Buat kamu yang fashionable, selain #OOTD sekarang ada #SOTD alias ‘Shoes of The Day

sepatu

Pecinta sepatu, nggak cuma cewek aja tapi cowok juga, sudahkah kamu memiliki jenis-jenis sepatu ini?

Kalau belum, yuk Wovgo kenalin sepatu yang lagi SOTD alias Shoes Of The Day, bisa melengkapi koleksi sekaligus instagram-able loh…

Sneakers

Sneakers

Siapa yang nggak kenal sepatu jenis ini?

Atau kamu sebenarnya punya tapi nggak tau namanya?

Perkenalkan ini sepatu Sneakers yang bener-bener ikonik dari masa ke masa. Bahkan sampai saat ini masih dimodifikasi terus sama desainer-desainer kondang. Dari tampilan yang klasik sampai colorful.

Model sepatu ini umumnya bertali yang memberikan kesan sporty di kaki kamu. Kebanyakan yang punya, males mencuci hingga sepatu terkesan dekil dan debuan.

Alasannya karena semakin dekil dan sobek-sobek si sepatu semakin terkesan megang banget. Apanya yang megang banget, yang ada kamu dicap jadi anak jorok karena nggak pernah cuci sepatu.

Atau itu alibi kamu aja karena lagi ngirit buat beli sepatu baru.

Sayang banget, padahal banyak model-model terbaru dari si Sneakers ini yang bikin kamu tambah bergaya. Jenisnya ada banyak kok, ada Low Sneakers, High Top Sneakers, Flat Form Sneakers dan Wedges Sneakers buat wanita.

Sepatu ini bisa dipake buat cowok atau cewek. Biasanya dipadukan sama celana jins dan kemeja udah bikin mata lawan jenis berkedip.

Flat Shoes

Flat Shoes

Jenis sepatu ini udah banyak ragamnya dan masih tetap popular dikalangan wanita.

Kenapa? Tampilannya yang fresh and cute ini selalu pas di kaki jenis apapun. Untuk kaki yang besar atau kecil nggak akan bikin kamu terlihat jadul untuk mengenakan.

Flat Shoes juga nggak kehabisan model, ada yang bunga-bunga, renda, sampai warna yang paling polos pun masih cocok digunakan untuk acara-acara santai hingga resmi.

Kamu mau ke kampus, Flat Shoes selalu jadi andalan. Kalo kamu jalan-jalan sore ke mall cukup pake sepatu ini biar kamu terlihat simpel. Bahkan untuk acara resmi seperti kawinanpun, bagi yang nggak suka pake highheels bisa mensiasati pake Flat Shoes dengan corak soft.

Espadrille

Espadrille shoes

Ingin penampilan keren nggak cuma di instagram? Coba gunakan Espadrille. Namanya aja udah unik apa lagi desainnya.

Sepatu slip-on yang satu ini, didesain dengan model yang super simpel tapi terlihat maskulin.

Hmmm…nggak cuma cowok aja kok yang menggunakan Espradrille, cewek juga bisa. Sepatu ini bisa kamu ajak jalan kemana-mana termasuk ke kampus atau ke Pantai.

Tampilan yang tertutup dan super adem ini bikin kaki kamu kelihatan kece. Ciri khas sepatu ini terletak pada bagian sol yang dianyam dengan tali rami. Beberapa sepatu terbuat dari bahan kanvas jadi ringan dikaki. Nggak perlu acara ikat-mengikat kayak jenis Sneakers, sekali masuk udah deh capcus…

Banyak motif-motif menarik yang bisa kamu pilih untuk menunjang penampilan casual kamu dari sepatu Espadrille.

Oxford

oxford shoes

Untuk mahasiswa Universitas Oxford pasti bangga banget yah pake sepatu jenis ini. Loh apa hubungannya?

Di tahun 1800, mahasiswa Oxford pernah melakukan aktivitas protes atas peraturan menggunakan knee boots atau ankle boots. Mereka memberontak ingin menggunakan sepatu jenis lain.

