Sering bangun tengah malam, bukan karena kamu galau. Terapkan trik ini, agar tidurmu lebih pulas dan berkualitas

tidur

Menjaga kualitas tidur adalah hal yang wajib. Selain dapat menghilangkan rasa kantuk, tidur dengan porsi yang cukup bisa mengurangi stres karena pekerjaan, menjaga kesehatan jantung serta membuat badan kembali bugar.

Meski begitu, kebanyakan orang justru mengurangi porsi tidur akibat dari pekerjaan yang menumpuk. Bagi kamu yang memiliki kebiasaan begadang, mulai saat ini hendaknya dikurangi karena memicu dampak buruk bagi kesehatan. Kurang tidur bisa mempengaruhi produktifitas kerja kamu loh…

Sebelum tubuh kamu jadi nggak sehat karena kebanyakan tidur malam, perbaiki kualitas tidur kamu mulai sekarang. Wovgo punya seabrek cara untuk membuat bangun pagimu lebih bersemangat.

1. Perbaiki pola makan dan perbanyak olahraga.

Tubuh butuh asupan gizi maksimal untuk segala perjuangan kamu mengumpulkan pundi-pundi kemapanan. Iya nggak?

So, kurangi yang namanya soda, Junk food, minuman berkadar gula tinggi, merokok, minuman beralkohol dan kopi.

Selain itu, kebiasaan merokok disinyalir dapat berakibat ‘apnea tidur’ atau gangguan pernapasan yang bisa menyebabkan sulitnya tidur.

Minum alkohol menjadikan produktifitas orang berkualitas rendah dan memperburuk gelombang otak yang biasanya membuat kamu merasa segar di pagi hari.

Kopi sebagai pendamping begadangmu itu, sering kali membuat tidur jadi nggak berkualitas. Kamu jadi melek semalaman dan itu mengganggu jam tidur.

Alhasil, keesokan harinya tubuh kamu kehilangan daya energi. Selamat kamu jadi manusia yang loyo karena kurang tidur.

Maka dari itu, perbaiki pola makanmu dengan makan buah dan sayur. Jangan lupa perbanyak gerak, misalnya dengan berolahraga atau pergi ke tempat gym secara terjadwal setiap minggunya.

Selain bisa menjaga kualitas tidur, berolahraga secara rutin juga meningkatkan sistem imun dan menambah semangat dalam bekerja.

2. Tidurlah sesuai dengan porsinya.

Nggak kurang dan nggak lebih, yang sedang-sedang saja.

Hal ini berlaku juga untuk kebutuhan tidur. Mulailah membiasakan diri dengan tidur yang rutin atau terjadwal. Misalnya kamu mulai tidur pada jam 10 malam dan bangun jam 5 pagi.

Hal itu harus kamu terapkan secara rutin, jika ada tugas yang belum selesai segera tinggalkan. Jangan mencoba untuk mulai begadang nanti komitmen kamu dalam menjaga kualitas tidur akan berantakan.

Jatah tidur yang baik adalah 8 jam jadi lakukan itu, nggak kurang dan nggak lebih. Apalagi waktu hari libur, mentang-mentang tanggal merah kamu bisa berhibernasi hingga 24 jam. Jangan ya…

3. Mematikan lampu saat tidur berdampak pada kualitas tidur kamu.

Mitosnya, orang yang tidur dengan mematikan lampu membuat tidur lebih nyenyak. Namun, sebagian orang justru merasakan hal yang berbeda. Menurut Wovgo, perilaku tersebut tergantung kebiasaan masing-masing individu.

Akan tetapi, sebuah penelitian dari The Ohio State University di Columbus, AS, menemukan bahwa sejumlah kecil cahaya dari ponsel atau komputer dapat mengganggu produksi melatonin dan mengganggu tidur Anda.

Ini bisa jadi bahan pertimbangan untuk kamu yang mengalami susah tidur, kamu yang biasa menyalakan lampu kemudian mendadak insomnia, bisa dicoba untuk mematikan lampu. Rasakan sensasi tidur di gelap-gelapan, bisa membuat kamu cepat mengantuk juga loh.

4. Kurangi bermain gadget saat hendak tidur.

Ini berhubungan juga sama poin yang sebelumnya.

Alkisah, ada seorang pasien yang mengeluh pada seorang dokter bahwa dia memiliki masalah kurang tidur.

Dia menunjukkan beberapa foto selfie dalam layar ponselnya yang menunjukkan betapa sibuknya dia dalam bekerja.

Pasien tersebut berharap si Dokter memberikannya obat anti stres atau obat penenang agar dia bisa tertidur pulas.

Sang dokter hanya tersenyum manis kemudian sibuk mencorat-coret di notenya. Lalu Ia berikan pada si pasien. Notenya bertuliskan ‘Matikan hapemu segera lalu pergilah tidur’.

“Nggak ada obat penenang, kamu hanya terlalu banyak selfie dan main sosial media hingga larut malam”. Tambah si Dokter.

Wovger, ini kisah nyata loh. Perilaku main sosmed hingga larut, tanpa kamu sadari menggangu aktivitas tidur kamu.

5. Buatlah ruang tidur senyaman dan setenang mungkin.

Cara ini bisa kamu lakukan agar memperoleh kualitas tidur yang bagus. Desain kamar kamu dengan suasana yang nyaman dan bersihkan setiap hari.

Jadi sebelum tidur, pastikan semua peralatan perang untuk bermimpi tertata rapi, kasur yang empuk dan bersih, selimut yang hangat dan segelas air putih yang siap kamu teguk sebelum tidur, menambah sensasi segar dan rileks.

Perhatikan juga ketenangan kamar, suara-suara yang bising seperti dari TV dan radio akan menggangu kenyamanan tidurmu.

Mungkin bagi sebagian orang menonton TV sambil tidur memberikan efek agar cepat terlelap namun suara yang dibuat oleh TV bisa membuat otak terganggu dan mempengaruhi alam sadar. Seperti suara TV yang masuk ke dalam mimpi hingga mengigau.

6. Meskipun kamu jomblo, jadilah jomblo yang tegar. Jauhkan hewan kesayangan dari Kamar.

Bagi yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing, kucing, kelinci, marmot, banteng, sapi, beruang, kadal, atau biawak sekalipun yang berpotensi dapat memasuki kamar kamu, usahakan dijauhkan dari tempat tidur. Jangan diajak tidur bareng.

Jadi jomblo emang nggak enak sih tidur sendiri, tapi ada sebuah studi yang mengemukakan bahwa 53 persen pemilik hewan peliharaan memiliki pengalaman gangguan tidur setiap malamnya yang disebabkan oleh hewan peliharaan.

Pastikan kamu dan hewan peliharaan kesayanganmu punya kandang masing-masing ya, itu lebih baik dari pada tengah malam kamu dikejutkan oleh kebisingan mereka atau tiba-tiba mereka ada di samping kamu.

Sumber : Daherba, LifeHack