Tuban, Kota Wali yang identik dengan nilai religi serta tempat wisatanya yang memikat hati

Kota Tuban

Kabupaten Tuban merupakan sebuah kabupaten di Jawa Timur. Banyak orang yang menyebut Tuban sebagai kota Wali. Iyah, soalnya disini banyak banget makam-makam para Wali, dan kabarnya dulu menjadi salah satu kota di Jawa yang menjadi pusat penyebaran ajaran Agama Islam.

Tapi selain berbagai wisata religi, Tuban juga menyimpan banyak sekali pesona tempat wisata yang sangat luar biasa. Banyak wisata Goa dan Pantai disini. Hal ini karena letak geografis Kabupaten Tuban yang berada pada deretan Pegunungan Kapur Utara dan terletak di tepi pantai utara Jawa.

Nah disini Wovgo akan memberikan rekomendasi wisata selain wisata religi di Tuban, yang wajib dikunjungi oleh Wovger.

1. Pantai Boom, Bekas Pelabuhan Dengan Desain Arsitektur Luar Biasa.

pantai boom tuban

Foto : www.tubaninfo.com

Saat memasuki kawasan pintu masuk Pantai Boom, Wovger akan akan menemukan pintu masuk pantai yang berbentuk seperti layar perahu yang dihiasi juga dengan hamparan taman. Di taman bagian depan ini terdapat dua bangunan berbentuk pendapa dengan prasasti berada di dinding bangunan tentang sejarah Pantai Boom Tuban di Masa Lampau yang mempunyai peranan penting sebagai jalur pelayaran niaga dan pelabuhan pada masa kerajaan Airlangga, Singasari , Majapahit dan masa awal syiar Islam di Tanah Jawa.

Ketika Wovger masuk masuk pintu gerbang utama untuk membeli karcis Wovger sudah akan disuguhi karya arsitektur luar biasa berupa relief tentara tar tar disebelah kiri gerbang dan relief ronggolawe disebelah kanan gerbang.

Baru dipintu gerbang saja, sudah banyak hal menarik yang disuguhkan oleh tempat wisata ini. Tidak jauh dari pintu masuk terdapat sumber air tawar yang mengalir terus menerus. Konon sumur tua merupakan peninggalan belanda, tapi ada juga yang mengatakan ini merupakan peninggalan wali.

Di dalam kawasan pantai, Wovger akan menjumpai taman-taman asri yang dihiasi oleh pohon-pohon yang rindang. Disini Wovger bisa melakukan jogging atau berjalan-jalan sekedar menikmati suasana pantai.

Di sekitar pantai terdapat jalan yang menjorok ke laut. Jalan ini bisa Wovger gunakan untuk menikmati panorama laut. Disini juga terdapat beberapa gazebo yang bisa Wovger gunakan untuk melihat pemandangan saat matahari terbit ataupun terbenam. Sangat menakjubkan.

2. Pantai Kelapa Panyuran Tuban, Menghadirkan Keindahan Rindangnya Pohon Kelapa Disepanjang Pantai.

Pantai Kelapa Panyuran Tuban

Foto : YouTube

Seperti namanya, pantai ini menyuguhkan panorama indah pepohonan kelapa yang nyiur melambai di sepanjang pantai. Pantai ini berada di desa Panyuran, Kecamatan Palang, dengan jarak hanya 6 km dari pusat kota. Tapi karena posisi pantai yang ada disebuah perkampungan, jadi terkesan pantai ini tersembunyi.

Disini Wovger juga akan menemukan banyaknya penduduk lokal yang berprofesi sebagai nelayan, dengan berbagai aktifitasnya. Pantai ini sangat indah, teduh dan masih sangat alami. Pantai ini sering dijadikan tempat untuk berkemah juga. Jadi jika Wovger ingin merasakan beach camp, bisa mencobanya di pantai ini.

3. Pantai Cemara Dan Mangrove Center, Menjadi Tempat Nyaman Untuk Berwisata Gratis

Pantai Cemara Dan Mangrove Center

Foto : pergiberwisata.com

Pantai Cemara menawarkan pesona pantai yang ditepinya berjajar pohon cemara yang rindang. Disini Wovger bisa berteduh dan menikmati pesona indahnya pantai.