Mungkin udah bosen kali..

Pada akhirnya mereka memilih sepatu jenis Balmoral yang berasal dari Skotlandia. Sepatu ini akhirnya tersebar luas dan dikenal sebagai sepatu Oxford.

Dulu sepatu ini hanya untuk kalangan pria karena desainnya yang kaku, terbuat dari bahan kulit sehingga cocok untuk acara formal dipadukan dengan setelan jas.

Ciri khasnya ada pada deretan lubang tali sepatu yang menyeluruh hingga bagian depan sepatu.

Namun di tahun 1920 muncullah sepatu Oxford untuk para wanita. Di tahun 1940 penggunaannya tersebar luas dan wanita kantoran Eropa menjadi trenseter terhadap sepatu Oxford ini. 10 tahun kemudian, sepatu tersebut akhirnya secara resmi menjadi sepatu sekolah wanita, yang dianggap sebagai sepatu bertali pertama yang dipasarkan khusus untuk wanita.

Nah kalau di Indonesia sendiri, dulunya sih sepatu jenis ini popular untuk kalangan pria pekerja kantoran, tapi sekarang anak-anak muda udah berani menggunakan sepatu ini sampai ke kampus dan acara-acara pesta yang berkelas.

Belakangan ini Oxford juga udah di desain lebih casual dengan bahan baku suede atau kulit yang berpola sehingga nggak terlalu formal seperti aslinya.
Seru ya, nggak semua sepatu punya cerita menarik seperti jenis Oxford loh, patut dicoba nih.

Loafers

loafers

Loafers bukan Lovers ya..

Bentuknya sebelas dua belas sama Espadrille, cuma Loafers lebih semiformal karena bahannya yang terbuat dari kulit. Sepatu dengan bahan kulit, bagusnya diajak ke acara semiformal juga. Tapi akhir-akhir ini Loafers juga sering dipake untuk acara-acara casual. Ada beberapa jenis Loafers seperti Tassel Loafers dan Whole Cut Loafers.

Sepatu ini juga memiliki sejarah yang menarik. Dimulai ketika sebuah perusahaan handmade di London, Inggris membuat sepatu Loafers yang berfungsi untuk sepatu kasual rumah.

Sesuai dengan fungsinya, Loafers ini digunakan pertama kali untuk keluarga bangsawan dan kerajaan. Raymond Lewis Wildsmith inilah yang mendesain khusus untuk Raja George VI.

Penggunaannya yang simpel dan praktis membuat sepatu ini masih tetap eksis hingga sekarang.

Kamu udah punya belum sepatu model ini?

Boots

Sepatu Boots Pria Kulit

Sepatu jenis ini mudah dikenali, apalagi yang suka ber-adventure hendaklah pakai sepatu ini. Selain tampilannya yang cowok banget, dia juga kokoh tak tertandingi.

Boots ini menutupi semua kaki, jadi kamu nggak perlu khawatir kalau jalan di becek-becek atau berlumpur. Bentuknyapun macam-macam ada yang tertutup sampai di pergelangan kaki, ada yang sampai betis , bahkan ada yang selutut, ini yang biasanya digunakan cewek-cewek imut di Jepang.

Loh katanya cowok banget?

Jangan salah, para cewek sekarang juga bisa menikmati sepatu boots dengan desain yang lebih simpel dan girly. Tergantung jenisnya yang bisa disesuaikan sama karakter kamu. Ada Tall Boots,

Knee-High Boots, Ankle Boots, Vintage Boots, dan lain-lain.

boots cewek

Meskipun awalnya sepatu boots ini digunakan untuk berperang terutama untuk atribut militer, tapi sejalan dengan perkembangan jaman justru boots ini mulai digandrungi anak muda. Kesan yang maskulin dan sangar ini dipaduin sama pakaian yang modis dan santai.

***

Mungkin dari kamu, ada yang bikin desain sepatu jenis baru bisa tuh di share di kolom komentar ya…