“Posisi menentukan prestasi”. Tempat duduk belakang mampu menggolongkan mahasiswa ke dalam tipe-tipe ini

posisi duduk mahasiswa

Posisi menentukan prestasi!

Mungkin kalimat ini nggak asing buat kamu waktu sekolah.

Kalau jaman dulu, pemilihan bangku emang penentu masa depan si siswa, tapi kalau sekarang jaman udah ke balik. Murid-murid terutama para mahasiswa nih, udah pada pinter menggunakan logikanya kalau tempat duduk nggak juga menjamin masa depan cerah.

Banyak mahasiwa yang sukses karena rajin duduk depan tapi nggak sedikit juga mahasiswa yang berhasil meski duduk di belakang. Paling sering galau gitu aja…

Justru yang unik, posisi tempat duduk ini membantu menggolongkan tipe-tipe mahasiswa. Penasaran? Wovgo kasih tau nih model mahasiwa yang duduk di belakang itu kayak apa sih…

1. Mahasiswa tukang tidur.

mahasiswa tukang tidur

Foto : Okezone

Cari teman kamu yang kayak gini di kelas, pasti ada satu, dua atau segerombol yang memiliki ability kayak gini.

Dia sih rajin banget kuliah pagi, tapi tujuannya cuma pindah tempat tidur. Posisi tidurnya juga paling bergaya, duduk di sudut ruangan, dengan tangan dilipat ke depan. Ala-ala mafia Jepang.

Penelitian di tahun 2015 berjudul “Mengapa Mahasiswa Tidur di Kelas?” menjelaskan bahwa 89% mahasiswa tidur di kelas karena alasan ngantuk, 4% nggak sengaja, 3% karena iseng, 2% nggak menjawab, dan sisanya karena tidak ngantuk.

Sudut ruangan emang tempat yang paling pas untuk membangun istana mimpi yah?

2. Gossip Girl.

mahasiswa tukang gosip

Foto : www.isigood.com

Kalau ini cocok untuk cewek-cewek hits di kampus. Duduk belakang bukan lagi sekedar untuk meng-gosip melainkan udah jadi basecamp yang di-booking per kelas selama kuliah 4 tahun lamanya.

Sambil sok-sokan memperhatikan dosen menerangkan, mereka sibuk sendiri berbisik-bisik ria soal cowok cakep fakultas sebelah.

Kalau nggak cowok ganteng, ya diskonan tas atau baju. Sempet juga tuh promo-promo kosmetik dan juga online shopnya. Duh pengalaman.

Emang aktivitas ini jarang dilakukan cowok, tapi konon nggak sedikit juga cowok-cowok melakukan hal yang sama, perbincangannya pun seputar cewek seksi, otomotif atau bola.

Lucunya, mereka ini juga sering iseng merhatiin temen-temennya kalau ada yang bergelagat aneh di posisi depan.

Kamu salah satunya nggak?

3. Tipe cari aman.

mahasiswa cari aman

Foto : Kaskus

Mata kuliah hari ini bikin spot jantung, dosen asal tunjuk suruh presentasi dadakan, kursi belakang adalah tempat yang paling aman.

Tipe mahasiswa cari aman ini bukannya pengecut atau nggak bisa jawab, justru dia emang lagi malas untuk ditanya-tanya.

Sekali terhindar dari pertanyaan yang bikin hidup nggak tenang, eh disuruh ambil proyektor sekalian buku absen.

Makin males beranjak, soalnya pindah dari tempat duduk teraman adalah hal yang paling menyeramkan. Takut ketika dia datang bawa proyektor eh kursi belakang penuh terus disuruh pindah depan. Parahnya, sekalian suruh presentasi pertama. Apes…

4. Duduk belakang karena terpaksa, bisa jadi!

mahasiswa terpaksa duduk di belakang

Foto : isigood

Tipe ini adalah tipe terpaksa, biasanya bukan penghuni tetap deretan belakang. Karena kondisi sekitar yang nggak mendukung aja dia harus hengkang dari kursi depan.

Contohnya, disuruh dosen duduk belakang biar anak bandel duduk di depan.

Terpaksa duduk belakang karena telat, sering banget kejadian sama anak yang males bangun pagi tapi juga jadi kesempatan emas buat dia.

Duduk belakang karena temen-temen se-gengnya milih kursi belakang. Karena kamu anggota geng baru jadi terpaksa ikutan duduk belakang.

5. Mahasiswa siap siaga kalau kuis dadakan.

mahasiswa ujian

Foto : uin-alauddin.ac.id

“Hari ini ibu nggak prepare materi, jadi kuis aja yaaa….”

Quote dosen di pagi hari membuat mahasiwa berteriak “Aaaaaaa…..”

Tapi nggak semua kok, karena mahasiswa tipe siap siaga bak satpam ini biasanya udah ada diposisi aman. Yup, duduk belakang.

Dia udah meramal masa depan kalau ujian akan terjadi, jadi dengan sigap dia udah duduk duluan di kursi belakang sejak malam sebelumnya.

Manfaatnya satu, bisa saling tukar pikiran dengan sebelahnya kalau ujian.

6. Tipe mabuk gadget.

mahasiswa mainan smartphone

Foto : trb.com

Tipe yang satu ini udah gandengan sama tipe tukang tidur. Bangku belakang adalah surga bagi pecandu gadget. Nggak cowok dan nggak pula cewek, semua bisa menjelma jadi tipe mahasiswa satu ini.

Entah itu pake headset, main game, BBM-an sama mantan atau diri sendiri yang penting dia udah booking tempat paling belakang.

Bersama dengan si tukang tidur, merupakan perpaduan yang pas menghiasi suasana bangku belakang.

7. Mahasiswa suka TA alias Titip Absen.

Mahasiswa suka titip absen

Foto : wartawantanpabayaran.blogspot.com

Jangan ditanyakan kemampuan mahasiswa yang satu ini, kursi belakang adalah incarannya. Ditambah hobinya yang suka ilang-ilangan kayak si gebetan, bikin dia kayak ninja waktu kuliah.

Memanfaatkan kursi belakang sebagai ajang titip abesen terus kabur. 10 menit pertama masih anteng memperhatikan dosen, 10 menit kemudian buku absen ditangan, 5 detik berikutnya ia bak angin, hilang di telan bumi.

Kalau nggak gitu, dia suka alasan ke kamar mandi terus nggak balik lagi.

Dia emang suka banget duduk di kursi belakang tapi bukan kursi belakang biasa, melainkan yang deket pintu kelas. Tentunya bukan dekat jendela, ntar kalau mau hilang jadinya malah lompat gedung. Cepet ketahuan.

8. Mahasiswa tipe sibuk.

Mahasiswa tipe sibuk

Foto : Kaskus

Apa maksudnya?

Maksudnya adalah mahasiswa yang nggak mau ketinggalan kelas tapi dia juga nggak ngerjain tugas atau udah ngerjain tapi alakadarnya. Coba deh cari mahasiswa yang kayak gini, pasti ada. Meski nggak banyak tapi ada aja yang kayak gini. Iya nggak?

Tipe ini bukan berarti dia malas ngerjain tugas, tapi kadang dia kelupaan saking sibuknya aktivitas yang dilakukan seperti organisasi atau kerja part time.

Akhirnya dia duduk belakang, selain sibuk mendegarkan dosen dia juga sibuk mengerjakan tugas secara awut-awutan buat dikumpulin ke dosen hari itu juga.

***

Nah, apa Wovger juga termasuk mahasiswa yang suka duduk di bangku belakang? Atau punya teman yang termasuk dalam list di atas? Tag mereka di kolom komentar!!!