Di pantai ini, Wovger juga akan menemukan Mangrove Center yang dikelola oleh Bapak Ali Mansur. Untuk mengunjungi pantai dan Mangrove Center ini Wovger dibebaskan dari biaya tiket masuk. Wovger akan dikenakan biaya hanya untuk penggunaan listrik dan air bersih saja. Kapan lagi coba bisa wisata gratisan gini. Ada berbagai fasilitas seperti gazebo dan juga pondok yang bisa digunakan untuk melakukan pertemuan atau sekedar bersantai. Kabarnya pak Ali Mansur juga sudah melengkapi lokasi setempat dengan jaringan Wi-Fi lho. Keren kan.

Dipantai ini, Wovger bisa bermain air karena pantainya relatif dangkal dan ombaknya tidak begitu besar. Wovger juga bisa melakukan kemah disini. Sungguh tempat yang asyik untuk menghabiskan liburan.

4. Pantai Sowan, Mempesona Dibalik Ramainya Jalur Pantura.

Pantai Sowan Tuban

Foto : pergiberwisata.com

Pantai Sowan berada ditepi jalan pantura, Dusun Sowan, Desa Bogorejo, Kecamatan Banjar. Pantai Sowan memiliki pemandangan alam yang indah dan eksotis. Tempat wisata ini lebih dikenal dengan sebutan ‘Wana Wisata Sowan’. Di kawasan Pantai Sowa terdapat kawasan hutan di tepi pantai dengan luas sekitar 32 hektar. Berbagai jenis pepohonan tumbuh subur dikawan wisata ini, mulai dari pohon trembesi, klampis dan mahoni. Obyek wisata ini dikelola oleh KPH Perhutani Tuban.

Deretan pohon di area pantai ini membuat suasana yang seharusnya terasa panas membuat suasana pantai lebih sejuk dan bisa menjadi tempat bersantai. Buat Wovger yang suka berkemah dapat menjadikan kawasan tersebut sebagai tempat berkemah.

5. Pantai Remen, Mempesona Dengan Pasir Putihnya

Pantai Remen Tuban

Foto : www.novawijaya.com

Banyak pantai di kabupaten Tuban yang menjadi destinasi menarik untuk Wovger kunjungi. Pantai ini terletak di desa Remen kecamatan Jenu. Pantai Remen menyuguhkan pemandangan pantai yang menakjubkan dengan pasir berwarna putih cerah. Disini Wovger juga akan menemukan  danau besar dengan deretan pohon cemara laut yang seakan menyambut setiap pengunjung yang datang.

Pantai pasir putih ini ternyata masih baru lho. Pantai ini resmi dibuka baru pada 22 Pebruari 2015 dan dikelolah oleh pemerintah desa Remen. Terdapat banyak sekali tenda-tenda pedagang berjejer di sekitar pantai, terlihat sederhana yang tertata rapi dan bersih.

Pantai ini sangat terjaga kebersihannya, bahkan ada banyak tong sampah disepanjang pantainya. Kalo mampir kesini jangan dikotori yah.

6. Goa Ngerong, Tempat Wisata Dengan Sejuta Misteri Dan Kelelawarnya.

Goa Ngerong Tuban

Foto : akhmadzona.wordpress.com

Goa ngerong menarik banyak wisatawan lokal, apalagi saat masa-masa liburan. Banyak sekali wisatawan yang ingin mengunjungi Goa ini untuk menyaksikan ribuan kelelawar yang bergantung diatap goa.

Selain mempesona dengan keindahannya, goa ngerong ini juga menyimpan mitos atau misteri yang belum terkuak tentang ikan tawes dan kura-kura putih yang ada dikolam kecil didalam goa.

Wovger dapat menyusuri goa dengan perahu karet sambil menikmati pesona ribuan ikan didasar sungainya sambil kelelawar diatap goanya.

Dikedalaman kurang lebih 1000 meter, Wovger akan mendapati air terjun. Sungguh sangat menyenangkan menghabiskan waktu liburan disini.

7. Goa Akbar, Bekas Tempat Tinggal Sunan Kalijaga Yang Mempesona.

Goa Akbar Tuban

Foto : www.setapakkecil.com

Iyups, konon kabarnya goa ini dulu pernah menjadi tempat tinggal Sunan Kalijaga sebelum bertobat menuju jalan yang benar setelah bertemu dengan Sunan Bonang.

Wisata Goa Akbar cukup ramai karena lokasinya yang berada dibelakang Pasar Baru, Tuban.

