Offline saja tidak cukup. Pengusaha harus belajar menjalankan bisnisnya secara online

bisnis go online

Wovger sudah punya bisnis? Pernah gak kepikiran buat ngembangin bisnisnya melalui internet? Yah bisa dibilang bisnis yang “Go Online”.

Sekarang internet sudah semakin berkembang. Hampir semua orang sekarang sudah terkoneksi dengan internet. Apalagi sudah banyak orang yang memiliki smartphone yang bisa terkoneksi dengan Internet, jadi internet sudah menjadi bagian hidup masyarakat di era ini.

Dengan semakin berkembangnya internet dikalangan masyarakat ini juga yang membentuk sebuah gaya hidup baru di masyarakat. Masyarakat sekarang ini mencari segala sesuatu di Internet. Mulai dari mencari informasi, barang ataupun jasa.

Hal inilah yang harusnya mulai dilirik oleh para pengusaha untuk membawa bisnis mereka semakin dekat dengan masyarakat, dengan menjadikannya Online. Tapi masih banyak keraguan yang dimiliki oleh banyak pengusaha atau mungkin Wovger juga. Masih adanya keraguan, bagaimana prospeknya dan seefektif apakah nantinya dalam penjualan dan hal-hal lain.

Nah disini Wovgo akan memberikan beberapa alasan, mengapa bisnis milik Wovger harus segera Online.

1. Internet menjadikan bisnis milik Wovger mudah ditemukan.

Seperti tadi yang sudah dijelaskan diatas, hampir semua orang sekarang mencari informasi di Internet. Jika Wovger bisa membawa bisnis milik Wovger untuk Online, otomatis saat orang-orang mencari hal-hal yang bersangkutan dengan produk milik Wovger, akan lebih besar kemungkinan mereka akan menemukan website bisnis milik Wovger.

Contohnya saat ada orang yang butuh jasa membuat kaos, dan Wovger ternyata menyediakan jasa tersebut. Saat orang-orang tersebut melakukan pencarian, mereka akan menemukan semua website yang berkaitan dengan jasa pembuatan kaos dan website milik Wovger akan menjadi salah satunya. Nah dengan begini, bisnis milik Wovger akan lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen.

Saat bisnis milik Wovger mudah ditemukan, hal ini akan memberikan berbagai informasi ke konsumen. Mungkin mereka belum akan melakukan transaksi, tapi setidaknya konsumen sudah tau jika bisnis milik Wovger menyediakan produk yang mereka mau.

2. Internet mampu memperluas pasar bisnis. Dengan jangkauan pasar yang lebih luas tentu saja akan mampu meningkatkan penjualan.

Wovger bisa berinteraksi dengan pembeli di luar kota hingga luar negeri. Wovger tidak sekadar menunggu kedatangan tamu di toko, melainkan calon pembeli bisa langsung mencari produk yang Wovger jual melalui internet.

Saat Wovger membawa bisnis ini Online, semua orang diseluruh dunia akan mampu mengaksesnya. Bayangkan jika Wovger hanya membuka bisnis secara offline, kemungkinan pembelinya pasti hanya sebatas orang-orang dilingkungan itu. Tapi saat Wovger membawa bisnis ini Online, Wovger bisa mendapat konsumen diluar wilayah domisili milik Wovger.

Contohnya Wovger membuka bisnis di Jogja, orang Bandung bisa saja menemukan produk bisnis milik Wovger ini di Internet dan bisa membelinya.

3. Di Internet sangat mudah melakukan promosi, bisa dilakukan secara intens, dan lebih tepat sasaran. Biaya promosipun bisa dipangkas.

Saat membuka bisnis secara offline, Wovger harus mengeluarkan kocek lebih untuk membuat pamflet, brosur, spanduk atau yang lainnya. Itupun hasilnya kadang kurang maximal. Promosinya pun kadang tidak tepat sasaran. Saat Wovger melakukan promosi di internet,Wovger bisa mempromosikan lewat berbagai social media atau forum-forum internet dan tinggal mengerahkan calon konsumen ke website bisnis milik Wovger.

Di forum-forum internet biasanya sudah dipisahkan dengan berbagai kategori, dan pengunjungnya pun sudah tersegmentasi. Jika Wovger bisa melakukan promosi disitu otomatis promosi Wovger akan lebih tepat sasaran.

Selain itu, promosi di internet bisa dilakukan secara intens. Dengan promosi yang intens dan terus menerus tentu saja akan lebih menarik banyak konsumen untuk tau lebih dalam tentang produk milik Wovger.

Tapi ingat dalam promosi jangan melakukan spam yah, ini malah bisa menjatuhkan bisnis milik Wovger sendiri.

4. Waktu pelayanan diinternet lebih flexibel dan lebih leluasa.

Jika membuka bisnis secara offline, saat hujan pasti kemungkinan besar pengunjung akan berkurang. Jika di internet, hal ini tidak akan terjadi. Semua orang masih akan tetap bisa mengakses website milik Wovger dan Wovger masih tetap bisa melayaninya dengan leluasa.

Saat Wovger tidur atau jalan-jalan, bisnis milik Wovger akan tetap bekerja dengan sistem yang sudah dibangun. Setiap saat orang bisa berkunjung ke toko/kantor bisnis online milik Wovger tanpa batasan waktu, 7x24jam.

5. Membawa bisnis ke Internet akan memberikan kesan professional.

Bisnis yang sudah dibawa online tentu saja akan terlihat lebih profesional dan ini sangat bagus untuk branding. Kesan modern dan mengikuti perkembangan dunia digital tersebutlah yang akan membuat usaha milik Wovger nampak lebih professional.

Di media online ini Wovger juga akanlebih mudah menjelaskan tentang bisnis milik Wovger. Selain itu Wovger juga bisa memberikan testimoni dari customer. Dari sinilah calon kostumer yang baru, akan melihat kredibilitas dan brand awareness yang kuat.

6. Di Internet Customer akan diberikan kemudahan transaksi

Di dunia Online, Wovger bisa memberikan berbagai fasilitas yang memudahkan kostumer dalam melakukan transaksi. Customer tidak perlu repot-repot ke toko atau kantor bisnis milik Wovger. Mereka hanya perlu terkoneksi ke internet, melakukan transaksi secara online, melakukan pembayaran lewat transfer bank, dan produk akan dikirimkan kerumah secara langsung.

7. Trend pembelian produk secara online sedang naik

Berdasarkan dari data yang dikumpulkan oleh lembaga riset International Data Corporation (IDC), nilai transaksi jual beli melalui internet di Indonesia tahun 2011 tercatat sebesar 3,4 miliar dollar AS atau sekitar Rp 30 triliun. Angka yang cukup fantastis.

Dari data ini sudah bisa dilihat bagaimana trend sudah beralih. Dimana orang-orang sudah mulai mempercayai transaksi online. Trend ini akan terus menanjak dan Wovger harus mengikuti pergerakannya.

***

Sudah saatnya Wovger mengikuti perkembangan dunia digital untuk bisa semakin mengembangkan bisnis milik Wovger. Bagaimana apa Wovger masih ragu untuk membawa bisnis milik Wovger untuk Go Online. Ayok mulai Go Online untuk perkembangan bisnis yang lebih menakjubkan.