Tempat-tempat wisata di Kediri yang bakal sukses bikin kamu susah move on gara-gara keindahannya

Kota Kediri

Jika Wovger belajar sejarah kerajaan di Indonesia, Wovger pasti sangat familiar dengan Kediri. Kediri menjadi salah satu tempat dengan historis berdirinya sebuah kerajaan disini. Daerah sekitar Kediri dipercaya menjadi lokasi kerajaan Kadiri yang akhirnya terpecah menjadi 2 kerajaan yaitu Panjalu dan Janggala.  Kerajaan ini merupakan kerajaan Hindu di abad ke-11.

Kediri memiliki luas 63,40 km² terbelah oleh sungai Brantas yang membujur dari selatan ke utara. Kediri berada pada jalur transportasi regional yang menghubungkan Kota Surabaya dengan Tulungagung, Nganjuk dan Malang. Wilayah Kediri dan sekitarnya diyakini cukup potensial akan obyek-obyek pariwisata yang akan menarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya.

Nah disini Wovgo akan memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata di Kediri buat Wovger.

1. Gunung Kelud, Dengan Keindahan Dibalik Kengeriannya.

Gunung Kelud Kediri

Foto : foto.metrotvnews.com

Wovger pasti tau donk jika Gunung Kelud pernah erupsi di 2014 yang lalu. Efek letusan gunung Kelud tidak sekedar dialami warga Kediri dan sekitarnya, tapi juga sampai ke beberapa daerah di bagian timur Jawa Tengah dan Jogja.

Bencana dari letusan gunung Kelud telah berakhir, dan sekarang gunung Kelud sudah bisa kembali menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib Wovger kunjungi. Gunung Kelud menjanjikan pemandangan yang luar biasa indah dan suasana yang sejuk khas pegunungan.

Gunung Kelud Kediri

Foto : pariwisata.kedirikab.go.id

Selama perjalanan Wovger akan dibuai dengan berbagai keindahan alam. Oia, disini Wovger juga bisa melewati Mysterius Road. Di Mysterius Road ini Wovger akan menjumpai ruas jalan yang terlihat menanjak tapi jika kendaraan di hentikan pada posisi netral kendaraan ini akan berjalan naik. Sebuah fenomena alam yang layak untuk Wovger coba.

Untuk tracking kegunung ini, Wovger tidak perlu khawatir karena ada jalan setapak yang akan memudahkan perjalanan.

2. Monumen Simpang Lima Gumul, Bagaikan L Arc De Triomphe Di Paris Dengan Kearifan Lokal Kediri.

Monumen Simpang Lima Gumul Kediri

Foto : ridertua.com

Wovger tau L Arc De Triomphe yang ada di Paris? Jika iya, Wovger akan menemukan sebuah monumen yang hampir serupa di Kabupaten Kediri ini. Monumen ini dinamakan monumen Simpang Lima Gumul. Monumen ini dihiasi dengan ukiran relief yang menceritakan sejarah kota Kediri. Dibangun pada tahun 2003 dan diresmikan pada tahun 2008.

Tempat ini selalu ramai dikunjungi dan bisa menjadi tempat nongkrong yang asik buat Wovger. Saat pergantian senja menuju malam, tempat ini akan menampilkan pesona keindahannya dengan berbagai lampu yang menghiasinya.

3. Air Terjun Dolo, Dengan Nuansa Alam Yang Kental Yang Siap Memanjakan.

Air Terjun Dolo Kediri

Foto : infowisata99.blogspot.com

Jika Wovger menggemari wisata alam, Air Terjun Dolo menjadi salah satu spot yang wajib untuk dikunjungi oleh Wovger. Air terjun ini berada di Desa Jugo, 25km dari kota Kediri.

Saat sampai di area ini, Wovger akan langsung disambut dengan hawa sejuk khas pegunungan. Hal ini dikarenakan letak air terjun ini yang berada diketinggian sekitar 1.800 mdpl.

Disini Wovger bisa menikmati dinginnya air terjun atau sekedar menikmati keindahan alam sekitarnya. Di area ini juga sudah dikembangkan beberapa fasilitas bagi para wisatawan seperti track jogging, camping ground, play ground, mushola, warung, dan area trekking.

4. Gumul Paradise Island, Taman Air Yang Akan Menyenangkan Jika Dikunjungi Bersama Keluarga.

Gumul Paradise Island Kediri

Foto : hanafiah.siswa.sman1-slo.sch.id

Jika Wovger sedang berjalan-jalan bersama keluarga, Wovger bisa mengunjungi taman air Gumul Paradise Island ini. Tempat ini merupakan water park yang cukup luas dengan berbagai wahana yang ada, yang bisa menjadi tempat Wovger dan keluarga menikmati suasana liburan.

