Siap untuk menikah tapi mengabaikan hal-hal ini, bisa membuat rencana pernikahanmu berantakan. Waspadalah!

menikah

Bagi beberapa orang, khususnya yang masih setia dengan status jomblo, pertanyaan “Kapan nikah?” adalah pertanyaan yang terkadang bikin sesak di dada.

Bila Wovger lebih memilih jawaban: “Minta do’anya aja deh ya,” sebaiknya itu bukanlah sesuatu yang dianggap remeh atau dinomerduakan. Paling nggak, sejak sekarang Wovger sudah mengetahui apa saja yang memang harus disiapkan ketika moment itu tiba. Biar apa? Biar rencana pernikahan Wovger nggak berantakan, dan berjalan sesuai yang diharapkan.

Nah, biar makin jos, berikut Wovgo kasih tips yang bisa Wovger lakukan untuk menyiapkan segalah hal tentang pernikahan:

1. Percaya deh, meski Wovger nggak suka dengan hitung-hitungan, dalam kasus ini hal tersebut sangat diperlukan.

Bukan tanpa alasan, sebab Wovger akan dituntut untuk membuat pembukuan awal mengenai anggaran pernikahan. Hal pertama yang bisa Wovger lakukan adalah dengan menentukan biaya yang bakal dikeluarkan untuk keperluan menikah.

Karena tentu saja konsep acara pernikahan bakal menyesuaikan anggaran yang Wovger punya. Setelah itu, rancanglah anggaran yang lebih detail dengan membaginya berdasarkan kategori. Misal, dana untuk panggung, dana untuk hidangan dan lain sebagainya.

2. Karena jadi moment terpenting dalam hidup, tak ada salahnya untuk mengikuti kursus pernikahan.

Kalau ini, berlaku dalam kepercayaan tertentu, di mana para calon pengantin diwajibkan untuk mengikuti kursus persiapan pernikahan. Bukan sembarang kursus, kursus ini adalah upaya untuk mendapatkan sertifikat yang nantinya bakal jadi persyaratan menikah secara agama.

Oh ya, kursus ini harus dilakukan secara bersama. Jadi Wovger nggak bisa datang sendirian tanpa mengajak pasangan. Bila tertarik, Wovger harus rajin mengecek jadwal kursus pernikahan dari sekarang. Soalnya, kursus ini nggak setiap saat bisa dilakukan

3. Dari jauh-jauh hari, Wovger harus pesan apa yang biasanya susah untuk didapatkan, seperti tempat, katering dan perias.

Hal ini mengingat bukan hanya Wovger saja yang akan menikah. Ada banyak pasangan diluar sana yang juga akan melangsungkan pernikahan.

Jadi, cobalah dari jauh-jauh hari Wovger sudah memesan apa yang memang dibutuhkan dalam acara pernikahan. Biasanya sih, hal yang harus diprioritaskan adalah tempat, katering, dan perias.

Sesuaikan juga dengan kebutuhan pasangan Wovger, jangan berpihak pada diri sendiri ya…

4. Karena tak ingin ada hal yang mengganjal, buatlah komitmen yang benar-benar sportif.

Untuk masuk ke jenjang yang lebih “tinggi” dari sebuah hubungan, Wovger dan pasangan harus membuat komitmen yang sportif. Hal ini tentu saja harus dibicarakan sebelum pernikahan dilakukan. Carilah pertanyaan-pertanyaan yang dirasa mengganjal dan temukan jawabannya sebelum hari H tiba. Terutama komitmen untuk saling percaya dan menjaga.

Oh ya, jangan lupa juga mendiskusikan tentang pendapatan kalian berdua ya… ke depannya, hal ini bisa jadi krikil yang menganggu, bahkan bisa berakibat buruk untuk rumah tangga Wovger kalu kalian tidak pernah terbuka satu sama lain.

5. Siapkan segala hal yang terkait dengan pemberkasan.

Untuk urusan Catatan Sipil, Wovger harus menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan. Berkas pertama yang harus Wovger miliki adalah surat pengantar dari Ketua RT yang nantinya akan ditunjukkan ke Kantor Kelurahan.

Nah, sebelum bisa memiliki surat pengantar RT ini, Wovger harus membawa fotocopy KTP dan KK. Bila sudah melapor ke RT, barulah Wovger ke kantor kelurahan untuk mengurus berkas-berkas lainnya.

6. Berjanjilah untuk setia mengarungi bahtera rumah tangga sampai rambut memutih.

Setelah melewati semua persiapan pernikahan, ada hal yang sangat penting untuk didiskusikan. Apa itu? Jangan lupa (meski sekilas) untuk membahas bagaimana rumah tangga kalian akan dilalui. Pada dasarnya, hal ini merupakan titik sentral dari acara pernikahan itu sendiri.

Banyak calon pengantin yang luput dari bahasan ini.

Ya, hal pertama adalah kepercayaan untuk selalu setia menjalani rumah tangga yang meski terkadang ada krikil tapi harus tetap berdua. Toh, namanya juga hidup, kan nggak asik juga kalo lempeng terus… asal tetap berdua, semua pasti bisa diatasi kok, 🙂

***

Nah, gimana Wovger? Sudah siap melangkah ke jenjang lebih tinggi? Semoga segala yang direncanakan bisa berjalan dengan baik dan tak ada yang kelupaan ya…

BACA JUGA :

Girls, kamu pengen segera dilamar tapi bingung gimana nge-kode-in dia? Coba cara-cara ini deh