Kalau lagi ke Jawa Timur, jangan lupa sekalian berwisata ke Gresik. Karena tempat-tempat keren ini siap bikin kamu terpikat!

telaga ngipik

Gresik, letaknya yang berbatasan dengan Surabaya, membuat kota industri ini menjadi salah satu kota yang banyak dikunjungi. Meski demikian, Gresik ternyata menyimpan destinasi wisata yang sungguh menawan. Terlepas dari citra dengan hawa panasnya, Gresik memiliki keunikan yang tak bisa ditemukan di tempat lain. Apa saja?

1. Meski terkenal dengan hawa panasnya, Gresik punya oase bernama Telaga Ngipik.

Telaga Ngipik Gresik

Foto : liburmulu.com

Bila merasa sumpek karena udara panasnya, Wovger bisa ke Telaga Ngipik. Suasana sejuk dan tenang seketika bisa dirasakan. Telaga yang juga dikenal dengan nama Taman Wisata Giri Wana Tirta ini, hanya berjarak sekitar 1,5 km dari alun-alun kota Gresik.

Selain bisa menikmati semilir angin yang menyejukkan, Wovger akan disuguhkan panorama telaga biru yang memukau. Dijamin, rasa sumpek dan panas karena bertengkar dengan pacar akan hilang seketika.

2. Coba ke ujung utara Gresik, ada Pantai Delegan dengan pasir putihnya yang sungguh menghipnotis.

Pantai Delegan Gresik

Foto : panduanwisata.id

Pantai Delegan merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Gresik. Tak heran Pantai Delegan banyak dikunjungi, terutama pada hari-hari libur. Pantai ini berada di Kecamatan Panceng, di mana terkenal dengan arus ombaknya yang tenang. Di Pantai Delegan, Wovger bisa menikmati pesona alamnya yang syahdu sambil bermain air sampai puas! Setiap bulan Agustus, Pantai Delegan menjadi lokasi perlombaan bahari.

3. Cek Gunung Kapur Sekapuk, area bekas galian tambang yang mirip candi.

Obyek wisata ini terletak di desa Sekapuk, kecamatan Ujung Pangkah. Di sini Wovger bisa melihat gunung kapur yang membentuk goa dan pilar-pilar besar. Bekas-bekas pahatan hasil penambangan, akan mengingatkan Wovger pada film-film fantasi. Oh ya, gunung ini mulai ditambang oleh warga sekitar sejak tahun 1950-an dan sekarang disulap menjadi kawasan wisata di kabupaten Gresik.

4. Lima kilometer dari gunung Sekapuk, Wovger akan melihat Bukit Jamur yang kian hari kian ramai pangunjung.

Bukit Jamur Gresik

Foto : gresikkab.go.id

Gresik memiliki bukit “jamur-jamur” raksasa, loh Wovger – bukan-jamur jamur rata yang ada di kulitmu. Letaknya di Kecamatan Bungah. Bukit yang merupakan lokasi bekas galian ini, sekarang menjadi destinasi andalan Kabupaten Gresik. Mengapa disebut jamur raksasa? Begini, di bagian bawah bekas galian ini kian terkikis karena hujan dan angin yang akhirnya membentuk bukit mirip jamur. Nggak ada salahnya ke sini, Wovger bisa jadikan Bukit Jamur sebagai landscape untuk berfoto.

5. Yuk tapaki jejak sejarah kota Gresik di Kota Lama.

Gresik Kota Lama

Foto : entegila.wordpress.com

Kawasan Kota Lama Gresik adalah tempat pas bagi Wovger yang ingin mengenal Gresik lebih dalam. Hal ini bisa dilakukan dengan menyusuri gang-gang di sekitar Raden Santri, Jalan Wahid Hasyim, Basuki Rachmat, Jalan Nyi Ageng Arem-arem, HOS Cokroaminoto dan Kampung Kemasan.

Wovger akan merasa  dibawa kembali ke zaman Gresik Tempoe Doloe. Selain itu, bangunan lawas dengan arsitektur klasik juga akan memanjakan mata Wovger. Beberapa bangunan seperti Gedung Parlemen, Masjid Jami, Garling, dan Kantor Pos Pelabuhan masih difungsikan sampai saat ini.

6. Di Gresik ada fenomena air berwarna biru bernama Sendang Banyu Biru Lowayu.

Sendang Banyu Biru Lowayu Gresik

Foto : Soloraya

Letaknya berada di Desa Lowayu, Kecamatan Dukun. Sendang ini memiliki air yang benar-benar berwarna biru meski perairan di sekitarnya tak berwarna. Yang menarik, hingga hari ini, belum ada penjelasan secara ilmiah terkait mengapa air di Sendang Banyu Biru Lowayu bisa berwarna biru. Konon, air yang ada sendang ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit, lho Wovger…

7. Terakhir, mampirlah ke makam Sunan Gresik dan Sunan Giri untuk menjernihkan hati dan pikiran.

pendopo sunan giri

Foto : ngeluyuran.blogspot.com

Setelah puas menjelajahi Kota Gresik, tak ada salahnya untuk mampir ke makam Sunan Gresik dan Sunan Giri. Hal ini tentu saja akan membuat Wovger bisa lebih bersyukur dan lebih menghargai hal-hal yang di dapat dalam hidup. Wovger bisa duduk bersimpuh, merenung, memikirkan rencana ke depan dan tentu saja berdoa agar semuanya baik-baik saja. Baik-baik saja – lagunya Ratu.

***

Nah itu dia beberapa destinasi di Gresik yang bisa Wovger kunjungi ketika berkunjung ke sana. Jika ada destinasi lainnya di Gresik yang nggak kalah menarik, bisa Wovger share di komentar.

Yuk ke Gresik!

Ingat! Tetap jaga kebersihan dan keaslian tempat yang kalian kunjungi!