Katakan ‘I Love Monday’ dan lakukan ritual wajib ini agar harimu lebih ber-energi

Hello Monday

Hari Senin, seperti momok bagi sebagian orang. Ada perasaan malas yang masih tersisa pasca weekend.

Kegiatan berlibur, jalan-jalan, berbelanja terpaksa harus dihentikan untuk lima hari kedepan. Tugas dan deadline kerjaan kembali menyambut.

Kalau udah begini tak segan banyak orang menyebutnya ‘I hate Monday’. Padahal hari Senin bukanlah hari yang mengerikan, sama seperti hari-hari sebelumnya. Mungkin sudah tersugesti bahwa mengawali hari memang terasa sulit.

Nah, agar aktivitasmu kembali bersemangat seperti hari libur, ikuti tips berikut ini

1. Coret-coretlah sebentar di note kamu, buatlah agenda kegiatan sebelum bobok malam.

Ritual wajib sebelum tidur biasanya, cuci muka dan kaki kemudian berdoa lalu mapan tidur. Keesokan harinya ketika bangun, kamu bingung mau ngapain.

Nah mungkin ini yang menjadi kendala dan pemicu malas, pikiran kosong dan bingung akan mengerjakan apa atau mana duluan yang mau dikerjakan.

Jadi, sebelum tidur coba luangkan waktu untuk sekedar menyusun rencana seminggu ke depanmu. Mana yang hendak kamu lakukan secara prioritas. Pastikan juga taruh waktu khusus untuk memanjakan diri sendiri.

Dijamin ketika menghadapi hari Senin kamu udah punya pandangan tentang kehidupan.

2. Jangan lupa tersenyum, luangkan 5 menit pertama dengan bermeditasi.

Ritual ini tentang menjadi orang yang lebih sabar, tenang dan tentunya ramah. Sebenarnya, sejak bangun tidur kamu sudah diperlihatkan tentang kenyataan bahwa, kamu sudah diberikan anugrah untuk bisa menghirup udara pagi hari, melihat pemandangan luar rumah yang kadang membuat mu nggak mood.

Dengan meditasi, kamu bisa menjaga untuk fokus pada satu hal seperti irama pernapasan atau suara-suara yang memberikan ketenangan seperti suara laut atau suara bisikan angin.

Telah terbukti juga membawa banyak manfaat, termasuk mengurangi stres, meningkatkan fokus, meningkatkan memori, meningkatkan kreativitas, dan memperkuat rasa kedamaian batin.

Jadi bermeditasi selama lima menit pertama, dapat membuatmu lebih bersyukur atas apa yang kamu peroleh.

3. Bacalah quote yang membuatmu termotivasi.

Selain baca kitab suci yang bikin hati kamu tenang. Ada kalanya kamu browsing quote-quote manis yang bisa menyemangatimu ketika malas-malasan. Seperti ini :

“Every morning you have two chooses : continue to sleep with your dream or wake up and chase them”

Tulisan-tulisan yang mengandung makna positif, akan memperkuat energimu untuk tetap produktif.

Monday

Mereka akan selalu mengingatkanmu akan nilai-nilai kehidupan yang akan kamu raih, suatu pencerahan yang langsung menembak pikiran dan hati kamu untuk semangat kembali.

4. Perdengarkan telingamu dengan lagu-lagu yang berenergi.

Beragam  pilihan lagu yang bisa kamu gunakan untuk mengisi hati. Pilihlah yang bisa membangkitkan daya juangmu seperti lagu bergenre menghentak dan gembira. Hindari lagu galau di pagi hari, apalagi lagu soft yang membuatmu makin mengantuk.

Dengan mendengarkan lagu, kamu akan dibawa ke dunia relaksasi yang bisa membuatmu sedikit lupa bahwa pekerjaan menumpuk hari ini.

5. Jangan lupa sarapan, tapi sesekali bolehlah masak masakan yang spesial buat di bawa ke Kantor.

Fungsi sarapan sangat penting untuk energi tubuh, hal itu juga bisa mempengaruhi priduktifitas kerja.

Tapi terkadang, karena terburu-buru bekerja bikin hidangan pagi hari nggak sesuai selera.

Siasati dengan cara memanjakan lidah di hari libur atau pas weekend. Buatlah makanan sehat, bernutrisi dan yang pasti bikin kamu happy. Sisakan sedikit untuk di bawa kekantor keesokan harinya. Kamu juga nggak perlu repot masak lagi atau bingung beli makanan di luar Kantor.

Selain membuat perut  kenyang, hal ini juga bisa mempengaruhi mood kamu dalam melaksanakan rutinitas bekerja.

6. Kurangi kesan sibuk di hari Senin.

Banyak orang suka menduga dan mengesankan bahwa hari Senin adalah hari yang penuh akivitas. Padahal sebenarnya, semua bisa dikoordinir dengan baik di hari Jumat. Hindari mengerjakan deadline kerja pas weekend.

Jika kamu memang memiliki pekerjaan yang menumpuk, maka selesaikan sebagian di hari Jumat. Nggak masalah Jumat lembur, yang penting kamu udah mengurangi kerjaan. Kamu jadi sedikit santai dan nggak terburu-buru untuk menuntaskan pekerjaan di hari Senin.

Intinya, usahakan untuk tidak memberi beban berat di hari Senin. Hal tersebut untuk menghindari perasaan malas.

7. Jangan berhenti produktif walaupun saat weekend.

Kalau  kamu terbiasa melakukan hibernasi saat weekend, mulai sekarang cobalah untuk mengubah kebiasaan tersebut.

Lakukan kegiatan yang produktif seperti olahraga, mengisi waktu dengan hobi yang belum sempat terlaksana atau belajar hal-hal baru lainnya.

Selain sehat dan banyak manfaat, dapat mengurangi rasa malas. Waktu kamu juga nggak terbuang sia-sia.

Ini juga akan menegaskan pada diri kamu bahwa, hari liburpun masih tetap produktif dengan caramu sendiri sehingga untuk keesokan hari akan jauh lebih siap dalam bekerja.

8. Berhentilah untuk mengeluh, hari Senin juga bakalan datang.

Selagi masih hidup, orang tidak akan berhenti mengeluh akan kenyataan bahwa “Tomorrow is Monday”.

Nggak ada gunanya mengeluh karena hari Senin akan datang juga.

Yang perlu kamu lakukan adalah tetap menyemangati diri sendiri, lakukan yang udah Wovgo saranin biar lebih fokus and stay health.

Nikmati roda kehidupan ini, semakin kamu banyak mengeluh semakin berat beban hidup kamu. Keep calm and Stay Productive.