Kalau kamu masih mikir air kelapa cuma bisa jadi nata de coco, maka fakta-fakta ini akan menunjukkan bahwa air kelapa itu punya manfaat yang banyak banget!

air kelapa

Sejak dulu, air kelapa menjadi salah satu minuman yang sangat diminati. Selain memiliki rasa segar dan manis, air kelapa juga menyimpan banyak manfaat penting loh. Sekarang ini banyak produk-produk yang dihasilkan dari bahan dasar buah kelapa.

Hal ini pun mempermudah orang untuk mengkonsumsinya. Sebut saja nata de coco, minuman kesehatan, dan lain sebagainya. Tahukah Wovger, bahwa dalam air kelapa ada banyak manfaat bagi tubuh?

Ya, air kelapa mengandung vitamin C, asam pantotenat, asam nikotinat, biotin, riboflavin dan juga asam folat.

Kalau ekspresi muka asem, mungkin itu ekspresi muka gebetan yang enggan digebet.

Nah, sekarang kita bahas apa saja sih manfaat air kelapa?

1. Kandungan asam laurat dan sitokin mampu mencegah penuaan dini.

Dalam air kelapa terdapat kandungan asam laurat dan sitokin. Kedua elemen penting ini berfungsi dalam proses pertumbuhan dan regulasi sel. Selain itu, juga memiliki peran terhadap anti-penuaan dini, anti-karsinogenik dan anti-trombotik yang membantu dalam meminimalisir penuaan kulit, menjaga jaringan kulit dan menyeimbangkan tingkat PH.

2. Kandungan elektrolit dan plasma dalam air kelapa bisa menghilangkan dehidrasi.

Air kelapa sering menjadi asupan untuk mengatasi dehidrasi. Seimbangnya kandungan elektrolit dan plasma dalam air kelapa digambarkan hampir sama dengan aliran darah. Hal inilah yang kemudian membuat air kelapa sangat membantu untuk men-charge cairan tubuh yang hilang setelah beraktivitas.

Air kelapa disarankan bagi mereka yang memang dalam kesehariannya sering mengeluarkan banyak keringat. Baik itu keringat karena olahraga, keringat karena senam maupun keringat gara-gara buang hajat di celana tapi malu mengakuinya kepada seluruh penumpang bis.

Jadi jika Wovger sering berkeringat, minumlah air kelapa sebelum dehidrasi!

3. Nutrisi dan vitamin dalam air kelapa mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Banyak para peneliti mengatakan bahwa air kelapa adalah air super. Di mana sangat kaya akan nutrisi dan vitamin seperti riboflavin, thiamin, niasin, piridoksin, dan folat. Air kelapa banyak mengadung sifat anti-virus dan anti-bakteri yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi virus.

4. Susah menghilangkan jerawat? Air kelapa bisa Wovger coba loh.

Kalau kamu ngerasa kesulitan dalam menghilangkan jerawat pada wajah, coba deh mengkonsumsi air kelapa. Ya, air kelapa adalah salah satu nutrisi yang bisa Wovger usapkan di wajah. Selain untuk wajah, air kelapa juga bisa digunakan di tangan dan kuku loh.

5. Adanya kandungan kalium dalam air kelapa mampu mengobati penyakit batu ginjal.

Menurut beberapa penelitian terkini, air kelapa mampu melarutkan batu ginjal karena adanya kandungan kalium yang memainkan peran penting dalam proses alkali urin dan tentu saja mencegah pembentukan batu ginjal. Itulah mengapa banyak obat-obatan herbal yang menggunakan kelapa sebagai bahan baku utamanya.

6. Air kelapa banyak mengandung enzim bioaktif yang mampu memperlancar pencernaan.

Dalam air kelapa terkandung enzim bioaktif seperti fosfatase, asam folat, katalase, diastase, peroksidase, dehidrogenase, dan RNA polimerase. Enzim ini mampu mempermudah pencernaan dan metabolisme dalam tubuh. Air kelapa juga lebih banyak memiliki mineral seperti kalsium, mangan dan seng. Air kelapa juga merupakan sumber dari vitamin B seperti riboflavin, thiamine, pyridoxine, dan folat.

7. Mampu menurunkan berat badan.

Banyak orang mengatakan bahwa air kelapa sangat efektif dalam menurunkan berat badan. Air kelapa dinilai sebagai cara paling sehat untuk menurunkan berat badan. Alasannya? Ya, karena air kelapa tidak mengandung bahan kimia apapun. Itulah mengapa air kelapa telah digunakan selama berabad-abad silam di seluruh dunia. Mungkin malah sejak sebelum Fir’aun lahir.

8. Kandungan Antioksidannya yang tinggi, mampu menangkis radikal bebas.

Air kelapa memiliki zat antioksidan yang baik untuk menghilangkan radikal bebas. Efek racun akibat penggunaan antibiotik dan obat sulfa juga bisa diatasi dengan air kelapa. Selain itu, saat mengkonsumsi obat, air kelapa sangat dianjurkan karena bisa membantu mempermudah penyerapan.

9. Air kelapa sangat ampuh dalam menyembuhkan diabetes.

Air kelapa, jika dikonsumsi secara teratur, memiliki kemampuan untuk meningkatkan sirkulasi darah. Ya, proses inilah yang membantu melebarkan pembuluh darah yang mengecil karena pembentukan plak. Selain itu juga membantu darah mengalir lancar dan mengurangi diabetes.

10. Mampu menjaga kesehatan kardiovaskular.

Para peneliti telah menunjukan bahwa mereka yang memiliki tekanan darah tinggi biasanya kadar kaliumnya sangat rendah. Nah, meminum air kelapa terbukti bisa mengatur tekanan darah karena kandungan kalium dan asam laurat dala air kelapa. Air kelapa juga mampu meningkatkan HDL (kolesterol baik) yang sangat dianjurkan untuk mencegah penyakit jantung.

Sampai di sini, masih mikir kalau air kelapa cuma bisa diolah jadi nata de coco?