Sehat sempurna itu bukan hanya fisik, tapi mental juga. Tanda-tanda inilah yang menunjukkan mental kamu sehat

bahagia

Sehat mental dan sehat fisiknya. Dua bagian ini yang harus seimbang. Sehat fisiknya ditandai dengan tubuh yang bugar, kuat, nggak gampang sakit, penampilan selalu kece dan tampak berenergi setiap hari. Sedangkan mental yang sehat ditandai dengan kesederhanaanya, bagaimana respon antara kamu dan orang lain, apakah jutek atau welcome dan masih banyak lagi.

Nah, kali ini Wovgo akan berbagi tentang tanda-tanda orang yang bermental sehat itu seperti apa? Apakah hal ini udah ada dalam diri kamu, atau justru kamu sedang stres-stresnya dalam menghadapi sesuatu. Awas, itu salah satu gejala kalau kesehatan mental kamu mulai terganggu.

Orang yang bermental sehat itu…..

1. Orang yang selalu bersyukur.

Apa sih tujuan hidup kamu?

Kalau tujuan hidup kamu hanya untuk bekerja dan memandang sumber kebahagiaan adalah dari banyaknya uang yang kamu dapat.

Sepertinya harus dipikir ulang deh, mental kamu mungkin dalam kondisi tidak prima.

Kenapa? Orang yang bermental prima ditandai dengan rasa syukur yang banyak.

Hidup itu bukan serta merta untuk bekerja dan mencari uang, ada nilai yang tersembunyi di balik bumi yang bulat.

Rasa syukur yang hebat terhadap apa yang kamu miliki sekarang membuatmu menjadi manusia yang damai. Manusia memang nggak ada puasnya, tapi bisa dikalah dengan mengucap syukur.

Berdamailah dengan keadaan agar hidup dan batinmu tenang.

2. Orang yang mampu beradaptasi dengan lingkungan.

Kemampuanmu untuk beradaptasi terhadap perubahan bentuk apapun adalah hal yang menunjukkan bahwa kamu memiliki skill emosional yang baik.

Contoh yang sering terjadi di kehidupan adalah persoalan kerja, kamu yang awalnya berada di zona nyaman kini harus pindah lokasi kerja yang lumayan jauh dari rumahmu. Mau nggak mau kamu harus mulai beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Selain itu, kamu juga bisa dihadapkan dengan perubahan lain seperti menjadi mahasiswa baru, berubah menjadi anak kos, mencari pekerjaan yang nggak mudah dan lain sebagainya.

Ketika kamu mampu mengatasi tantangan tanpa rasa takut maka kamu sukses masuk golongan orang-orang yang bermental baja.

Seseorang yang memiliki mental sehat akan tetap berjuang untuk menggapai impiannya meskipun jalan yang dilaluinya sangat terjal.

Begitu juga orang yang berusaha untuk melupakan mantan meski se-baper apapun jalannya tetap ia lalui dengan kesehatan mental yang ia miliki.

3. Tanya pada dirimu apa yang membuatmu bahagia.

Jika kamu udah nemuin kebahagiaan jangan lupa di bagi ke teman-teman yang lain. Ajari mereka cara berpikir sehat agar hidup menjadi senang.

Salah satu cara adalah dengan mendaftar hal-hal atau kegiatan yang membuatmu sering tersenyum dan hendak kamu raih.

Entah itu hobi atau amalan baik yang bisa membuat orang lain ikut merasakan kebahagiaan. Seperti traveling, bersedekah, membuat event untuk anak yatim piatu, memancing dan banyak hal yang membuat kamu happy lah pokoknya…

Orang yang bermental sehat akan lebih sering membuat orang lain bahagia, karena diri sendiri sudah bahagia, nah sekarang waktunya kamu untuk dibahagiakan.

4. Orang yang bermental sehat mampu memberikan kasih sayang yang besar.

Benar! Orang yang bermental sehat itu mampu memberikan kasih sayang yang besar. Bukan cuma gombalan tapi aksi yang nyata.

Sayang pada Tuhan, orang tua, pacar, saudara, sahabat , hewan peliharaan, sayang pada pekerjaan, kakek nenek semuanya, akan memberikan dampak yang besar bagi kehidupan kamu.

Seseorang yang memberikan kasih sayang mampu berpikir secara logis bahwa dia tidak mau melihat orang-orang terdekatnya menjadi sedih dan muram. Maka, dia akan membagi kasih sayang bisa dalam bentuk perhatian, kesabaran, kejujuran bahkan materi.

Jika kamu sudah melakukan hal ini, dapat dipastikan otak kamu nggak konslet alias terhindar dari sakit mental.

5. Selalu memandang sesuatu dari sudut pandang yang positif.

Seburuk apapun masalahnya, kamu selalu memandang masalah itu dari sudut pandang lain. Dengan pemikiran yang positif tentunya.

Orang yang suka berpikir positif diimbangi dengan pengetahuan yang ia miliki, secara logis dan kritis membuat otak semakin terasah untuk kuat mental.

Dia akan menjadi pemecah masalah yang baik, berani mengambil keputusan dengan bijak disertai tanggung jawab dan segala resiko yang dengan mantap ia tanggung.

****

Kamu yang sampai akhir baca tulisan ini berarti kamu salah satu orang yang bermental sehat karena mampu memperluas wawasan dengan cara membaca.

So, jadikan diri kamu sehat sempurna ya…