Beginilah cara santan membuat hidup kamu jadi lebih sehat

santan kelapa

Mendengar kata santan, yang ada dalam benak kamu mungkin masakan yang berbumbu gurih dan sedap. Memang benar, santan adalah salah satu olahan dari kelapa yang diparut kemudian diperas. Berbeda sama air kelapa loh ya, kalau air kelapa lebih ke isi kelapa itu sendiri, warnanya juga agak bening.

Santan ini sering digunakan ibu-ibu sebagai tambahan bumbu masak. Berfungsi untuk pengentalan atau tambahan rasa gurih dan creamy. Tapi nggak semua makanan bisa dikasih santan sih. Ya kali, makan hamburger pakai santan.

Masakan yang ada santannya, diantaranya adalah rendang, kari, opor ayam dan masih banyak lagi. Tentunya itu semua melekat banget sama bumbu rempah khas Indonesia dong.

Pada kenyataannya, fungsi santan ini nggak sekedar untuk pelengkap masakan loh. Banyak banget manfaat lainnya.

Ada mitos yang mengatakan kalau santan itu bisa bikin gendut dan kolesterol. Bener nggak ya?

Menurut Wovger gimana?

Ketimbang penasaran, yuk lanjut baca aja.

1. Santan mengandung serat yang baik untuk jantung.

Mungkin mitos tentang santan bikin kolesterol, akan menjadi benar ketika kamu mengkonsumsi secara berlebihan.

Buktinya, makanan bersantan memang mengandung lemak. Tapi dia juga memiliki serat makanan yang cukup baik sebagai pengganti biji-bijian seperti gandum. Dia membawa 2,2 gram serat makanan dalam porsi 100gram.

Sehingga serat yang larut dalam santan itu baik untuk jantung dan penderita kolesterol tinggi.

Bagusnya lagi, kandungan serat yang tinggi dapat membantu mengurangi nafsu makan berlebih, karena sifatnya yang creamy membuat perasaan kamu selalu kenyang.

2. Cegah penuaan dengan susu kelapa.

Santan emang mirip seperti susu, nggak sedikit orang salah kira kalau yang dimasukkan ke gelas adalah santan. Apalagi kalau itu santan kental, benar-benar perpaduan yang pas disebut susu kelapa.

Uniknya, kandungan serat, lemak dan nutrisi serta antioksidan yang bisa melawan radikal bebas dan melindungi tubuh dari kerusakan sel dalam santan kelapa, bisa membantu mencegah terjadinya penuaan jika dikonsumsi secara rutin.

Kalau Wovger mau mengkonsumsi secara rutin, sebaiknya dalam bentuk yang matang ya. Santan juga bisa menjadi campuran makanan seperti pudding, yang tentunya menjadi alternatif yang pas untuk cemilan awet muda kamu.

Kalau bosan dikonsumsi, kamu bisa mencoba membuat masker dari santan, yakni dengan cara dioleskan ke wajah. Kamu akan merasakan manfaat pengencangan kulit tanpa facial.

Jadi, jangan menyepelekan cairan yang satu ini. Karena bisa bikin wajah kamu tampak seperti usia 19 tahun loh.

“Kalau usia saya 17 tahun, berarti jadi terlihat lebih tua dong?”

“Ya nggak gitu. Maksudnya, untuk yang usia di atas 19 tahun, jadi terlihat seperti usia 19 tahun. Gitu. Tapi ya nggak usia aslinya 90 tahun juga sih. Ketuaan!”

3. Pencegah anemia dan menguatkan tulang.

Anemia atau kurang darah akan terjadi pada tubuh yang tidak memproduksi hemoglobin dengan jumlah yang cukup. Alhasil, tubuh kamu cepat lelah, lemas kemudian pingsan.

Mengkonsumsi santan kelapa mencegah terjadinya anemia. Selain itu, dengan mengkonsumsi santan dapat membantu menyehatkan dan menguatkan tulangmu.

Tulang nggak hanya butuh susu yang mengandung kalsium aja, tapi juga zat fosfor yang bisa didapat dari santan kelapa.

4. Lauric Acid dalam santan bisa bikin kamu kebal terhadap serangan penyakit.

Kamu nggak perlu mandi santan kalau tujuannya biar nggak terserang virus. Tapi kamu cukup mencampurkan santan ke dalam panci dan buat jadi masakan yang lezat untuk dimakan aja.

Selain mengandung vitamin C untuk sistem kekebalan tubuh, si putih gurih ini memiliki Lauric acid (Asam Laurat) yang memiliki manfaat menarik seperti anti bakteri, anti jamur dan anti virus.

Lauric Acid ini didapatkan sebagian besar dari dalam santan dan memiliki kemampuan untuk menghalang penyakit.

Si Lauric ini memiliki efek membuat pembuluh darah lebih elastis dan membantu menjaga agar tetap bersih. Ini penting juga untuk menurunkan risiko seperti penyakit jantung dan atherosclerosis (peradangan yang terjadi pada dinding pembuluh darah)

5. Wovger ingin punya rambut lembut seperti Raline Shah? Bikin masker rambut dari santan aja!

Lemak dan kandungan vitamin E dalam santan kelapa dapat membantu melembabkan rambut sehingga jadilah rambut Raline Syah. Nggak percaya? Aplikasikan santan secara rutin pada rambut kamu sebelum keramas.

Santan segar dapat membuat kulit kepala jadi terhidrasi dengan baik dan menghilangkan kotoran yang menempel. Menyuburkan serta meningkatkan pertumbuhan rambut, yang pastinya juga cocok untuk kondisi kepala yang mengalami kebotakan.

Selain santan itu sendiri, ada juga minyak dari santan kelapa. Yakni menjadi minyak karena melalui proses penggorengan dari ampas kelapa yang udah diambil santannya. Itu juga berkhasiat untuk menyuburkan dan menghitamkan rambut loh.

*****

Intinya, pohon kelapa tuh dari atas sampai akar ada manfaatnya, namanya juga Tree of Life  iya nggak? Sampai ampas pun masih bisa dipakai. Nah kira-kira apalagi manfaat santan selain yang udah Wovgo tulis di atas?

Tulis di kolom komentar ya, Wovger.

Sumber : 7TopRank , LifeHack