Kamu yang anak kembar, pasti tahu gimana rasanya bertubi-tubi dicecar dengan pertanyaan semacam ini

anak kembar Sumber Foto : indopos.co.id

Anak kembar di dunia bukanlah suatu hal yang mengherankan. Meskipun tidak banyak yang terlahir memiliki kembaran, namun tidak sedikit pula yang terlahir kembar. Di antara pembaca, pasti setidaknya kalian mengenal sepasang anak kembar dong, baik itu teman, saudara atau bahkan Wovger sendiri.

Bagi orang yang tidak terlahir kembar, mempunyai kembaran adalah hal tersendiri yang tidak bisa dimengerti. Di sisi lain, bagi mereka yang punya kembaran, rasanya ya biasa saja seperti orang normal lainnya.

Sebagai anak kembar, pertanyaan-pertanyaan ini pasti sering banget ditanyakan dari mereka yang nggak punya kembaran. Mulai dari hal-hal sepele sampai hal yang aneh-aneh banget.

1. Gimana sih rasanya punya kembaran?

Pertanyaan yang hampir-hampir-hampir ditanyakan semua penduduk bumi. Rasanya punya kembaran ya biasa saja. Sama seperti manusia normal lainnya. Sama seperti punya sahabat yang selalu siap ketika kita butuhkan.

Kebanyakan dari Wovger yang tidak terlahir kembar, pasti membayangkan keseruan yang terjadi. Saling bertukar posisi, kerjasama dengan sengaja untuk membingungkan teman dan guru, mungkin.

Tapi sekali lagi, keseruan di atas berbeda pada masing-masing orang. Ada juga yang biasa saja, dan nggak berminat melakukan hal-hal tadi.

2. Siapa yang lahir duluan? Kamu atau kamu? Iya, kamu?

“Kita lahirnya bareng kok, kan anak kembar. Masa iya lahirnya selisih satu tahun.”

“Maksudku siapa yang keluar duluan, siapa yang nyusul?”

“Oh, aku yang keluar duluan. Tapi karena dia lama keluarnya, terus aku masuk lagi.”

*duh penting ya bahas siapa yang keluar duluan* (dalam hati).

“Oh, berarti jadinya dia dong yang keluar duluan?”

*masih juga dilanjutin*

Pertanyaan satu ini udah kayak pertanyaan ‘kapan nikah’ dan kapan lulus’. Sering banget ditanyain. Bagi orang yang bertanya, mereka baru pertama kali menanyakannya. Tapi tidak bagi anak kembar yang ditanyai. Entah sudah berapa orang yang menanyakannya.

3. Kalau kembar tapi nggak mirip, “Eh kalian kembar tapi kok nggak mirip sih?”

Kembar nggak harus selalu mirip, ya kan? Ada dua jenis kembar yang perlu kita tahu: kembar identik sama kembar fraternal. Kembar identik adalah yang sering kita jumpai. Dua anak kembar yang memiliki ciri-ciri fisik yang sama.

Kembar fraternal juga sering kita jumpai. Ciri-ciri fisik satu anak dengan yang lain cenderung berbeda, meski mereka ada beberapa kesamaan. Inilah yang sering dibilang sebagai ‘kembar tapi beda’. Kembar fraternal sangat lumrah terjadi di kalangan manusia.

4. Kalau kembar dan mirip banget. “Eh kalian kok mirip banget sih?”

“Ya kali beda. Kita kan anak kembaaaaar!!!”

Duhh… jadi serba salah deh. Kembar tapi nggak mirip, salah. Kembar tapi mirip tetep salah juga. Apa sih maunya manusia-manusia ini?

Kami mana tau kita terlahir mirip atau nggak mirip. Sang Pencipta telah menghadiahkan fisik yang sedemikian rupa. Kita tinggal terima jadi dan kita menerima apa adanya.

Udah ya, stop. Plis, jangan tanya gimana cara buatnya.

5. Bisakah kalian merasakan satu sama lain kalau pas lagi sakit, senang, sedih atau ada telepati gitu?

“Nggak! Kita nggak punya hubungan telepati dan nggak bisa merasakan satu sama lain!”

Kita ini dua manusia yang berbeda dan tentu saja dengan dua perasaan berbeda. Kadang kalau lagi males jelasin kita jawab iya aja. Biar cepet.

Sekarang coba dibalik, bisakah Wovger merasakan apa yang dirasakan adik/kakak kandung? Tentu tidak, kan? Karena kita adalah dua manusia yang berbeda, memiliki prinsip dan pola pikir yang berbeda. Jadi kalau dia lagi sakit, aku bisa tahu dia sakit, kalau sebelumnya, dia udah nge-BBM duluan buat ngabarin.

6. Pernah nggak sih kalian berantem dan marah-marahan?

Tentu saja pernah! Sama seperti anak-anak dan remaja tanggung lainnya yang masih labil. Di umur-umur itu, masa puber dan masa menemukan jati diri tidak bisa dihindari dan hal ini juga menimpa anak kembar.

Hal yang lumrah bertengkar satu sama lain, kembar nggak kembar juga gitu. Kita juga pasti pernah berantem sama saudara lainnya. Bahkan nggak jarang kita sebagai kakak, tetep nggak mau ngalah sama adik. Apalagi anak kembar yang umurnya sama.

7. Pernah nggak sih kalian tukeran tempat?

Yup pernah banget, sekarang ini aku lagi tukeran tempat sama kembaranku!

***

Itulah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan pada anak kembar. Wovger yang nggak kembar, udah tanya yang mana aja? Dan, Wovger yang anak kembar, udah ditanya yang mana aja?