Kalau kamu pergi ke Purworejo, sempatkan untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata berikut ini

dolalak purworejo

Wovger pernah dengar sebuah kabupaten bernama Purworejo? Belum yah? Wah sayang sekali padahal ada begitu banyak hal keren di kabupaten ini. Buat Wovger yang sering melakukan perjalanan atau touring dari Jakarta-Jogja jalur selatan Jawa Tengah pasti sering sekali lewat.

Kabupaten Purworejo adalah kabupaten yang berbatasan langsung dengan DI Yogyakarta. Jadi sebelum masuk Jogja, Wovger itu melewati Purworejo. Jadi tempat persisnya berada di antara Kebumen dan Kulon Progo.

BACA JUGA : Profesi-profesi yang cocok banget buat kamu yang hobi travelling

Banyak hal keren lho mengenai kota ini. Apakah Wovger tau jika Purworejo juga adalah tanah kelahiran bagi beberapa tokoh nasional, seperti Pahlawan Revolusi Ahmad Yani, Letnan Jendral Oerip Sumoharjo, dan Sarwo Edhie Wibowo, mertua mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga tempat kelahiran WR Supratman sang maestro musik yang menciptakan lagu Indonesia Raya.

Purworejo memang tidak seglamor Kota Yogyakarta, tapi dibalik ketenangannya Purworejo menyimpan banyak sekali pesona wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi, pesona mbak-mbaknya juga lumayan lho. Kayanya Wovger perlu sekali-kali mempir dech buat menikmati suasana Purworejo.

BACA JUGA : Kalau kamu berwisata ke Cimahi, jangan lupa kunjungi tempat-tempat ini

Tertarik buat berkunjung kesini? Wovger gak usah bingung nanti mau kemana aja kalo udah sampe di Purworejo, Wovgo bakal ngasih beberapa rekomendasi tempat wisata yang kece dan wajib Wovger kunjungi.

Jati Malang, Pantai Pasir Hitam Kesayangan Penduduk Lokal. Disinilah Destinasi Wisata Paling Sering Dikunjungi Penduduk Purworejo.

Pantai Jati Malang

Foto : sakaran1.wordpress.com

Pantai Jatimalang memang sudah menjadi tempat wisata andalan bagi penduduk lokal sini. Agak berbeda dengan dengan pantai-pantai yang ada Gunung Kidul yang umumnya berpasir putih, pantai ini berpasir hitam. Tapi hal ini tidak mengurangi keindahan yang ditawarkan.

Pantai Jatimalang memiliki garis pantai yang panjang dan tidak terhalang perbukitan atau tebing, hal ini menjadikan sunrise dan sunset disini benar-benar indah.

Pantai Jati Malang

Foto : www.telusurindonesia.com

Disini juga banyak dibangun gazebo yang bisa Wovger gunakan untuk sekedar istirahat atau untuk membuat acara dengan suasana pantai.

Pantai Jati Malang juga bisa dibilang pantainya para nelayan. Disini Wovger bisa membeli ikan hasil tangkapan para nelayan yang masih sangat fresh dengan harga murah di tempat pelelangan. Selain itu juga, banyak sekali warung-warung disekitar pantai yang menyediakan kulinaer laut.

BACA JUGA : Banyuwangi, ujung timur Pulau Jawa yang menyimpan segudang surga

Wovgo beneran gak bakal rela melewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan Pantai ini dech.

Pantai Ketawang, Membawa Nuansa Alami Khas Perdesaan Dengan Icon Mercusuarnya.

Pantai Ketawang Purworejo

Foto : dventrave.blogspot.co.id

Pantai Ketawang ini berlokasi di kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Sekitar 22 km dari pusat kota. Pantai ini memiliki pasir hitam dan debur ombak pantai selatan seperti Pantai Jatimalang.

Pantai Ketawang Purworejo

Foto : dventrave.blogspot.co.id

Suasana disini masih sangat asri dan khas perdesaan. Selain itu dikawasan pantai ini juga mempunyai Mercusuar yang bisa dinaiki. Mengambil foto dari atas sini pasti akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan.

Asli dech, Wovger harus mampir kesini. Pemandangan dari atas mercusuar indah banged lho, lebih indah dari kenangan mantan lah pokonya, yang bisa bikin kamu segera move on.

Pantai Keburuhan, Memberikan Pesona Keindahan Susunan Rindangnya  Cemara Laut. Di Kawasan Ini Juga Ada Muara Yang Menjadi Spot Menarik Untuk Mancing.

Pantai Keburuhan

Foto : Kaskus

Jika mengunjungi pantai ini dijamin Wovger gak bakalan kepanasan dech, karena ada deretan Cemara Laut di tepi pantai ini. Sangat indah untuk dijelajahi dan photogenic banged lah buat Wovger foto-foto.

