Hey kamu yang mau berwisata ke raja ampat, cobalah tinggal di desa Arborek. Karena kamu akan mendapatkan hal-hal berikut ini

desa arborek

Desa Arborek masuk dalam 18 desa di Papua Barat yang membuat peraturan lokal soal konservasi laut di wilayahnya. Desa yang memakan waktu satu setengah jam perjalanan dari Waisai ibukota Raja Ampat ini bahkan menjadi juara satu dalam Lomba Desa se-Papua Barat loh. Yang menarik, desa ini hanya dihuni oleh 197 orang aja. Weeww!

Kini, Desa Arborek tengah berupaya untuk memperkenalkan potensi wisatanya pada dunia. Jadi, kalau Wovger ada kesempatan untuk berkunjung ke Papua, nggak ada salahnya banget semisal pengen mampir ke Desa Arborek. Makanya, pada artikel kali ini Wovgo mau ngebahas apa-apa aja yang bakal kamu temui jika tinggal di Desa Arborek. Nih, simak ulasannya:

1. Di mana letak dan bagaimana akses jalan ke Desa Arborek?

desa arborek dermaga

Foto : voices.nationalgeographic.com

Desa Wisata Arborek berada di Meos Mansar, Raja Ampat, Papua Barat. Untuk sampai ke lokasi ini, Wovger bisa memulai perjalanan dari Sorong. Saran Wovgo, gunakan beberapa jasa transportasi udara seperti Express Air, Merpati Air, dan Lion Air. Untuk transportasi laut, kamu bisa gunakan kapal  Dorolonda, Gunung Dempo, Labobar, Sinabung, dan Tatamailau di Pelabuhan Sorong.

Nah dari Sorong, kamu bisa naik perahu motor ke Waisai. Ada banyak perahu yang beroperasi setiap hari, namun terkendala masalah jam. Kapal-kapal tersebut akan berangkat pada pukul 02.00 WIT. Setelah sampai di Waisai, kamu bisa melanjutkan perjalanan langsung ke Desa Arborek dengan kapal sewaan.

2. Dimana Wovger bisa tinggal?

penginapan di desa arborek

Foto : adelinatampubolon.wordpress.com

Saat sampai Desa Arborek, kamu bisa tinggal di beberapa homestay yang disewakan oleh rumah warga. Ada 6 homestay yang bisa disewa.

  • Manta Homestay
  • Arborek Homestay
  • Mawar Homestay
  • Mambarayup Homestay
  • Lalosi Homestay
  • Indip Homestay

Fasilitas yang disediakan homestay terbilang lengkap, ada ruang makan, kamar mandi dan genset sebagai energy untuk penerang serta mengisi daya baterai ponsel. Selain itu, juga disediakan fasilitas makan 3 kali sehari. Dan jangan harap ada restoran berkelas di sini, karena semua menu makanan murni diolah oleh warga lokal. Jika Wovger butuh sesuatu, sudah ada 3 toko yang menjual barang kebutuhan sehari-hari. Dan bila ingin yang lebih lengkap, kamu harus pergi ke Sorong atau Waisai.

3. Apa yang bisa Wovger lakukan di Desa Arborek?

Pertama, Snorkeling.

snorkeling di arborek

Foto : voices.nationalgeographic.com

Aktivitas snorkeling atau diving adalah alasan mengapa banyak wisatawan datang ke Raja Ampat. Saat berada di Desa Arborek, kamu bisa melakukan aktivitas tersebut dengan suasana yang nyaman. Selain itu, kamu juga akan melihat  pari manta yang berenang bebes di sekitaran laut.

Kedua, mengelilingi uniknya Desa Arborek.

desa arborek raja ampat

Foto : reanhidayat.wordpress.com

Ada sekitar 40 keluarga yang akan menyapa Wovger saat berada di sini. Dengan mengelilingi desa, bisa menambah pengalaman dan wawasan kamu tentang adat, budaya dan kearifan lokal yang masih terjaga hingga kini.

Ketiga, ber-bameti sambil berbincang dengan warga lokal.

arborek raja ampat lalosi

Foto : stayrajaampat.com

Ketika air laut kian surut, adalah waktu dimana kamu bisa berbincang-bincang dengan warga lokal, terutama para isteri nelayan. Di waktu ini kamu akan menjumpai mereka tengah ber-bameti. Bameti sendiri merupakan aktivitas mencari mentimun laut dan hewan laut yang bisa dimakan. Sambil mencari, kamu bisa mengajak mereka berbincang tentang apa yang memang ingin kamu ketahui lebih jauh.

4. Apa yang bisa Wovger beli untuk oleh-oleh?

oleh-oleh khas abrorek

Foto : elwinawidiarti.blogspot.com

Kamu bisa membeli kayafyof (topi), tas noken atau noken ponsel yang merupakan hasil kerajinan para wanita Desa Arborek. Yang menarik, hanya wanita sajalah yang diperbolehkan membuat kerajinan ini. Sebab dari perspektif lokal, noken merupakan simbol kehidupan perdamaian dan kesuburan. Selain tas noken, Wovger juga bisa membeli kerajinan bernama Saly. Ini adalah rok yang dibuat dari serat kayu, kulit kayu dan serat pohon pisang.

***

Desa Arborek sungguh menarik, baik itu pesona bawah laut ataupun daratannya. Ya, kamu bisa dengan mudah menikmati suasana di Desa Arborek dengan cara yang sederhana. Saat sampai di dermaganya saja, kamu akan melihat koloni koral yang berkilauan memantulkan sinar matahari. Jadi, jika ingin mencari destinasi wisata baru yang tak bisa dilupakan, Wovger harus ke Desa Arborek!

desa arborek selamat jalan

Foto : www.pinterest.com

Ayo ke Arborek!

Foto utama : diasporaiqbal.blogspot.com