Gagal adalah harga yang harus dibayar oleh semua pebisnis akibat ke-belum-tahu-annya. Baca buku-buku ini untuk menambah wawasanmu tentang bisnis

buku bisnis

Menjadi entrepreneur hukumnya wajib buat banyak dan terus belajar. Wovger mau gak mau harus mempelajari hal-hal funadamental dalam bisnis seperti mengatur keuangan, inventory, aset perusahaan, hingga karyawan.

Sayangnya ketika banyak anak muda yang ingin menjadi entrepreneur, mereka masih grusah-grusuh. Wovger harus mulai memperlengkapi diri dengan berbagai ilmu supaya proses perintisan bisnisnya bisa sedikit lebih lancar, dan Wovger gak buta-buta amat gitu.

Ada banyak buku yang bisa Wovger baca untuk menginspirasi dalam proses perintisan usaha. Hal-hal yang lebih taktis yang dibedah oleh para CEO terkemuka melalui bukunya atau buku-buku bisnis yang membahas berbagai hal-hal fundamental tentang ilmu bisnis. Wovger harus siap melahap semua ini.

Bener sih, katanya praktek langsung adalah proses belajar paling efektif. Tapi ada baiknya Wovger tetap memperlajari hal-hal basik dalam bisnis melalui banyak sumber buku, sehingga dalam prakteknya Wovger sudah punya landasan dan bukannya melakukan tindakan ngawur yang bisa berakibat fatal pada rintisan usaha milik Wovger.

Nah disini Wovgo akan memberikan beberapa rekomendasi buku yang bisa Wovger pelajari dan baca-baca sebagai refrensi sebelum memulai bisnis.

Bussiness Adventures : Twelve Classic Tales from the World of Wall Street.

Bussiness Adventures  Twelve Classic Tales from the World of Wall Street”

Foto : www.tinysummaries.com

Wovger tau Bill Gates? Yups, dia adalah Founder dari Microsoft. Buku ini sangat disukai Bill Gates, setelah dia mendapat rekomendasi dari seorang pakar pasar saham, Warren Buffet.

Buku ini tidak lagi beredar di pasaran sampai publik mengetahui bahwa dua tokoh kenamaan tersebut mengagumi buku ini. Dua tokoh bisnis dunia ini saja sudah membuktikan bagaimana sangat menginspirasinya buku ini, saatnya Wovger sendiri yang membuktikan.

Business Model Generation oleh Alexander Osterwalder.

Business Model Generation Alexander Osterwalder

Foto : it-strategy.consulting

Sekarang sudah semakin banyak model usaha. Tak ayal jika hal ini membuat Wovger bingung ingin memulai usaha atau bisnis jenis apa. Nah, buku ini sangat tepat untuk menjawab itu semua. Osterwalder meramu berbagai tips keren yang bisa Wovger gunakan untuk membuat bisnis model baru hingga memenangkan bisnis.

Buku ini cukup praktis dan penuh inspirasi untuk setiap orang yang berusaha keras meningkatkan model bisnis atau membuat model bisnis yang baru.

Buku ini akan memberikan wawasan mengenai teknik inovasi yang praktis dan ampuh yang saat ini digunakan oleh perusahaan dunia terkemuka. Wovger juga akan belajar bagaimana memahami, mendesain, dan menerapkan sebuah model bisnis baru secara sistematis-atau menganalisis dan merenovasi model bisnis lama.

The Start-Up Of You oleh Reid Hoffman dan Ben Casnocha.

The Start-Up Of You

Foto : dowhatyouloveforlife.com

Reid Hoffman adalah salah satu penggagas LinkedIn, dan melalui buku ini ia menuangkan semuanya. Reid Hoffman dan Ben Casnoscha menyajikan paparan tentang ide DNA Start-up. Bagaimana sebagai seorang entrepreneur juga harus bisa bertahan hidup dengan mengelola segala macam resiko. Buku ini tidak hanya membahas dalam ranah perusahaan atau tapi juga untuk karir seseorang (employeeatau self employee). Jika membaca buku ini Wovger seperti berguru langsung dengan dua orang luar biasa ini.

The Founder’s Dilemmas: Anticipating and Avoiding the Pitfalls That Can Sink a Startup, Oleh Noam Wasserman.

The Founder’s Dilemmas Anticipating and Avoiding the Pitfalls That Can Sink a Startup

Foto : ceedthefuture.com

Buku ini dibuat berdasarkan hasil penelitian Wasserman di Princeton, mempelajari founder dari banyak industri dan merinci pengalaman mereka. Buku ini berfokus pada membantu para entrepreneur mengambil langkah-langkah proaktif untuk menjaga mereka dari kesalahan yang dapat berdampak sangat negatif pada bisnis mereka.

Lean Startup: How Today’s Entrepreneurs Use Continuous Innovation to Create Radically Successful Businesses, oleh Eric Reis.

Lean Startup How Today’s Entrepreneurs Use Continuous Innovation to Create Radically Successful Businesses

Foto : famolution.com

Dibuku ini Wovger akan diajar tentang salah satu perjuangan terbesar yang akan dihadapi dalam membangun bisnis sendiri yaitu arus kas. Buku ini akan mengajarkan Wovger bagaimana untuk secara efektif mengelola anggaran, memungkinkan Wovger bisa bebas berinovasi dan membuat jalan di dunia bisnis.

Peter Principle: Why Things Always Go Wrong, oleh Laurence J. Peter and Raymond Hull.

Peter Principle Why Things Always Go Wrong

Foto : www.etsy.com

Sebuah buku yang siap membantu Wovger untuk memahami ketika Wovger sudah mencapai “titik ketidakmampuan”. Disini Wovger juga akan diajar bagaimana merekrut orang-orang hebat untuk membantu bisnis yang sedang Wovger kerjakan bisa berjalan.

Disney Way: Harnessing the Management Secrets of Disney in Your Company, by Bill Capodagli and Lynn Jackson.

Disney Way Harnessing the Management Secrets of Disney in Your Company

Foto : entrepreneur.com

Melalui buku ini Wovger akan belajar bagaimana untuk menciptakan lingkungan kerja yang paling produktif, efektif dan positif bagi karyawan  dan pelanggan, tentu saja dengan mengadopsi cara Disney.

Behind the Cloud: The Untold Story of How Salesforce.com Went from Idea to Billion-Dollar Company-and Revolutionized an Industry, oleh  Marc Benioff and Carlye Adler.

Behind the Cloud - The Untold Story of How Salesforce.com Went from Idea to Billion-Dollar Company-and Revolutionized an Industry

Foto : entrepreneur.com

Buku ini akan membuka wawasan Wovger tentang bagaimana suksesnya inovasi yang dilakukan oleh salesforce.com. Disini Wovger akan diajar bagaimana menggunakan keunikan dari usaha atau bisnis yang Wovger miliki untuk bisa mendapatkan pendapatan yang besar.

***

Sudahi dulu Wovger malas membaca, sudah saatnya Wovger yang berjiwa entrepreneur untuk suka membaca dan menimbun segala macam ilmu untuk kebutuhan mendirikan bisnis. Masih ada banyak buku yang bisa menjadi sumber ilmu dalam mendirikan usaha? Jangan segan-segan menambahkan di komentar.