Pantai ini memang tidak boleh untuk mandi, karena ombaknya yang keterlaluan besarnya. Tapi jangan dulu kecewa karena banyak hal yang bisa dilakukan disini. Intinya Wovger masih bisa bersenang-senang lah disini. Wovger bisa melakukan wisata susur sungai dengan menyusuri sungai sepanjang sekitar 3km dengan menaiki kapal. Pemandangan tepi sungai yang indah bakalan bisa dinikmati Wovger. Asik lah pokoknya.

BACA JUGA : Mantan boleh kamu acuhkan. Tapi melewatkan tempat wisata di Probolinggo? Jangaaaaan

Oiya kalo Wovger hobby mancing. Mancing ikan tapi yah bukan mancing masalah. Disini merupakan muara pertemuan arus antara Kali Jali dan Laut Selatan. Ikannya banyak dan asik lah buat mancing pokoknya. Tuhkan bener, selalu ada cara menikmati suasana disini.

Curug Muncar, Keindahan Yang Tersembunyi Di Kecamatan Bruno. Perjalanan Panjang Dan Melelahkan Menuju Kesini Akan Selalu Terbayar.

Curug Muncar Purworejo

Foto : sibaretodoni.wordpress.com

Air terjun ini merupakan keindahan yang masih tersembunyi di Purworejo. Lokasi ini masih belum banyak dijamah tangan manusia, jadi masih sangatlah alami. Curug ini berada di desa Kaliwungu, kecamatan Bruno, sekitar 45 menit dari pusat kota.

Lokasi Curug ini berada di ketinggian 900Mdpl, tentu saja disini Wovger bakal merasakan suasana yang sejuk dan pemandangan hijau pepohonan. Curug ini setinggi hampir 40 meter.

BACA JUGA : 8 destinasi wisata di Pacitan yang membuatmu sadar kalau Kota 1001 Goa itu keren!

Untuk mencapai curug ini, Wovger harus benar-benar mempersiapkan fisik karena Wovger harus melakukan trekking selama kurang lebih 30 menit. Tapi tenang saja, pemandangan disepanjang jalan sangat indah dan Worth It lah. Penasaran? Ayo segera agendakan datang kesini.

Curug Silangit, Siap Menyambut Setiap Pendatang Dengan Keelokannya.

Curug Silangit Purworejo

Foto : www.telusurindonesia.com

Kondisi Geografis Purworejo dengan dataran tingginya, akhirnya membuat Purworejo dipenuhi banyak sekali pesona wisata curug atau air terjun. Salah satunya yang cukup terkenal adalah Curug Silangit yang terletak di Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing. Air terjun ini memiliki ketinggian 50 meter yang terbagi ke dalam tiga tingkatan. Tingkatan pertama tingginya 30 meter, sementara dua tingkatan terakhir masing-masing setinggi 10 meter.

Di dasar air terjun, terdapat kolam dengan air yang sangat dalam. Bisa buat berenang lho, airnya sangat segar. Tapi kalo Wovger gak bisa berenang, sangat tidak disarankan berenang disini.

Masjid Agung Purworejo, Yang Membuat Kalian Tekagum Dengan Bedug Raksasanya.

Masjid Agung Purworejo

Foto : belovedhometown.wordpress.com

Wovger pernah membayangkan sebuah Bedug yang diklaim terbesar didunia? Bedug itu ada di Purworejo lho. Sebuah bedug raksasa dengan diameter 2m, dan sangat tua karena dibuat pada 1834.

Bedug raksasa ini dijuluki Bedug Kyai bagelen atau yang dikenal dengan Bedug Bagelen. Pembuatannya sangat tidak biasa karena dengan cara melubangi kayu jati utuh, jadi bukan dari kayu yang disambung. Pohon yang kayunya digunakan juga merupakan pohon keramat yang berusia ratusan tahun, dan ukurannya yang juga raksasa.

BACA JUGA : Nggak cuma debus yang bisa bikin kamu tercengang. Banten juga memiliki beragam tempat wisata yang luar biasa

Uniknya lagi, Bedug ini juga hanya dibunyikan disaat-saat tertentu saja seperti saat hari raya Idul Fitri.

Di depan Masjid Agung ini juga terdapat alun-alun kota Purworejo yang merupakan yang terluas di pulau Jawa, dengan luas mencapai 6 hektar. Saat malam, alun-alun akan sangat ramai dengan berbagai pedagang kaki lima yang menawarkan berbagai jenis makanan. Selain itu Wovger juga bisa menyewa becak warna-warni untuk berkeliling alun-alun.

Museum Tosan Aji, Siap Mempesona Kalian Dengan Berbagai Koleksi Pusaka.