Tempat wisata ini dikelola dengan sangat baik. Goa ini sudah dilengkapi dengan penerangan dan jalan paving. Adanya penerangan akan membuat Wovger mampu menikmati indahnya Staklatit dan Staklamit. Selain pesona Staklatit dan Staklamit yang indah, Wovger juga akan menikmati banyak hal lain seperti mushola, paseban wali, tempat wudhu dll.

8. Goa Putri Asih, Menyimpan Banyak Legenda Dan Mempesona Dengan Ornamen Batunya

Goa Putri Asih Tuban

Foto : wanawisataperhutani.blogspot.com

Untuk menempuh perjalanan kesini memang cukup sulit, karena Wovger harus melewati hutan dan menempuh perjalanan yang menanjak dan berkerikil sepanjang 2 km. Tapi jangan khawatir, perjalanan yang melelahkan itu akan terhapus dengan keindahan panorama alami gua ini.

Goa ini terkenal dengan berbagai ornamen batu didalamnya. Ornamen-ornamen itu diantaranya ornamen stalaktit, stalakmit, pillar (penyangga dari ruang kedua dan ketiga), gordyn (ornamen batu karena tetesan air yang sangat tipis hingga membentuk menyerupai kelambu atau selendang), soda strav, flow stone, helektit (batu yang tumbuhnya dari stalaktit yang tumbuh menyamping), heksentrik (batu ini tumbuhnya dari stalaktit tapi tumbuh menyamping kemudian naik keatas), dan calcite floor (berasal dari lelehan flow stone yang men yatu dengan tanah dan membentuk ornamen).

Goa ini memiliki 9 ruangan dengan pesona ornamen bebatuan yang beragam. Wovger wajib mengunjungi tempat ini untuk membuktikan bagaimana alam memproduksi keindahan.

9. Air Terjun Nglirip, Mempesona Dengan Wisata Air Dan Keindahan Alam.

Air Terjun Nglirip Tuban

Foto : Lulus Andika / gotuban.blogspot.com

Air Terjun Nglirip menjadi salah satu destinasi wisata alam yang cukup populer di kabupaten tuban. Wisata ini menyuguhkan eksotisme alam yang menakjubkan. Air sungainya berwarna biru tosca pada saat musim kemarau, begitu indah. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter.

Air terjun ini berada di dusun Jojogan Desa Mulyo Agung Kecamatan Singgahan. Jarak Dari Pusat Kota Tuban sekitar kurang lebih 37 KM kearah barat daya.

Dibalik pesona keindahan alamnya, tempat wisata ini menyimpan banyak misteri. Kabar mistik bahwa wisata air terjun Nglirip minta tumbal gadis perawan. Bahkan setiap tahunnya, air terjun Nglirip ini selalu memakan korban. Hati-hati kalo berwisata kesini yah, jangan lupa berdoa dulu.

10. Pemandian Bektiharjo, Taman Air Yang Menyenangkan Bagi Anak-Anak.

Pemandian Bektiharjo Tuban

Foto : wikimapia.org

Berbeda dengan kolam renang atau pemandian lain, air di pemandian ini berasal dari mata air alami. Dikawasan ini ada dua buah kolam yaitu sendang lanang dan sendang wadon. Bahkan sendang wadon difungsikan sebagai kolam renang berstandar nasional.

Disini juga ada fasilitas kolam renang buat anak dengan seluncuran dan permainan lain. Jadi pemandian ini sangat nyaman untuk tempat berlibur bersama keluarga dengan membawa anak-anak.

11. Pemandian Air Panas Prataan, Tempat Berwisata Sekaligus Berobat.

Pemandian Air Panas Prataan Tuban

Foto : YouTube

Tempat pemandian ini ada ditengah hutan kecil. Air panas di pemandian ini berasal dari sumber alami. Konon, warga sekitar percaya jika sumber Air Panas Prataan dapat menyembuhkan berbagai penyakit diantaranya penyakit kulit, gatal-gatal, encok, rematik, dan berbagai penyakit lainya. Bahkan banyak sekali orang-orang dari luar kota yang datang kesini untuk menguji khasiatnya.

***

Bagaimana apa Wovger sudah melongo melihat banyaknya tempat wisata indah bingits di Kabupaten Tuban. Mungkin masih ada banyak sekali wisata alam di Tuban yang belum Wovgo sampaikan. Bagi Wovger yang tahu dan ingin berbagi jangan segan-segan menambahkan dikomentar yah.