Nggak hanya jatuh cinta aja yang punya tanda-tanda. Kurang minum air mineral juga loh! Inilah yang terjadi ketika tubuh kekurangan air mineral!

air mineral

Minum air putih merupakan salah satu kegiatan wajib bagi tubuh.

Selain menyegarkan tenggorokan, minum air putih juga bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Para ahli menganjurkan bahwa sebaiknya manusia minum 8 gelas perhari, dengan ukuran gelas 200ml. Itu berarti tubuh kamu memerlukan cairan kira-kira 1 sampai 2 liter.

Masalahnya, kebanyakan orang sering lupa untuk minum air putih secara rutin karena aktivitas yang membeludak.

Pada akhirnya mereka lebih memilih minum yang berkadar gula tinggi atau minuman bersoda dengan alasan lebih segar.

Justru inilah yang membahayakan, kekurangan air mineral bisa berdampak banyak loh bagi tubuh. Berikut ini yang akan terjadi ketika tubuh mengalami kekurangan air putih :

1. Mulut, tenggorokan, kulit bahkan mata jadi kering kerontang.

Empat bagian tubuh inilah yang akan dilanda kekeringan ketika kamu kurang mengkonsumsi air putih.

Air minum berfungsi sebagai pelumas selaput lendir di area mulut dan tenggorokan sehingga menjaga mulut tetap basah. Selain itu menghindarkan dari bibir pecah-pecah.

Kurangnya cairan pada tubuh, berarti kurangnya keringat yang mengarah ke ketidakmampuan tubuh untuk membersihkan kotoran dan minyak berlebih yang menumpuk sepanjang hari. Inilah yang menyebabkan timbulnya jerawat di kulitmu.

Lebih dari itu, mata yang kering dan memerah bisa disebabkan oleh kurangnya minum air. Tanpa air dalam tubuh, saluran air mata akan mengering.

Terutama bagi kamu yang menggunakan kontak lensa setiap hari, usahakan minum air putih yang banyak ya.

2. Mudah lelah dan kurang konsentrasi.

Ini dia, gejala yang sering banget kamu alami, ngaku?

Badan kamu jadi nggak seger dan mudah lelah karena kurang minum. Hal ini disebabkan karena saat seseorang mengkonsumsi sedikit air, metabolisme dan cairan di dalam tubuh akan berkurang drastis, sehingga merasa cepat lelah.

Memalukannya lagi, kalau udah kena yang namanya nggak konsen. Daya konsentrasi di kontrol melalui otak, kalau kamu kurang minum yang terjadi adalah bagian otak juga akan kehilangan cairan terus kongslet deh.

Hal ini ditandai dengan seringnya kamu melamun, bengong, galau, susah move on. Woy konsen woy…minum air segalon.

3. Sering berhalusinasi dan mudah ngantuk.

Bedakan antara halusinasi dan berimajinasi. Sama-sama bayangan tapi kalau berimajinasi lebih ke membayangkan hal positif dalam berkarya sedangkan halusinasi keadaaan seperti melihat sesuatu namun objek yang dilihat tidaklah nyata. Sering kali mengganggu pikiran kayak halusinasi mantan.

Nah fenomena ini salah satu ciri-ciri disebabkan oleh kurangnya meneguk air banyak-banyak.

Selain berhalusinasi akan berdampak pula pada menurunnya kinerja, seperti mudah mengantuk. Hal ini disebabkan oleh, kurangnya air dalam darah sehingga oksigen dalam tubuhpun tak ada.

Banyak terjadi kecelakaan karena mengantuk, salah satu faktor penyebabnya adalah kurang minum.Cegah sebelum terlambat.

4. Berdampak pada masalah pencernaan.

Pencernaaan sering nggak beres, udah makan sayur dan buah tapi tetep aja perut masih nggak lancer BAB.

Berarti kamu kurang minum. Cairan yang masuk ke dalam tubuh, terutama air putih sangat dibutuhkan untuk membantu proses pencernaan tubuh.

Tanpa masuknya air ke dalam usus, mengakibatkan susahnya usus besar untuk memproses soto, rawon, sate, rujak, pisang goring, rending, tongseng, gulai ikan, dan masih banyak lagi yang ada di perut karena dia mengalami dehidrasi.

Penyakit yang sering  muncul akibat kurang minum banyak loh seperti diare, sulit buang air besar, sakit perut, dan susah buang air kecil.

5. Fungsi ginjal yang terganggu.

Hal ini ada hubungannya dengan pencernaan. Sebelum mempengaruhi pencernaan, ginjal akan mengalami gangguan fungsi akibat kekurangan minum air putih.

Proses pencernaan melibatkan banyak organ pencernaan, salah satunya adalah ginjal. Selain ginjal, beberapa organ pencernaan juga akan menurun fungsinya seperti tenggorokan, lambung, usus, hati, kandung kemih hingga ke saluran kencing.

Ini cuma disebabkan kelalaian kamu dalam mengkonsumsi air putih loh sampai menyebar kemana-mana. Ngeri ya.

6. Urin berwarna pekat dan nyeri ketika dibuat air kecil.

Wovger, ini serem loh. Kalau kamu udah kayak gini itu tandanya harus cepet-cepet tambah asupan air minum dankalau perlu perikasalah  ke dokter.

Ciri umum kurangnya cairan dalam tubuh adalah urin berubah warna, yang awalnya berwarna bening kekuningan menjadi kuning pekat.

Ketika urin sudah berbuah warna ditambah ada rasa nyeri ketika dikeluarkan, maka bisa dipastikan kandung kemih kamu mengalami infeksi.

Pada dasarnya, kandung kemih butuh cairan yang cukup untuk melakukan sekresi atau pembuangan dengan sempurna. Nah kalau kekurangan cairan bisa sakit waktu keluar. Gitu.

7. Otot dan tulang menjadi gampang linu.

Belum tua udah sering linu, otot jadi lemes-lemesan. Yah kurang minum tuh.

Tulang rawan dan tulang belakang terdiri dari sekitar 80% air. Jadi, konsumsi air udah jadi kebutuhan mutlak untuk tulang kamu.

Dengan menjaga tubuh dari dehidrasi, sendi dapat menahan pergerakan tubuh yang terjadi secara tiba-tiba seperti berlari, melompat, terperosok hingga kaku ketemu gebetan.

Sama halnya dengan otot. Otot sebagian besar terdiri dari air. Sedikit air dalam tubuh berarti massa otot kurang.

Minum air sebelum, selama, dan setelah latihan nggak hanya membuat kamu tetap terhidrasi dengan baik, tapi juga mengurangi kemungkinan peradangan dan nyeri yang berhubungan dengan latihan dan angkat besi.

****

Sudahkah kamu minum air segalon hari ini?