Mungkin kamu nggak tahu kalau sikat gigi bekas bisa dimanfaatkan. Bagaimana caranya? Ini dia!

sikat gigi bekas

Sikat gigi yang kita gunakan tidak mungkin digunakan terus-terusan dong. Dokter gigi menganjurkan kita untuk mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali. Setelah lebih dari tiga bulan, sebaiknya ganti sikat gigi? Mengapa? Karena bulu-bulunya mulai rusak dan banyak kuman yang menempel. Selain itu juga biar barang dari pabrik pembuat sikat gigi bisa laku. Kalau bukan Wovger yang beli, siapa lagi?

Setelah berganti sikat gigi baru, kemanakah sikat gigi lama? Apa, masih dipakai lagi? Astaga! Yang sikat giginya berakhir di tempat sampah, coba mana suaranya? Hmm, padahal sikat gigi lama bisa dimanfaatkan loh. Siapa bilang setelah tiga bulan ia harus pensiun selamanya. Tapi nggak dipakai lagi juga sih. Maksudnya, dimanfaatkan untuk hal lain.

Di sini Wovgo akan memberitahu kegunaan-kegunaan lain dari sikat gigi lama yang selama ini masih menjadi rahasia. Apa aja manfaatnya? Ini dia, cermati satu-satu ya.

1. Sikat gigi bisa digunakan untuk membersihkan perhiasan dan aksesoris yang bentuknya kecil banget.

Sikat gigi bekas untuk membersihkan

Foto : gia.edu/kunzite-care-cleaning

Kamu termasuk orang yang suka mengoleksi aksesoris? Seberapa banyak aksesoris yang Wovger miliki? Banyak banget? Apa, ada aksesoris mobil segala? Oke… oke… oke…

Banyaknya aksesoris yang kita miliki berbanding terbalik dengan waktu yang kita punya loh. Waktu kita sangat terbatas kalau hanya untuk membersihkan aksesoris. Apalagi jika bentuknya kecil dan banyak lubang kecil untuk dibersihkan, seperti cincin misalnya.

Dengan memanfaatkan sikat gigi lama, membersihkan aksesoris tidak lagi butuh waktu lama. Bulu sikatnya yang lembut dan halus bisa menjangkau hingga ke sela-sela. Ngomong-ngomong, kamu hanya butuh waktu 5 menit untuk membuat aksesoris bersih kembali.

2. Gunakan sikat gigi lama untuk membersihkan sela-sela sepatu yang susah dijangkau.

Sikat Gigi Untuk Daur Ulang

Foto : youtube.com

Kalau Wovger rajin membersihkan sepatu, sikat gigi lama adalah alat yang nggak boleh dilewatkan.

Bagian sepatu yang menutup jari-jari kaki susah untuk dijangkau dengan sikat biasa. Sikat biasa terlalu besar dan bahkan tidak bisa masuk dalam sepatu. Akibatnya, bagian tersebut tidak bisa dibersihkan.

Lain cerita kalau Wovger menggunakan sikat gigi. Bentuknya yang kecil membuatnya sangat mudah menjangkau bagian dalam sepatu. Ditambah lagi, bulunya yang lembut tidak akan merusak bahan sepatu.

3. Mau menyemir sepatu tapi nggak punya sikat sepatu? Pake sikat gigi aja.

Sikat Gigi untuk semir sepatu

Foto : ties.com

Lagi bingung cari sikat sepatu? Nggak usah bingung-bingung keleus. Cari aja sikat gigi bekas yang tidak terpakai.

Menyemir dengan sikat gigi malah akan memberikan hasil yang lebih bagus. Sudut-sudut terkecil yang tidak bisa dijangkau sikat sepatu, bisa banget dijangkau sama sikat gigi.

4. Selain untuk membersihkan aksesoris dan perhiasan, sikat gigi bisa banget kamu gunakan untuk membersihkan alat make-up.

Sikat Gigi Bekas

Foto : en.wikipedia.org/wiki/Brush

Selain aksesoris seperti yang sudah Wovgo sebutkan di atas, alat make up juga bisa dicuci dengan sikat gigi. Wovger bisa mencuci sisir yang biasa digunakan. Caranya, bilas sisir dengan air. Oleskan sabun ke sikat gigi, gosokkan ke sisir, bilas sampai bersih.

Wovger bisa juga membersihkan alat make-up lainnya seperti kuas blush on, kuas lipstick, dan masih banyak lagi.

5. Atau… kamu pakai untuk make up!

Sikat Gigi bekas untuk membersihkan alat make up

Foto : chicetoile.com

What?!! Pake sikat gigi untuk make up? Emang bisa? Gimana coba caranya?

Hmm, ini nih, ladies terlalu meremehkan sikat gigi. Manfaat terpendam sikat gigi untuk make-up banyak banget loh. Kamu bisa menyisir poni rambut, menyisir rambut alis, kamu juga bisa menggunakannya untuk menggantikan kuas maskara. Atau kalau ladies punya kumis, bisa juga tuh buat nyisir kumis. Ya, kan, yang punya kumis nggak cuma cowok doang.

Satu lagi, Wovger juga bisa sisiran dengan sikat gigi. Menyisir rambut di kaki, tangan, dan ketiak misalnya. Asal jangan sampai, kalau sikat gigi bekas itu biasa buat nyisirin rambut ketek, terus berikutnya dipakai buat nyisirin rambut kepala atau bulu hidung. Jangan ya, pokoknya jangan.

6. Kalau punya banyak banget sikat gigi bekas, itu bisa diolah menjadi berbagai macam kerajinan yang menarik loh.  

Sikat gigi bekas dimanfaatkan untuk daur ulang

Foto : deltadentalvablog.com

Wovger bisa memanfaatkan sikat gigi bekas dalam jumlah banyak banget untuk membuat kerajinan tertentu. Justru hal ini malah bisa menjadi peluang bisnis.

Dan lagi, Wovger bisa sekaligus menjadi penyelamat lingkungan. Beberapa kreasi sikat gigi misalnya gantungan baju, gelang, bando, dan masih banyak lagi.

Syukur-syukur, kamu bikin kreasi sendiri menggunakan sikat gigi bekas. Kreasi yang belum pernah dibikin oleh manusia manapun sebelumnya.

***

Itulah manfaat-manfaat sikat gigi bekas yang bisa kamu gunakan. Dengan tidak membuang sikat gigi lalu memanfaatkannya untuk hal yang lain, kamu sudah membantu mengurangi sampah di bumi. Jika dalam satu tahun setiap orang ganti sikat gigi sebanyak 4 kali, maka coba kalikan dengan jumlah penduduk di seluruh dunia. Kalikan lagi dengan jumlahnya dari tahun ke tahun, dibarengi dengan pertumbuhan penduduk di dunia ini. Wih, udah ada trilyunan sampah yang menggunung hanya dari sikat gigi doang.

Gunakan barang-barang daur ulang yuk Wovger. Agar tidak menimbulkan sampah yang lebih banyak. Selamat mencoba!