Museum Tosan Aji

Foto : kekunaan.blogspot.com

Purworejo juga memiliki museum yang menyimpan berbagai koleksi pusaka tanah jawa jaman lampau. Jika Wovger tertarik melihat berbagai peninggalan sejarah, sambangi Museum Tosan Aji ini. Letaknya ada di pusat kota, tepatnya di selatan alun-alun Purworejo. Ada lebih dari seribu bilah senjata pusaka yang dipamerkan, mulai dari keris, pedang, tombak, maupun senjata lainnya.

BACA JUGA : Jawa Tengah emang punya banyak tempat wisata keren. Tapi jangan melewatkan pengalaman berwisata ke Cilacap

Selain itu museum ini juga memamerkan koleksi berbagai benda cagar budaya yang ditemukan di wilayah Purworejo, seperti gamelan, prasasti, arca, sampai fosil. Jika Wovger mengunjungi tempat ini dijamin seketika jadi pinter sejarah dech.

Geger Menjangan, Manghadirkan Panorama Purworejo Dari Ketinggian.

Geger Menjangan Purworejo

Foto : Twitter

Geger Menjangan menjadi destinasi wisata bagi warga Purworejo yang ingin melihat pesona kota mereka dari ketinggian. Untuk mencapai puncak Wovger harus menapaki banyak anak tangga. Tapi percayalah saat sudah sampai diatas, Wovger akan bisa berdiri di gardu pandang dan akan terkagum-kagum dengan pemandangan yang disajikan.

BACA JUGA : Saat stress melanda, dijamin hilang setelah berkunjung ke 8 tempat wisata di kota Malang ini

Bukan hanya landscap Purworejo kota yang terlihat, deburan ombak di pantai selatan juga kelihatan. Wovger bisa membawa teropong kesini, tapi gunakanlah dengan bijak jangan buat yang aneh-aneh yah.

Dibawah Geger Menjangan juga ada kolam renang umum Arta Tirta. Wovger bisa sebentar mampir untuk berenang disini.

Sumber Alam Adventure (SAC), Taman Air Yang Mengasyikan Untuk Dikunjungi Bersama Keluarga.

Sumber Adventure Centre Kutoarjo.Sumber Adventure Centre Kutoarjo.Ada yang pernah ke sini?Video : YouTube

Posted by Wovgo on Tuesday, October 27, 2015

Sumber Alam yang notabene adalah sebuah PO Bus, membangun sebuah tempat wisata bagi warga Purworejo berupa taman air. Tempat wisata air ini terletak tepi jalan raya Kutoarjo-Kebumen km 3,5, desa andong Kecamatan Butuh kabupaten Purworejo. SAC menghabiskan lahan lahan lebih dari 12 ha dengan berbagai wahana. Mulai dari water park, Museum Mobil/motor, hingga lintasan motor trial yang bisa Wovger gunakan.

Oia disini Wovger juga bisa menikmati berbagai kuliner khas Purworejo.

Goa Seplawan, Wisata Goa Dengan Pemandangan Yang Luar Biasa.

Goa Seplawan Purworejo

Foto : happywalls.wordpress.com

Jika Wovger menginginkan wisata Goa, Purworejo siap sedia memberikan itu. Goa Seplawan merupakan goa alami yang menjadi daya tarik wisatawan. Goa ini terletak di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, sekitar 20 km dari pusat kota.

Disini Wovger akan diajak menjelajah kekedalaman Goa sembari menikmati berbagai ornamen stalakmit dan stalaktit. Disini juga ada sungai bawah tanah dengan air yang sejuk. Goa ini berkedalaman kurang lebih 700 meter. Hati-hati yah jika Wovger masuk kesini, jalannya cukup licin.

BACA JUGA : Jomblo-jomblo kesepian, cobalah berwisata ke kota sejuta bunga: Magelang. Siapa tahu dapet bunga

Diluar Goa, Wovger juga akan disajikan dengan tatanan taman yang sangat indah. Disini juga ada Gardu Pandang yang menampilkan pemandangan Kabupaten Kulon Pogo dari ketinggian. Diatas sini Wovger akan melihat hamparan air Waduk Sermo dan pemandangan deburan ombak pantai selatan.

Ada Juga Kesenian Dolalak.

dolalak purworejo

Foto : mazwhonkz.blogspot.com

Ohiya, selain beberapa destinasi wisata di atas, di Purworejo juga terdapat kesenian khas dari kabupaten tersebut. Namanya Dolalak, sebuah tarian yang merupakan peninggalan dari jaman Belanda.

Tahukah kamu? Bahwa kata Dolalak berasal dari not Do dan La, karena tarian Dolalak asal Purworejo ini hanya dengan alat musik dua nada menggunakan sepasang Kenong.

***

Mungkin selama ini Purworejo dijuluki Kota Mati, atau Kota Pensiunan. Tapi lihat lebih dalam lagi dan Wovger akan terpesona dengan segala macam pesona yang ditawarkan dibaliknya. Jika Wovger memiliki destinasi lain yang layak dikunjungi, bisa menambahkan di kolom komentar yah.