Tanpa disadari, ternyata hal-hal ini bisa bikin muka kita jerawatan loh!

jerawat

Jerawat, kemunculannya nggak bisa diprediksi, tidak terduga, dan seringnya di saat yang tidak tepat. Kadang nongolnya lama, tapi juga sering ilang-ilangan. Kayak cowok yang kalau pergi-pergi jarang ngasih kabar.

Jerawat muncul karena produksi minyak yang berlebihan di wajah, tapi minyak tersebut tersumbat di pori-pori. Pori-pori tersumbat karena minyak bercampur dengan sel kulit mati. Muncullah jerawat sebagai akibatnya. Jadi jerawat itu semacam buntingnya kulit wajah, yang muncul akibat sekutu antara: minyak berlebih + pori-pori yang menyumbat + sel kulit mati = jerawat.

Nah, biar bisa mencegah terjadinya jerawat, Wovger perlu memperhatikan kebiasaan berikut ini yang kalau dilakukan secara rutin, ternyata bisa menimbulkan jerawat.

1. Coklat, junk food, dan makanan berminyak bisa menimbulkan jerawat. Kurangi konsumsinya agar jerawat tak sering muncul.

junkfood

Foto : craigbailey.net

Coklat, junk food dan sebagian makanan berminyak bisa menimbulkan jerawat. Bagi sebagian orang yang tidak alergi makanan, ketiganya tidak menimbulkan masalah. Tapi kalau kamu sering jerawatan, sebaiknya perlu diwaspadai.

Kalau keesokan harinya di wajahmu muncul jerawat, coba ingat-ingat kembali makanan yang terakhir kali kamu makan. Mungkin ada makanan yang nggak pernah kamu makan sehingga menimbulkan alergi.

Ketiga makanan di atas mengandung lemak jenuh yang tidak dapat diproses oleh tubuh. Tuh, lemak aja bisa jenuh. Apalagi hubungan asmara.

Selain itu, junk food dan coklat mengandung kadar gula dan bahan-bahan kimia yang cukup tinggi.

 2. Tidak menjaga kebersihan. Perhatikan kebersihan tubuh dan lingkungan tempat kamu tinggal.

cuci muka

Foto : patrickecker.org

Tidak menjaga kebersihan bisa memunculkan jerawat. Penyebabnya karena banyak kuman yang menempel di sekitarmu. Kuman-kuman tersebut bisa melakukan kontak langsung dengan wajah. Kalau nggak percaya, coba tinggal di gunungan sampah Bantar Gebang.

Menjaga kebersihan bisa kamu mulai dari diri sendiri. Kayak cuci tangan setelah beraktivitas, mandi dua kali sehari, secara berkala membersihkan kamar serta membuang foto-foto dan barang pemberian mantan, dan lain sebagainya.

Selain mencegah jerawat, kamu bisa mendapatkan bonus berupa tubuh yang lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

 3. Mencuci wajah terlalu sering akan mengikis lapisan mantel asam yang berfungsi melindungi kulit wajah dari jerawat.

cuci muka

Foto : fitnesskites.com

Mencuci wajah akan menghasilkan wajah yang bersih dan bersinar. Tapi kalau terlalu sering – kayak setiap 1 menit cuci muka 12 kali, misalnya – yang didapat bukan wajah yang bersih. Melainkan risiko munculnya jerawat yang lebih besar.

Tanpa mencuci wajah, kulit sudah bisa beradaptasi untuk mencegah timbulnya jerawat. Karena kulit wajah memiliki lapisan tipis yang disebut mantel asam sebagai pelindung.

Mantel asam ini bisa mencegah timbulnya jerawat, lantaran ia tak suka tumbuh di tempat yang asam-asam.

Terlalu sering mencuci muka akan mengikis lapisan mantel asam di permukaan kulit. Akibatnya, kulit justru tak memiliki pelindung untuk mencegah jerawat.

 4. Hati-hati menggunakan shampo dan produk perawatan rambut. Jerawat bisa timbul karenanya.

keramas

Foto : stylecaster.com

Wovger nggak salah baca kok. Ya, shampo dan produk perawatan rambut lainnya seperti hair tonic, hair mask, dan conditioner bisa memicu jerawat di wajah.

Apalagi jika rambut kamu adalah jenis rambut berminyak. Ketika selesai keramas, obat-obatan kimia tersebut turun ke wajah bersamaan dengan minyak yang dihasilkan rambut.

Bahan-bahan tersebut turun ke kulit dan menutup pori-pori. Semakin sering Wovger keramas, maka semakin sering pula pori-pori kamu jadi tertutup. Tak hanya kulit wajah aja yang terkena dampaknya, tapi semua bagian kulit yang dialiri seluruh cairan tersebut. Baik itu kulit kepala maupun kulit wajah. Tapi itu tidak berlaku bagi kulit lumpia.

Jika keramas, sebaiknya hindari membilas dengan air yang langsung turun ke kulit tubuh secara langsung. Usahakan agar air dari kepala langsung turun ke lantai tanpa melewati kulit tubuh. Ingat ya, dari kepala langsung turun ke lantai. Bukan dari mata turun ke hati.

 5. Nggak mau wajah cepat keriput dan muncul jerawat? Ingat untuk tidak menggosok wajah terlalu keras saat cuci muka.

mencuci muka

Foto : road2beauty.com

Menggosok wajah terlalu keras bisa merusak permukaan kulit. Guys, permukaan kulit itu mengandung lapisan-lapisan tipis yang tidak terlihat untuk melindungi kulit loh.

Efek samping menggosok wajah terlalu keras tidak hanya jerawat, tapi juga akan membuat wajah cepat keriput.

Cara yang tepat ketika mencuci dan mengeringkan wajah adalah dengan dipegang pelan-pelan. Harus lembut dan tidak kasar.

Oh ya, biar nggak cepet keriput, sering-seringlah senyum. Tapi jangan keseringan, ntar dikira …

6. Tidak membersihkan alat make up akan berdampak pada penumpukan bakteri di dalamnya.

tidak membersihkan alat make up

Foto : pixabay.com

Alat make-up adalah salah satu benda sumber bakteri. Meskipun tampaknya bersih dan harum, namun jika dilihat dengan mikroskop, terdapat banyak bakteri di dalamnya.

Bersihkan peralatan make-up secara berkala. Misalnya sebulan sekali. Jangan sepuluh tahun sekali. Kelamaan!

Kalau kamu intens menggunakan make-up dan berjerawat, bisa jadi sumbernya adalah alat make-up itu sendiri.

Bila perlu ganti spons bedak sebulan sekali tanpa menunggu hingga bedak habis atau rusak. Jika wajahmu sensitif, sebaiknya kamu perlu berhati-hati jika akan menggunakan jasa make-up umum.

***

Baru sadar kan, kalau ternyata jerawat bisa timbul gara-gara hal-hal sepele di atas tadi. Berhubung sekarang udah tahu, Wovger kurang-kurangin ya, kebiasaan-kebiasaan yang bisa memunculkan jerawat. Biar bisa tampil bersinar tanpa gangguan jerawat di wajah.

Selamat mencoba!