Disini Wovger bisa bermain-main di wahana-wahana yang ada. Ada banyak wahana yang ditawarkan di water park ini sesuai dengan kelompok usianya. Mulai dari wahana anak hingga wahana ekstrim untuk dewasa.

5. Gunung Klotok, Menghadirkan Destinasi Wisata Yang Bersih, Nyaman, Dan Asri.

Gunung Klotok Kediri

Foto : www.panoramio.com

Jika Wovger melihat gunung ini dari kejauhan, Wovger akan mendapati bentuk gunung yang unik dengan atas gunung yang menjulang seperti wajah putri tidur yang menghadap ke atas. Dimulai dari dahi lekukkan mata bibir dan dagu. Wow sungguh mempesona.

Kawasan wisata disini begitu terawat. Lingkungannya begitu bersih dan asri. Disekitar area ini, Wovger bisa bermain air di kolam keluarga yang sudah disediakan. Fasilitas kolam ini tidak kalah lengkap. Selain itu disekitar Gunung Klotok juga ada tempat sirkuit motor croos, yang bisa Wovger coba.

6. Goa Selomangleng, Mempesona Dengan Historisnya Sebagai Tempat Mengasingkan Diri Dan Bertapa Dewi Kilisuci.

Goa Selomangleng Kediri

Foto : dandanggendhis.wordpress.com

Goa Selomangleng berada dilereng Gunung Klotok. Gunung dipercaya sebagai tempat Dewi Kilisuci bertapa dan mengasingkan diri. Dia adalah putri Raja Erlangga yang menolak menerima tahta kerajaan yang diwariskan padanya.

Disini Wovger akan menemukan bermacam relief ukiran-ukiran relief yang ada di dinding goa, baik di dalam maupun di luar. Hawa mistis akan mengiringi Wovger dalam menikmati berbagai keindahan yang ditawarkan oleh goa ini.

7. Museum Airlangga, Tempat Penyimpanan Arca Yang Siap Mempesona Para Pecinta Sejarah.

Museum Airlangga Kediri

Foto : kekunaan.blogspot.com

Jika Wovger mengunjungi Goa Selomangleng, Wovger bisa sekalian mampir ke Museum Airlangga ini. Letak museum ini memang tidak jauh dari area Goa Selomangleng.

Di museum ini, Wovger akan dipertemukan dengan berbagai koleksi arca peninggalan jaman purbakala dari jaman kejayaan kerajaan Mataram Hindu.

8. Gunung Maskumambang, Mempesona Diantara Jajaran Perbukitan Gunung Wilis.

Gunung Maskumambang Kediri

Foto : helmykkediricomp.blogspot.com

Buat Wovger yang ingin sedikit merasakan sensasi trackking di gunung, Wovger bisa mencoba mengunjungi gunung Maskumambang ini. Karena tingginya cuma 300 meter, gunung ini dijadikan tempat wisata, dan banyak dikunjungi wisatawan. Disini, Wovger akan diajak melakukan trackking diatas anak tangga untuk menuju kepuncak.

Diatas puncak Wovger akan bisa menikmati panorama keindahan alam Kediri dari atas.

9. Sumber Ubalan, Mengajak Wovger Menikmati Keindahan Didalam Hutan Lindung.

Sumber Ubalan Kediri

Foto : travellers2009.wordpress.com

Sumber Ubalan ini sebenarnya berada di dalam hutan lindung. Disini Wovger bisa menikmati menikmati kesegaran alam yang natural, yang bisa menyegarkan pikiran dan badan.

Sumber Ubalan Kediri

Foto : travellers2009.wordpress.com

Ada beberapa fasilitas yang bisa Wovger manfaatkan untuk menikmati kunjungan disini seperti kolam renang, bersepeda air, memancing, dan menikmati pertunjukan di panggung hiburan.

10. Kampung Inggris di Pare, Menawarkan Kesempatan Belajar Bahasa Inggris Saat Liburan.

Kampung Inggris di Pare

Foto : www.turisma.co.id

Wovger ingin mencoba belajar bahasa inggris aktif? Wovger bisa mencoba mengunjungi kampung Inggris di Pare, Kediri ini. Kampung Inggris di Pare, Kediri ini sudah cukup terkenal. Kampung Inggris ini merupakan kawasan yang memiliki banyak sekali lembaga kursus bahasa Inggris.

Disini Wovger akan bisa menikmati liburan sekaligus belajar bahasa inggris dalam aktvitas sehari-hari. So, you should to try come here dude!!!

***

Yups demikian beberapa rekomendasi yang bisa Wovgo berikan. Sebenarnya masih ada banyak destinasi lain. Jika Wovger mengetahui destinasi-destinasi lain yang tidak kalah menawannya, Wovger bisa menambahkan dikolom komentar.