Sumpah Pemuda memang telah lama lahir. Namun maknanya, selalu tertancap kuat dalam benak kami, anak muda Indonesia. Sampai kapanpun!

indonesia sumpah pemuda 87

Kami putra-putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia

Kami putra-putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia

Kami putra-putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Demikian sumpah pemuda itu berbunyi. Sebuah ikrar dari para pemuda Indonesia untuk menyatukan bangsanya. Sumpah Pemuda memiliki makna dan amanat yang padat dan mendalam. Bagaimana ya dengan pemuda masa ini, apakah mereka masih memegang teguh amanat dan memaknai sumpah pemuda ini dengan benar.

Sadar gak sih, pemuda memiliki kedudukan yang begitu penting terhadap keberadaan suatu bangsa.

Sumpah Pemuda merupakan hasil dari sebuah kongres para pemuda bangsa Indonesia ini yang dilaksanakan pada 28 oktober 1928. Kongres inilah yang membuktikan bahwa ternyata pemuda memiliki peran penting dalam proses perjuangan mencapai kemerdekaan bangsa Indonesia pada masa itu.

Sumpah Pemuda menjadi salah satu tonggak penting dalam perjalanan bangsa Indonesia. Ikrar yang diucapkan para kaum muda Indonesia dalam Kongres Pemuda Kedua tersebut menjadi salah satu landasan awal untuk memperjuangkan Indonesia sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat.

Kegagalan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia membuat para pemuda ini sadar bahwa rasa nasionalisme harus dipadukan. Bukan lagi melihat perbedaan, tapi kesamaan pandangan dalam memperjuangkan masa depan bangsa.

Untuk mencapai itu semua, segala macam perbedaan kepentingan ya harus dikesampingkan.

Para peserta Kongres ini adalah para perwakilan dari organisasi-organisasi pemuda yang tersebar di seluruh Indonesia, seperti Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), Jong Java, Jong Sumateranen Bond, Jong Bataks Bond, Jong Islamieten Bond (JIB), Pemoeda Indonesia, Jong Celebes, Jong Ambon, Pemoeda Kaoem Betawi, Indonesische Studieclub, dan lain-lain.

Kumpulan pemuda dari berbagai organisasi mampu menyatukan visi untuk sebuah indonesia yang merdeka, berdaulat penuh, dan satu. Pemuda ini mengesampingkan setiap kepentingan organisasi mereka masing-masing dan membangun sebuah gagasan besar tentang persatuan Indonesia, penanaman nasionalisme bagi para pemuda dan tentu saja Indonesia yang merdeka.

Dari setiap kalimat yang diungkapkan dalam ikrar sumpah pemuda begitu memiliki makna yang sangat mendalam. Apakah para pemuda masa ini sudah memaknainya dengan baik?

Kami putra-putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia

Sebuah statement yang menyatakan bahwa Indonesia adalah tanah air yang akan terus diperjuangkan.

Sebuah konsep tanah air yang selama ini kita kenal. Sebuah konsep yang dilatarinya oleh sebuah keyakinan akan keberadaan manusia yang tidak bisa terlepas dari tanah dan air. Dengan tanah dan airlah seseorang bisa menjalani kehidupan. Dan dengan tanah dan air yang ada di Indonesia inilah bangsa ini akan terus hidup. Tanpa adanya intervensi dari pihak lain.

Sebuah perjuangan akan terus dilakukan untuk mempertahankan kesatuan tanah air ini. Menjaga setiap batas wilayah kedaulatan Indonesia dengan segala macam sumber dayanya untuk mensejahterakan rakyat Indonesia.

Sebuah gagasan akan kemerdekaan untuk membawa rakyat Indonesia lebih sejahtera dan bisa hidup dari tanah air nya sendiri. Disinilah para pemuda ini rela berjuang sampai titik darah penghabisannya. Perjuangan yang tidak akan pernah dihentikan.

Sudahkah anak muda jaman ini memahami konsep ini? Sudahkan anak muda jaman ini memahami bagaimana seharusnya pemuda Indonesia mau menjaga keutuhan tanah airnya, dan memperjuangkan kelangsungan hidup manusia di dalam tanah airnya ini.

Kami putra-putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia

Sebuah bangsa, sekumpulan manusia yang berbeda tapi disatukan oleh satu hal yang sama yaitu Indonesia. Para pemuda dimasa itu sadar betul bahwa Indonesia terbentuk dari berbagai macam suku, ras dan agama yang beragam.

Budaya yang berbeda, cara pandang yang berbeda, dan karakter yang berbeda ini menjadi penghambat besar dalam perjuangan mendapatkan kemerdekaan. Konsep satu kebangsaan diusung para pemuda ini, meyakinkan bahwa apapun suku, bahasa ataupun ras mu, kita adalah satu yaitu Indonesia.

Bukan lagi saatnya melihat perbedaan manusia. Isu perbedaan agama yang sekarang ini sedang memecah belah bangsa ini adalah bukti sudah dilanggarnya sumpah itu. Bukan lagi saatnya bangsa ini melihat perbedaan, kita harus bersatu membangun Indonesia kearah yang lebih baik bersama-sama.

Kami putra-putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi bangsa ini. Bahasa yang menyatukan berbagai macam perbedaan. Tapi sekarang bahasa persatuan ini agaknya sudah kehilangan tajinya karena munculnya berbagai macam bahasa baru. Mulai dari bahasa gaul, hingga bahasa alay. Indonesia tidak mungkin disatukan dengan bahasa aneh-aneh itu.

Bagaimana para pemuda? Apakah kalian sudah merasa begitu memiliki Indonesia. Kembalikan lagi makna sumpah pemuda ini bagi pemuda masa kini. Kembalikan esensi persatuan ini ke darah kalian. Mari kita sama-sama bangun Indonesia kearah yang lebih baik. Bukannya malah saling mengadu domba satu sama lain.