnya untuk ke Pulau Tabuhan!

pulau tabuhan banyuwangi

Foto : muhammadhalim22.wordpress.com

Kalau pengen menikmati kerennya alam bawah laut di Banyuwangi, Wovger bisa ke Pulau Tabuhan. Pulau Tabuhan berada di Selat Bali, jaraknya sekitar 20 km dari Bayuwangi.

Di sekitar pulau ini, kamu bisa melihat pemandangan bawah laut dengan terumbu karang yang ciamik dan imutnya berbagai spesies ikan. Selain itu, pantai di Pulau Tabuhan juga dimanfaatkan untuk olahraga kitesurfing loh.

7. Bila sore telah tiba, jangan lupa ke Pulau Merah. Di sini ada pemandangan sunset khas Banyuwangi.

Pulau Merah Banyuwangi

Foto : initempatwisata.com

Destinasi wisata ini terletak di Desa Sumber Agung, Pesanggrahan, Banyuwangi. Pulau Merah kian hari kian dilirik para pelancong lokal dan internasional. Keberadaannnya yang menjorok di bibir pantai merupakan alasan mengapa pantai ini dinamakan Pantai Pulau Merah.

Pulau Merah Banyuwangi Jawa Timur

Foto : www.banyuwangibagus.com

Saat tiba di pantai ini, kamu bakal terpikat oleh pemandangan pantai yang luas dengan pasir putih kemerahan. Dan ketika senja, pantai ini akan berubah menjadi sebuah pulau yang mampu menyihir siapa pun untuk tinggal lebih lama.

***

Jadi gimana, kapan mulai memasukkan Banyuwangi ke dalam list destinasi liburanmu?

Ohiya, kalau ada yang belum di sebutkan sama Wovgo, teman-teman share di komentar ya.

– Tetap jaga kebersihan dan keasilan tempat yang kamu kunjungi –