Tanpa ngepet, kamu tetap bisa kaya dengan menerapkan hal-hal ini

kaya

Apakah kamu ingin menjadi kaya? Ah iya dong. Ini pertanyaan retoris yang tidak perlu dijawab karena jawabannya sudah bisa diduga: iya!

Banyak orang membaca buku untuk mencari resep menjadi kaya. Ikut berbagai macam seminar yang membocorkan rahasia menjadi jutawan. Tidak sedikit yang menginvestasikan keuangannya untuk menjadi kaya secepat kilat.

Tapi semua itu seolah menjadi gelembung sabun yang langsung pecah ketika membesar. Mereka tetap protes kenapa tidak kaya-kaya. Banyak yang tidak sadar bahwa kekayaan bukan tentang hal-hal besar. Kekayaan adalah tentang hal-hal kecil yang dikumpulkan dan dilakukan sedikit demi sedikit.

Di artikel ini Wovgo akan menyajikan sekumpulan hal-hal kecil yang jika dilakukan akan membuatmu menjadi kaya.  Hal-hal di bawah cukup sering luput dari perhatian kita. Apa sajakah itu? Simak dulu yang satu ini yuk.

 1. Jadikan uang sebagai temanmu, bukan musuhmu. Belum, kamu belum menganggapnya sebagi teman.

Pola pikir pertama yang harus kamu ubah jika ingin menjadi kaya adalah dengan mengubah sudut pandangmu terhadap uang. Alih-alih menganggap mereka sebagai musuh, kamu harus menganggap mereka sebagai teman.

Selama ini pendidikan kita mengajarkan kalau uang adalah sumber semua masalah. Kedudukannya disamakan dengan setan yang menghancurkan apapun. Sudut pandang inilah yang menyebabkan mengapa kamu tidak kaya-kaya.

Uang bukanlah sumber masalah. Ia sama sekali tidak berdosa dan tidak tahu apa-apa. Yang menjadi masalah adalah manusia yang menganggapnya sebagai masalah.

Satu lagi, orang Indonesia diajarkan untuk selalu merasa cukup atas apa yang mereka dapatkan. Ajaran ini sungguh ajaran yang mulia tapi akan menjadi salah kaprah jika diterapkan untuk mencari uang. Tumbuhkan perasaan selalu kekurangan uang dan wujudkan sebagai tindakan yang positif.

2. Ubah sudut pandang dari problem-oriented menjadi solution-oriented. Stop membahas masalah. Bahaslah solusi!

Tipsnya tentang sudut pandang lagi? Memangnya aku bisa kaya dengan cara ini?

Well, Wovger memang tidak bisa langsung kaya. Tapi tidak ada orang kaya yang terus-terusan membahas masalah.

Contoh nyatanya begini, orang kaya selalu mencari solusi atas permasalahan keuangan mereka. Mereka terus berpikir dan berusaha apa yang bisa dilakukan untuk menambah pemasukan.

Sebaliknya, orang miskin selalu menyalahkan diri sendiri mengapa ia tidak bisa berhemat. Akibatnya ia berhenti mencari penghasilan tambahan dan terus berhemat seumur hidup! Beda banget kan hasilnya?

Membahas masalah nggak akan ada selesainya. Lebih baik fokus mencari solusi. Kalaupun kamu tidak menjadi superkaya dalam hal keuangan, kamu sudah menjadi kaya dalam hal kebijaksanaan.

3. Pikirkan empat cara lain selain pekerjaan untuk menghasilkan uang agar proses menjadi jutawan terjadi lebih cepat.

Menunggu bos memberikan uang segudang mustahil untuk diharapkan. Paling mentok mereka hanya memberi beberapa ikat. Mungkin sih memberikan satu karung. Tapi emangnya Wovger mau gajian pakai uang receh satu karung?

Kalau kamu ingin cepat kaya, cari sumber pemasukan lain selain pekerjaan. Paling tidak harus ada empat alternatif. Tidak perlu cara yang membutuhkan banyak biaya.

Kamu bisa menyewakan motor atau mobil yang kamu miliki, jualan online, jadi Blogger, jadi YouTuber, kerja freelance, dan lain sebagainya.

4. Analisis keuangan pribadimu setiap bulan dan miliki tujuan keuangan yang lebih tinggi.

Orang kaya mana yang tidak bisa membaca laporan keuangan? Orang kaya mana yang tidak memiliki laporan keuangan? Ada sih, tapi mereka orang kaya lokal dan tradisional.

Lakukan pencatatan setiap bulan dan amati arus keluar-masuknya uang, darimana ia dihasilkan dan kemana ia dibelanjakan.

Tujuan keuangan maksudnya kamu harus punya tujuan mengenai uang yang kamu hasilkan. Kebanyakan orang tidak menjadi kaya karena tujuan keuangan hanya sebatas membayar tagihan. Orang-orang kaya tidak demikian. Tujuan keuangan mereka adalah untuk menghasilkan investasi jangka panjang.

Intinya kamu harus pandai membaca angka. Pandai membaca angka maksudnya pandai memahami apa yang terjadi sebenarnya dibalik angka tersebut.

5. Tips ini langsung bisa menjadikan kamu milyarder: menjadi menantu presiden.

Kalau Wovger menginginkan cara yang superr duperr instan untuk menjadi kaya, caranya gampang banget. Jadilah menantu presiden! Atau kalau nggak sanggup, cukup menjadi menantu pejabat politik di negeri ini.

Pasti deh, Wovger akan berubah menjadi pangeran atau putri sehari setelah menikah.

***

Bagaimana Wovger? Sudah siap untuk lebih kaya? Menjadi kaya tidak melulu tentang berapa uang yang kita miliki. Kaya lebih condong ke arah mental. Dengan mengubah pola pikir, pandanganmu tentang uang ikut berubah. Inilah salah satu kunci menuju kekayaan.