Apa yang dilakukan orang-orang sukses sebelum tidur? Yang jelas bukan stalking timeline mantan

tidur

Apa yang Wovger lakukan sebelum tidur? Stalking timeline mantan sampai ketiduran? Nonton film semalam suntuk sampai ngantuk? Nongkrong hingga larut? Lembur sampai subuh dan bahkan nggak tidur? Ngeronda? Atau ada aktivitas lainnya?

“Wovger tahu nggak, kira-kira apa yang dilakukan orang-orang sukses sebelum mereka tidur?”

“Masuk kamar!”

“….”

Duh, maksud Wovgo, kegiatan produktif yang mereka lakukan.

Ketimbang penasaran, yuk langsung simak ulasan berikut ini tentang kebiasaan orang sukses sebelum tidur.

1. Hampir semua tokoh dunia pasti membaca buku sebelum mereka tidur.

Semua ahli setuju bahwa membaca buku sebelum tidur banyak dilakukan orang-orang sukses. Di tengah-tengah padatnya kesibukan, mereka tetap meluangkan waktu untuk membaca buku.

Membaca bisa memperluas wawasan dan membuka mata terhadap dunia. Di saat banyak orang masih berjuang untuk menyukai membaca buku, mereka sudah jauh lebih maju dengan menjadwalkannya sebagai aktivitas wajib harian.

2. Orang sukses selalu menyiapkan rencana untuk esok hari.

Bukan orang sukses namanya kalau tidak memiliki rencana untuk dilakukan esok hari. Segudang aktivitas telah menanti untuk dilakukan.

Kalau Wovger bangun tidur dan tidak tahu apa yang akan dilakukan hari ini, hmm, mungkin tanda-tanda kesuksesan belum nampak pada diri Wovger.

Menyusun rencana akan membantu untuk lebih siap menyambut hari-hari yang akan datang, karena kamu tahu persis apa yang akan dilakukan. Bayangkan jika kamu tidak memiliki rencana, maka bisa-bisa yang terjadi: bangun siang, sarapan terlambat, bingung memilih baju, dan hal-hal kecil lainnya yang cukup mengganggu.

Ini hal kecil loh. Tapi kalau dibiasakan dan hingga terjadi penumpukan akibat perulangan, maka akan menjadi kebiasaan. Nah, kebiasaan inilah yang kemudian akan membentuk karakter. Orang-orang sukses sangat memahami hal ini. Maka jangan heran kalau hal-hal besar yang mereka ciptakan, jika diurutkan asal-muasalnya, ternyata semuanya datang dari hal-hal kecil yang sengaja mereka praktikkan, yang mungkin pada mulanya mereka paksakan, namun lama-kelamaan membiasa sampai mendarah daging.

3. Mengevaluasi hari ini dan menuliskan apa-apa saja yang selesai dan tidak selesai.

Tidak semua orang bisa menjawab pertanyaan “Apa yang kamu selesaikan hari ini?” dengan mudah. Beberapa orang merasa bahwa mereka bisa saja tidak melakukan sesuatu yang produktif selama seharian penuh!

Orang-orang sukses, sebelum tidur punya kebiasaan mengevaluasi pencapaian-pencapaian mereka pada hari itu. Apa yang berhasil mereka selesaikan, apa yang tidak berhasil, bagaimana caranya agar besok selesai, dan lain sebagainya.

Yah, kalau daftar kegiatan saja nggak punya, apa yang mau di evaluasi?

4. Setelah mengevaluasi, mereka menuliskan hal-hal yang patut disyukuri hari ini.

Dalam sehari, Tuhan tidak hanya memberikan waktu sebagai anugerah. Dia juga memberikan nikmat-nikmat tambahan yang jarang kita sadari.

Orang-orang sukses menuliskan hal-hal yang patut disyukuri setiap malamnya. Setidaknya, tulis lima hal yang membuatmu bersyukur hari ini. Misalnya, kondisi keuangan yang layak, keluarga yang sehat, mendapat kabar dari mantan yang akan segera menikah dan lain sebagainya.

Mengingat hal-hal yang membuat kita bersyukur bisa meningkatkan kualitas tidur. Daripada tidur dalam keadaan stres memikirkan pekerjaan, lebih baik tidur dalam keadaan mensyukuri nikmat Tuhan.

BACA JUGA : 6 Cara Untuk Menghilangkan Stress

5. Memutuskan koneksi dengan dunia luar dan dunia kerja, bahkan sekedar mengecek emailpun tidak mereka lakukan.

Orang-orang sukses melakukan apapun yang berhubungan dengan pekerjaan selama seharian penuh. Tapi mereka tidak melakukan apapun saat jam tidur tiba. Mereka bahkan juga tidak melakukan hal sepele seperti memeriksa email atau akun jejaring sosial mereka. Karena mereka tahu, mengecek email, memeriksa DM twitter atau notifikasi Facebook dan Instagram ialah jalan untuk menuju jebakan yang lebih besar agar terus-terusan berselancar di dunia maya.

Memaksa tetap bekerja di jam yang seharusnya digunakan beristirahat, lebih banyak menimbulkan dampak negatif daripada dampak positif. Secara fisik, terus-terusan menatap layar komputer juga tidak baik bagi kesehatan. Secara psikis, otak akan mengalami kerusakan jika dipaksa bekerja terus-terusan.

Ingat Wovger, bukankah segala sesuatu itu ada masanya?

Gunakan dengan baik, apa-apa yang memang seharusnya untuk dilakukan pada saat itu. Hindari menunda-nunda. Karena penundaan, berarti adalah perampasan waktu yang mungkin seharusnya digunakan untuk kegiatan lain.

6. Mereka memberikan waktu tidur yang cukup bagi tubuh mereka.

Orang-orang sukses peduli akan kesehatan mereka. Mereka sadar bahwa waktu, selain diinvestasikan untuk uang, juga harus diinvestasikan untuk kesehatan. Saat jam istirahat, mereka memberikan hak istirahat yang sudah selayaknya didapatkan tubuh.

Itulah kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan orang-orang sukses sebelum mereka tidur. Saat-saat sebelum tidur adalah waktu ‘me time’ mereka. Sama sekali tidak terdapat tanda-tanda mereka memainkan smartphone sebelum tidur.  Sebaliknya, mereka justru memutuskan hubungan dengan dunia luar ketika hendak tidur.

BACA JUGA : 

Suka tidur terlalu lama? Hati-hati, 6 resiko fatal ini akan Kamu rasakan!