Jangan ikut organisasi! Bahaya! Kamu akan dapat 6 hal ini kalau tetap memaksa

UII Jogja

Sedari kecil kita sudah dibiasakan berorganisasi. Pramuka, OSIS, dan ekstrakurikuler merupakan beberapa sarana organisasi saat itu. Tapi kita kecil tidak begitu menyadari betapa pentingnya organisasi. Belajar dan belajar yang diutamakan.

Seiring dengan beranjak dewasa, kita besar kini mulai menyadari betapa pentingnya organisasi. Belajar dan berorganisasi adalah dua hal yang sama pentingnya, yang tidak terpisahkan satu sama lain. Di organisasi, kita belajar. Saat belajar, kita berorganisasi.

Wadah-wadah yang bisa kita masuki ikut bertambah. Tidak hanya sebatas pramuka, ekskul, dan OSIS. Kita bisa menjadi apapun yang kita mau. Hampir setiap bidang memiliki beberapa organisasi di dalamnya.

Tapi masih banyak juga teman-teman yang ragu akan pentingnya organisasi. Mereka masih takut kalau-kalau organisasi menyita seluruh waktu. Sedangkan manfaatnya tidak sebanding dengan waktu yang sudah diinvestasikan. Menurut Wovgo, tidak demikian. Kamu akan mendapat manfaat yang lebih banyak dari waktu yang kamu korbankan. Nggak percaya? Simak dulu deh yang satu ini.

1. Tidak diragukan lagi, apapun organisasi yang kamu ikuti, ia akan mengasah soft skill yang kamu miliki. Bahkan tanpa kamu minta.

organisasi mahasiswa asah softskill

Foto : lpm.urindo.ac.id

Ada hard skill, ada soft skill. Kalau hard skill menampilkan keahlian yang bisa dilihat dengan mata, maka soft skill sebaliknya. Contoh hard skill yaitu kemampuan berbahasa inggris, jenjang pendidikan, bakat dan keterampilan khusus, nilai rapor, dan nilai IPK. Semua hard skill bisa dilihat dengan kasat mata.

Soft skill tidak bisa dilihat dengan mata tapi bisa dirasa. Misalnya, kemampuan berbicara, keberanian menyampaikan pendapat, keahlian menganalisis perilaku orang lain, keahlian memahami kebutuhan orang lain, dan yang sejenisnya.

Soft skill hanya bisa didapatkan di organisasi. Meski tidak kamu minta, mau tidak mau kamu akan menguasai berbagai kemampuan di atas.

2. Memperluas jaringan dan pertemanan dengan bermacam-macam orang.

organisasi membuat lebih banyak teman

Foto : fmscipb.blogspot.com

Di semua organisasi tidak mungkin anggotanya memiliki karakter yang sama. Mereka berasal dari latar belakang yang berbeda-beda.

Organisasi mengizinkan kamu untuk berteman dengan mereka karena kalian memiliki satu tujuan dan ketertarikan yang sama.

3. Peluang dapat pasangan lebih besar. Banyak lho yang cinlok di organisasi.

ikamma UGM

Foto : softaminous1.rssing.com

Ini dia bonus keuntungan yang bisa kamu dapat. Bingung kemana lagi harus cari pasangan? Ikut organisasi aja. Ketemu orang baru, temen baru, dan pacar baru.

Setidaknya di sini kamu dan calon pasanganmu sudah memiliki satu kesamaan. Sama-sama tertarik dengan bidang yang ingin kamu kuasai dan sama-sama satu visi dengan organisasi.

4. Kamu akan dikenal lebih banyak orang. Cara ngartis yang paling cepat.

organisasi mahasiswa untuk percaya diri

Foto : himamanuny.wordpress.com

Ingin akun jejaring sosialmu memiliki banyak follower? Kuncinya, sering-sering ketemu orang baru dan menjalin komunikasi dengan mereka.

Tempat yang efektif untuk bertemu banyak orang di satu waktu adalah melalui organisasi. Kamu bisa betemu puluhan orang sekaligus di waktu yang sama daripada kamu harus bertemu mereka satu per satu.

Bonus lainnya, kalau kamu merupakan anggota aktif, kamu lebih cepat dikenal dan pastinya lebih eksis. Kepopuleran yang tidak sempat kamu rasakan di bangku sekolah bisa sepenuhnya kamu dapatkan! Syaratnya cuma dua, kamu harus aktif dan kontributif.

5. Sedikit demi sedikit, rasa canggungmu terhadap orang lain menguap ke udara. Terbang entah kemana.

berorganisasi

Foto : www.diskusilepas.com

Kamu yang dulu penakut, tidak percaya diri, dan minder bisa berubah 180 derajat dengan berorganisasi. Seperti yang sudah Wovgo bilang, bukan hanya rasa percaya diri yang bisa kamu dapat. Bonus-bonus lain seperti pasangan dan kepopuleran cukup menjanjikan. Bukan janji manis belaka.

6. Berorganisasi memberikan cara pandang baru bagi kamu tentang banyak hal.

mahasiswa UB

Foto : prasetya.ub.ac.id

Cara pandang kamu terhadap dunia dan isinya bisa berubah 180 derajat. Orang-orang yang kamu temui dari latar belakang berbeda memiliki cara pandang yang unik dan menarik. Kamu bisa belajar dari mereka tentang kebijaksanaan dan kehidupan.

Setiap anggota di dalamnya adalah guru yang bisa kamu ambil ilmunya.

Telah Wovgo jabarkan satu per satu keuntungan berorganisasi. Nggak ada ruginya kok Wovger. Nggak percaya? Boleh deh dicoba. Setidaknya Wovger harus mencoba dulu sebelum melakukan penilaian. Selamat mencari wadah yang tepat untuk menampung kreativitas Wovger!

Jadi,… masih mau lanjut buat ikut organisasi?