Sruput terus kopinya, wahai pecinta kopi. Karena kamu akan mendapat beragam manfaat ini, yang tentunya bagus untuk kesehatan

kopi Sumber Foto : Pegipegi.com

Lama kelaman kopi itu jadi sesuatu yang nggak bisa ditinggalkan bagi pecinta kopi, terutama di pagi hari. Udah mendarah daging lah. Kurang lengkap rasanya, kalau baca koran tanpa minum kopi, atau memulai pekerjaan tanpa nyruput kopi.

Jenis-jenis kopi juga beragam. Ada arabika, kopi luwak, bahkan yang terbaru ada juga yang namanya kopi gajah dengan harga selangit. Kalau kamu tahu cara pembuatan kopi luwak, sekarang coba bayangin ya, gimana proses pembuatan kopi gajah. Cuma, Wovgo khawatir aja, kalau semakin lama bakal ada beragam nama seperti kopi sapi, kopi ayam dan yang lebih parah: kopi manusia. Berasa menelan hasil karya sendiri.

Tunggu sebentar, tulisan ini nggak akan bahas soal jenis kopi dan cara bikinya sih. Tapi mau bahas manfaat kopi aja.

Nah, kalau kamu hobi banget sama ngopi, ada baiknya baca beragam manfaat ini deh. Biar makin rajin ke warung kopi.

1. Membakar lemak dengan kopi.

Beberapa studi mengatakan bahwa, kafein yang ada dalam kopi dapat membakar lemak dalam tubuh sebanyak 10% pada orang obesitas dan 29% pada orang kurus. Yang kurus malah makin kurus berarti. Tapi itu kenyataannya.

Bahkan beberapa suplemen menambahkan kafein sebagai obat pembakar lemak. Nggak ada alasan untuk nggak mencoba minum kopi nih.

2. Kopi bikin kamu smart dan meningkatkan energi. Unbelievable!

Bagian apanya dari kopi yang bikin kamu pintar? Jawabannya ada pada kafein. Pada dasarnya kafein merupakan zat psikoaktif yang dapat diserap oleh aliran darah.

Urutannya, dari darah dibawa langsung menuju ke otak. Banyak uji coba yang menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan fungsi otak seperti  suasana hati, kewaspadaan, memori, waktu reaksi dan fungsi umum kognitif.

Selain itu, tingkatkan aktivitas belajar kamu ya, biar makin smart. Minum kopi emang bikin pinter, makan garam beriodium juga bisa bikin pinter. Tapi kalau kamu nggak pernah belajar, itu sama aja kayak berdoa doang dan nggak ada usaha untuk belajar sama sekali.

3. Minum kopi berpotensi menurunkan risiko Diabetes tipe II.

Penyakit Diabetes tipe II merupakan penyakit yang berhubungan dengan gula darah, yang artinya tubuh tidak berhasil mensekresi insulin. Diabetes ini telah menelan banyak korban yang mencapai angka 300 juta orang di dunia loh.

Hal ini ada kaitannya dengan kebutuhan konsumsi gula yang terus meroket setiap tahunnya membuat penderita diabetes juga ikut meningkat.

Namun, terdapat studi yang menemukan bahwa konsumsi kopi bisa mengurangi risiko seseorang terjangkit Diabetes tipe II.  Meminum secangkir kopi per hari berpeluang menurunkan Diabetes sebesar 7%. Dengan catatan, kamu juga harus mengurangi konsumsi gula per hari. Jangan kopinya 2 sendok, lalu gulanya 1 toples. Jangan ya. Itu kebanyakan.

4. Nggak hanya diabetes, kopi juga melindungi kamu dari Alzheimer dan Parkinson.

Parkinson merupakan penyakit degenerasi sel saraf secara bertahap pada otak bagian tengah yang berfungsi mengatur pergerakan tubuh. Gejala penderita Parkinson dapat diketahui dari terjadinya ‘gemetaran’ pada salah satu bagian tubuh seperti tangan.

Sedangkan Alzheimer merupakan jenis penyakit yang awalnya ditandai oleh melemahnya daya ingat, hingga gangguan otak dalam melakukan perencanaan, persepsi, penalaran dan berbahasa. Mungkin kamu udah paham sama penyakit yang satu ini karena sering banget muncul di beberapa sinetron.

Beberapa studi menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi kopi dapat menurunkan risiko lebih rendah terkena Alzheimer.

Sama halnya dengan Parkinson, dalam penelitian juga disebutkan bahwa peminum kopi cenderung memiliki risiko lebih rendah berkisar 32-60% terkena Parkinson.

5. Pecandu kopi pasti hidupnya selalu happy.

Penelitian dengan sampel sebanyak 208.424 manusia menunjukkan bahwa mereka yang minum 4 cangkir atau lebih per hari, 53% lebih kecil kemungkinannya untuk bunuh diri.

Dalam studi Harvard di tahun 2011 menjelaskan, wanita yang minum kopi 4 cangkir atau lebih per hari memiliki risiko depresi lebih rendah.

Hal ini menunjukkan adanya efek bahagia dari meminum kopi. Kamu nggak dibuat stres oleh kopi, justru pikiranmu cenderung lebih jernih setelah mengkonsumsinya. Ngopi yuk…

6. Kafein dalam kopi meningkatkan kinerja fisik.

Kamu pernah melihat kebanyakan kuli bangunan yang lebih suka minum kopi daripada minum air the ~ maksudnya air teh? Kalau pernah, tahu nggak, alasannya kenapa?

Itu karena kafein yang ada dalam kopi bisa meningkatkan kinerja fisik mereka.

Tapi mungkin kebanyakan dari mereka juga jarang yang tahu sih. Ngopi ya, ngopi aja. Sambil nongkrong. Kopi dan gorengan hangat adalah pasangan yang serasi. Sama seperti Romeo dan Juliet.

Secara ilmiah, kafein mampu merangsang sistem saraf, meningkatkan epinefrin dalam darah. Epinefrin  merupakan hormon yang dirancang untuk membuat tubuh kamu siap beraktivitas secara fisik. Hal ini disebabkan oleh kafein yang suka memecah lemak dan membakar lemak tersebut menjadi energi.

Pantas aja kuli bangunan demen banget nyeruput kopi. Tapi kopi ini juga bisa jadi dopping untuk kamu yang hobi nge-gym. Minum kopi setengah jam sebelum melakukan fitnes bisa membuatmu lebih bersemangat loh.

****

Seruput kopinya dulu dong Bang…