Hindari melakukan kebiasaan-kebiasaan ini, atau otak akan rusak secara perlahan!

kerusakan otak

Kebanyakan dari kita melakukan aktivitas sehari-hari seperti bekerja, bermain, makan, tanpa memperhatikan kesehatan tubuh. Kita melakukannya seolah-olah kita sehat terus seumur hidup.

Tanpa disadari, aktivitas kita telah menjadi gaya hidup yang bisa merusak tubuh. Bagian tubuh yang jarang diperhatikan kesehatannya adalah otak. Organ unik ini terdiri dari miliaran sel yang mengirim sinyal dari kepala hingga ujung jari kaki.

Ia mengontrol semuanya mulai dari bernafas hingga berdetaknya jantung. Ia juga mengontrol reaksi dan emosi kita terhadap suatu hal. Ia menyimpan jutaan memori selama kita dilahirkan hingga saat ini, mulai dari yang sesederhana nama diri sendiri hingga yang serumit persamaan matematika atau kemampuan memahami wanita.

Nah, Wovger pernah kebayang nggak sih jika seandainya otak kita rusak? Lalu tiba-tiba ia berhenti bekerja? Ngeri banget ya. Parahnya, justru kita sendirilah yang berusaha membunuhnya. Kebiasaan-kebiasaan ini ternyata bisa menimbulkan kerusakan otak.

Sebanyak apapun tugas yang kamu lakukan, jangan lupakan tidur. Kurang tidur menyebabkan kerusakan yang fatal, tidak hanya pada otak, tapi juga pada anggota tubuh lainnya.

Bukan hal yang mengejutkan, kalau kurang tidur tergolong sebagai salah satu kebiasaan yang merusak otak. Bagi beberapa orang, tidur cukup adalah suatu barang mewah yang jarang ia dapatkan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh San Diego Medical Centre membuktikan bahwa, dampak positif bagi orang kurang tidur dengan kecerdasan otak. Mereka dengan segaja mengatur responden agar kurang tidur selama 3 hari.

Kemudian setelah 3 hari, dilakukan tes sederhana tentang bahasa. Terbukti bahwa otak mereka tidak bisa konsentrasi karena kurang tidur. Kurang tidur menyebabkan keletihan, menurunnya konsentrasi dan cepat marah. Kalau yang mengalami ini wanita, apalagi ditambah ia lagi PMS, bisa-bisa selain cepat marah, ia juga sering marah-marah tanpa alasan yang jelas.

Terlalu banyak stres tidak baik bagi kesehatan otak. Sedikit demi sedikit ia akan mengikis ingatanmu.

Ketika stres melanda, otak memproduksi hormon khusus yang disebut hormon kortisol. Tingkat stres yang baik dan tidak berlebihan sangat berguna bagi kesehatan tubuh dan otak. Ia akan memperbaiki mood dan ingatan.

Stres dapat merusak otak jika terjadi secara berlebihan. Otak akan memproduksi hormon kortisol secara berlebihan yang tidak bagus bagi kesehatan dan tentunya mengakibatkan menurunnya ingatan. Menurunnya ingatan adalah akibat yang tidak baik. Kecuali, jika menurunnya ingatan terjadi pada kenangan masa lalu bersama mantan.

Seorang ahli menuturkan bahwa tingkat stres manusia di era sekarang lebih tinggi dibanding era-era sebelumnya sepanjang sejarah. Masalah keuangan, keluarga, percintaan, kesehatan, semuanya menumpuk menjadi satu.

Ingin otak cepat tumpul dan bodoh? Caranya gampang, istirahatkan ia dan jangan terlalu sering digunakan.

Jika jantung diciptakan untuk memompa darah dan untuk berdebar-debar saat bertemu gebetan, lalu hati diciptakan untuk mengelola racun dalam tubuh dan untuk memahami mana yang PHP serta mana yang memberi kepastian, maka otak diciptakan untuk berpikir. Bukan untuk didiamkan saja. Tidak pernah menggunakan otak untuk berpikir, sama saja dengan membiarkan ia menjadi tumpul dan bodoh.

Otak yang jarang digunakan tidak bisa berfungsi dengan baik. Bagaimana cara menggunakan otak agar ia terus berpikir? Wovger bisa mengisinya dengan aktivitas seperti membaca, belajar, aktif di pergaulan sosial, dan bergabung di organisasi. Selain otak terasah dan punya banyak teman, siapa tahu juga bisa ketemu jodoh.

Penelitian dari Universitas Michigan menunjukkan kalau orang-orang yang aktif di kegiatan sosial memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik daripada mereka yang tidak. Aktif di kegiatan sosial otomatis mendorong otak mereka untuk berpikir.

Sering melewatkan sarapan bisa memicu kerusakan otak.

Cukup banyak orang Indonesia yang melewatkan aktivitas ini. Kesibukan di pagi hari menyebabkan kita sering tidak sempat sarapan. Keharusan sampai tempat kerja tepat waktu dan kendala menembus lalu lintas menjadi fokus kita setiap pagi.

Sudah banyak penelitian yang membuktikkan efek sarapan terhadap kinerja otak. Membiasakan sarapan pagi secara teratur bisa meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan kemampuan memecahkan masalah.

Maka dari itu, Wovger setiap pagi jangan lupa sarapan ya, meski tak ada yang mengingatkan. Semangat!

Selain tidak baik bagi tubuh bagian dalam, kurang minum alias dehidrasi menyebabkan menurunnya fungsi otak.

Kewajiban minum air putih 2 liter per hari sebaiknya tidak kita langgar. Kalau masih ngeyel, akibatnya nggak main-main bagi otak loh.

Ketika kekurangan cairan, otak harus bekerja lebih keras untuk menyelesaikan suatu hal. Akibatnya, hal ini dapat memicu stres. Karena sebetulnya otak tidak perlu bekerja cukup keras jika tersedia banyak cairan.

Otak yang kurang cairan diibaratkan sebagai smartphone yang daya baterainya hampir habis. Dayanya akan lebih cepat habis meskipun tidak digunakan untuk apapun.

Memperhatikan kesehatan bukanlah kewajiban. Melainkan, kebutuhan. Kalau Wovger ingin sehat, ya perhatikan aktivitas selama ini. Mulai dari makanan yang dikonsumsi, menghilangkan kebiasaan yang merusak kesehatan seperti rokok, alkohol, begadang dan sebagainya.

Makanlah yang teratur, minumlah secara cukup dan lengkapi dengan olahraga.

Mungkin sulit, tapi pasti bisa. Tentunya kalau Wovger bersedia mengupayakannya.

Selamat mencoba!

Ohiya, baca juga :

Dengan mengaplikasikan 6 langkah ini, pecayalah, kecerdasan otakmu akan meningkat tajam